UAS Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Wafatnya Pimpinan Gontor

KH Syamsul Hadi Abdan pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor dikabarkan berpulang ke rahmatullah
(image: republika)

BM News
- KH Syamsul Hadi Abdan dikabarkan berpulang ke rahmatullah pada hari ini, Senin (18/5), pukul 09.15 WIB. Ulama tersebut merupakan pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Kiai Syamsul menghembuskan nafas terakhir kala dirawat di RSUD dr Soedono, Madiun. 

Banyak alim ulama yang merasa kehilangan sosok kelahiran Gontor, 7 Januari 1944 itu. Di antaranya adalah Ustaz Abdul Somad (UAS).

UAS mengutip sebuah hadis Nabi Muhammad SAW tentang wafatnya ulama. Rasulullah SAW menjelaskan, Allah SWT mencabut ilmu dari kaum Muslimin dengan cara mewafatkan alim ulamanya.

Adapun almarhum Kiai Syamsul, lanjut UAS, tidak sekadar seorang alim, melainkan alim yang mencetak alim ulama, khususnya di Gontor.

"Kami turut berduka cita. Hilangnya ilmu bukan dicabut, tetapi dengan wafatnya ulama. Almarhum bukan sekadar ulama, melainkan juga mesin pencetak ulama-ulama," ujar dai alumnus S-3 Oumdurman Islamic University (Sudan) itu.

Pada Agustus 2019 lalu, UAS berkesempatan untuk menggelar kuliah umum di Gontor. Ia diterima dengan hangat para pimpinan lembaga pendidikan Islam itu.


Berita tentang wafatnya Kiai Syamsul Hadi Abdan bersumber dari keterangan yang diterima Republika pagi ini. "Telah berpulang ke rahmatullah KH Syamsul Hadi Abdan (Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor) pada hari Senin, 25 Ramadhan 1441/18 Mei 2020 pukul 09.15 WIB di RSUD dr Soedono, Madiun. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT dan diampuni segala dosanya. Aamiin," demikian kutipan pernyataan Sekretaris Pimpinan PMDG. (republika)

Post a Comment for "UAS Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Wafatnya Pimpinan Gontor"

Berlangganan via Email