PLBN Papua Memakan Dana Ratusan Milyar

PLBN
BMNews -- Untuk percepatan pembangunan ekonomi kawasan perbatasan di Papua dilakukan melalui pengembangan Zona Penunjang PLBN Skouw sejak 2017 dan seluruh progres fisiknya telah selesai 100 persen. Pembangunannya berada di atas lahan seluas 12,20 hektar dengan total luas bangunan 9.921 m2, meliputi rumah dinas pegawai, Wisma Indonesia, gedung serbaguna, masjid, gereja, fasilitas umum (rest area, ATM Center), fasilitas sosial (ruang terbuka hijau), dan pos TNI/POLRI.

Pada Zona Penunjang PLBN Skouw juga dibangun area pasar sebanyak 304 kios di atas lahan seluas 3.600 m2. Untuk desain pasar terdiri dari kios basah, kios kering serta kios terbuka yang tidak memakai atap penutup berjumlah 50 kios.

Sementara itu, upaya memenuhi kebutuhan pokok dan distribusi logistik di kawasan perbatasan Papua juga telah diselesaikan Jembatan Youtefa sehingga mempercepat waktu tempuh dari Kota Jayapura ke perbatasan Skouw. Kini Jayapura-Skouw yang berjarak 46 km dapat ditempuh hanya dengan waktu sekitar 60 menit sedangkan jarak PLBN Skouw dari Bandara Sentani, Jayapura sekitar 82 km.

"Total biaya pembangunan sarana dan prasarana pendukung PLBN Skouw sebesar Rp 246,5 miliar untuk tahap II dan Rp 129 miliar tahap III," jelasnya. ( merdeka.com )

Post a Comment for "PLBN Papua Memakan Dana Ratusan Milyar"

Berlangganan via Email