Petualangan 10 Wisata Kerinci

Kabupaten Kerinci adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi jambi. Kabupaten ini merupakan kabupaten yang memiliki dataran tinggi. Dimana wilayahnya terdiri atas bukit-bukit dan pegunungan, sehingga udara ditempat ini sangat sejuk dan dingin. Kondisi alam dan kebudayaan kerinci juga sangat menakjubkan.

Untuk sampai ke kabupaten kerinci jika di tempuh dari kota jambi melalui jalur darat kurang lebih sekitar 260 km atau perjalanan sekitar 8 jam. Berikut adalah 10 lokasi wisata yang sempat kami kunjungi di kabupaten kerinci:

1.       Kebun Teh Kayu Aro


Suasana nyaman dan sejuk ketika berada dikawasan perkebunan teh kayu aro. Pasalnya perkebunan ini merupakan perkebunan teh tertinggi. Bisa kebayang kan bagaimana suhu udara di dataran tinggi.

Suhu udara di perkebunan ini sangat sejuk dan dingin, sejauh mata memandang terlihat indah, dengan hamparan tumbuhan teh dan perbukitan serta gunung yang membuat kita merasa tenang. Sangat cocok menjadi salah satu tujuan wisata bersama keluarga.

2.       Aroma Peco

Sumber Instagram
Taman buatan yang terletak di tengah perkebunan teh nan indah dan menawan. Ketika kami kesana dalam keadaan direnovasi. Taman ini terus berbenah menjadi lebih baik lagi, ada banyak area area yang di persiapkan dan di bangun oleh pengelola.

Kami melihat ada di bangun jalan mengelilingi danau kecil untuk pejalan kaki menikmati berkeliling danau kecil. Di dalam danau kecil juga ada permainan air seperti bebek-bebek an dan lainnya. Di tepian juga di bangun tempat duduk yang keren pastinya

Selain fasilitas yang di siapkan oleh pengelola, pemandangan perkebunan teh dan gunung aktif gunung kerinci terlihat indah dari tempat ini.

Lokasinya sangat mudah ditemukan. Jika dari pabrik teh kayu aro, anda cukup mengarah menuju gunung kerinci, di sebelah kiri jalan terlihat gerbang dengan tulisan wisata keluarga arma peco. Kemudian masuk jalan kerikil sekitar 300 meter.

3.       Tugu Macan

Perjalan berlanjut hingga bertemu dengan tugu macan. Tugu yang dibangun dengan bentuk macan diatasnya terletak di persimpangan menuju gunung kerinci. Jadi para pendaki gunung kerinci akan berjumpa dengan tugu ini.

Kenapa kok tugu macan? Konon katanya ada cerita dan asalmulanya sehingga dibangun tugu macan. Insyaallah akan ditulis sejarah dibangun nya tugu macan.

Baca Juga : Wisata di Jangkat Merangin yang Direkomendasikan Untuk Kamu Kunjungi

4.       Pemandangan Gunung Kerinci


Gunung kerinci, gunung yang besar dan indah. Dengan ketinggian 3.805 mdpl sehingga gunung ini terlihat dari berbagai sudut kerinci. Banyak lokasi yang indah untuk menikmati indahnya gunung ini. Bahkan di sepanjang jalan kami di mobil tidah henti-hentinya kami menikmati indahnya gunung kerinci dari sudut yang berbeda beda.

Lokasi tempat istirahat dan menginap sangat strategis, tepat berhadapan dengan pemandangan kebun teh dan gunung kerinci. Sehingga kami lebih banyak menikmati indahnya ciptaan sang maha kuasa dari tempat ini. Setelah beristirahat dan menikmati pemandangan gunung kerinci, Selanjutnya  melakukan perjalanan kelokasi selanjutnya.

5.       Air Terjun Telun Berasap


Lokasi yang cukup jauh dari kawasan tugu macan jika ditempuh dengan berjalan kaki, tidak jauh apabila menggunakan kendaraan. Dari kawasan tugu macan mengarah ke padang, sebelum perbatasan Jambi-Sumatra Barat ada lorong masuk ke kanan dan disitu akan terlihat jelas gerbang air terjun telun berasap.

Setelah parkir kendaraan kita harus menurunu anak tangga yang cukup banyak. Disinilah keseruan berada di telun berasap dimulai. Ada banyak hal menarik yang dapat kita rasakan dan nikati selama menurunu anak tangga.

Semakin menurunu anak tangga, suara gemuruh air terjun akan semakin terdengar. Butiran-butiran air seperti embun akan menyambut kedatangan kita, apalahi ketika sampai di pemondokan tempat area pengunjung air terjun.

Air terjun yag sangat besar karena bersumber dari sungai yang cukup besar ini memiliki ketinggian lebih kurang 50 meter. Sumber utama air terjun ini adalah dari danau gunung tujuh.

Sangat disarankan untuk berhati-hati di kawasan ini. Karena penurunan tangga yang cukup menurun danlicin, serta air terjun yang besar dan deras. Selanjutnya, sensasi yang tidak kalah seru adalah ketika pulang dan menaiki anak tangga. Selamat mencoba wisata yang satu ini.

6.       Air Terjun Pare-Pare

Selanjutnya kami menuju air terjun lainya. Ada masyarakat yang mengatakan air terjun pare-pare. Lokasinya searah dengan jalan menuju gerbang pendakian gunung tuju. Ketika sampai simpang gerbang gunung tuju, kita ke arah kanan. Disana ada plang petunjuk arah.


Air terjun ini juga bersumber dari danau gunung tuju. Debit airnya lebih kecil dibanding air terjun telun berasap, sehingga disini bisa mandi. Ketika mulai memasukkan badan ke air anda akan merasakan sensasi dingin alami yang luarbiasa. Ibaratkan mandi di air yang di kasih es batu.

Kendaraan roda empat tidak bisa sampai ke lokasi ini. Jadi jika menggunakan kendaraan roda empat dapat diparkirkan dirumah warga sekitar. Selanjutnya jalan menuju lokasi air terjun. Dalam perjalanan kita akan melihat berbagai macam tanaman kebun masyarakat.

Baca Juga : Indahnya Danau- Danau di Jambi

7.       Mendaki Gunung Tujuh


Pendakian gunung tujuh kami lakulan pada hari kedua. Pagi hari setelah bersiap-siap dan sarapat perjalanan menggunakan kendaraan roda empat dimulai hingga sampai di pos pendakian. Kemudian melapor dan izin pendakian serta menulis nama-nama peserta pendaki.

Selanjutnya masih menggunakan kendaraan untuk menuju titik awal pendakian dimulai. Pendakian pun dimulai dengan intruksi ketua robongan. Sebelum masuk ke kawasan TNBBS hutan yang dilindungi, dapat kita nikmati kebun sayuran yang di tanam masyarakat.

Ketika mulai masuk ke lereng gunung, mulai terasa jalur pendakian yang miring dan cukup memacu diri dan butuh stamina yang baik tentunya. Semakin ke atas jalur semakin terjal dan kanan kiri jalur merupakan jurang yang cukup berbahaya.

Banyak tempat peristirahatan dijalur pendakian, sehingga bisa beristirahat sejenak menghilangkan rasa lelah. Sebaiknya jika beristirahat jangan terlalu lama, jika terlalu lama badan kita akan terasa dingin oleh udara di dekitar.

Setelah perjalanan sekitar 2 jam akhirnya sampai kepuncak pendakian di ketinggian 2.732 mdpl. Dipuncak istirahat sejenak sambil menikmati pemandangan dari sela-sela pohon di puncak gunung.

8.       Danau Gunung Tuju


Selanjutnya dari puncak gunung untuk menuju Danau Gunung Tuju kita harus menuruni lereng yang kemiringanya lebih ekstrim dibandingkan jalur pendakian. Tetapi, ekstrimnya perjalanan akan terbayar lunas ketika kita sampai di Danau Gunung Tujuh.

Keindahan alamnya, dingin nya udara dan suara air semakin menambah kesenangan hati berada di tempat ini. Tidak ketinggalan, jika melihat air, apalagi air danau yang jernih dan sejuk. Langsung saja meloncatkan diri masuk kedalam air dan berenang.

Kenapa dinamai denga Danau gunung tujuh??? Karena, danau ini dikelilingi oleh 7 gunung. Yaitu : Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan Gunung Tujuh.

Danau dengan luas sekitar 960 hektar ini merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 1.950 mdpl. Susana danau yang alami dan asri tanpa ada rumah menjadikan poin lebih danau ini.

9.       Air Panas Semurup


Desa Air Panas Baru kecamatan Air Hangat Timur kabupaten kerinci memiliki objek wisata yaitu Air Panas Semurup. Air Panas ini bersumber dari perut bumi. Air panas alami dari kegiatan vulkanik. Sumber air panas ini muncul setelah gempa bumi di kerinci pada tahun 1995.

Suhu air panas mencapat 85 derajat selsius. Sehingga kita akan melihat asap dari permukaan sumber air panas. Bahkan banyak masyarakat yang jualan telur rebus dan jagung rebus yang direbus langsung dari air panas tersebut.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan mandi, pengelola menyiapkan tempat tempat pemandian yang suhu airnya sudah layak digunakan untuk mandi. Untuk mandi di tempat mandi air hangat, anda cukup membayar Rp, 5.000,-

10.       Danau Kerinci


Rute terahir sambil perjalanan pulang, kami singgah di danau kerinci. Danau dengan luas 5000 meter persegi memiliki keindahan yang luarbiasa. Pemerintah daerahpun menyediakan fasilitas yang luarbiasa di tempat ini.

Banyak spot spot untuk berkumpul bersama keluarga dan berfoto ria. Pendopo pendopo pun sudah banyak di bangun. Sehingga banyak fasilitas yang dapat dinikmati. Di sekitar danau kita dapat melihat aktifitas masyarakat dengan berbagai aktifitasnya. Salah satunya yaitu budidaya ikan di danau.

Dari beberapa lokasi yang kami kunjungi, ternyata masih banyak tempat-tempat menarik lainya di kabupaten kerinci yang sangat menarik untuk dikunjungi. Insyyaallah bakal diagendakan lagi untuk berkunjung kealam sakti tanah kerinci


Buat para pembaca yang sedang merencanakan liburan, Kabupaten Kerinci bisa menjadi Tujuan wisata Anda.

Sumber : IndonesiaKaya

Post a Comment for "Petualangan 10 Wisata Kerinci"

Berlangganan via Email