Mau WhatsApp Lebih Aman, Gunakan 3 Langkah Ini!

Aplikasi WhatsApp (Foto: Pixabay)

BM News - Bagi sebagian orang aplikasi WhatsApp telah menjadi media utama untuk berkomunikasi dengan orang lain atau sebuah grup. Banyak hal dibagikan lewat aplikasi perpesanan milik Facebook ini.

Percakapan pribadi, rahasia kecil yang dibagikan dalam sebuah grup, adalah hal-hal yang sifatnya privasi dan tidak boleh diakses oleh orang lain.

Guna membuat WhatsApp Anda lebih aman, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda terapkan. Berikut caranya seperti dilansir dari How To Geek, Sabtu (16/5/2020).

Terapkan verifikasi dua langkah

Verifikasi dua langkah adalah langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk melindungi akun WhatsApp Anda. Ketika Anda mengaktifkannya, WhatsApp menambahkan lapisan perlindungan kedua ke akun Anda.

Untuk mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah, buka aplikasi WhatsApp di iPhone atau perangkat Android Anda. Buka Pengaturan> Akun> Verifikasi Dua Langkah, lalu ketuk "Aktifkan."

Pada layar berikutnya, ketikkan PIN enam digit, ketuk “Berikutnya,” dan kemudian konfirmasikan PIN Anda pada layar berikut. Selanjutnya, ketikkan alamat email yang ingin Anda gunakan untuk mengatur ulang PIN Anda jika Anda lupa atau ketuk “Lewati.” Di layar berikutnya, konfirmasikan alamat email Anda.

Untuk memastikan Anda tidak melupakan PIN enam digit Anda, WhatsApp secara berkala meminta Anda untuk mengetiknya sebelum Anda dapat mengakses aplikasi.

Gunakan sidik jari atau Face ID

Anda mungkin sudah melindungi iPhone atau ponsel Android Anda dengan biometrik. Sebagai tindakan tambahan, Anda juga dapat melindungi WhatsApp dengan sidik jari atau Face ID.

Untuk mengaktifkannya di ponsel Android Anda, buka WhatsApp dan ketuk tombol Menu. Selanjutnya, buka Pengaturan> Akun> Privasi. Gulir ke bagian bawah daftar, lalu ketuk “Kunci Sidik Jari.” Toggle-On pada opsi "Kunci Sidik Jari".

Kemudian, sentuh sensor sidik jari pada perangkat Anda untuk mengonfirmasi sidik jari Anda. Anda juga dapat memilih jumlah waktu sebelum otentikasi diperlukan.

Di iPhone, Anda dapat menggunakan Touch ID atau Face ID, tergantung pada perangkat Anda untuk melindungi WhatsApp. Untuk mengaktifkannya, buka WhatsApp dan buka Pengaturan> Akun> Privasi> Kunci Layar. Di sini, aktifkan opsi “Membutuhkan Face ID” atau “Membutuhkan Touch ID”.

Periksa enkripsi

WhatsApp mengenkripsi semua obrolan secara default, tetapi Anda mungkin ingin memastikan. Jika Anda berbagi informasi sensitif melalui aplikasi, yang terbaik adalah memastikan enkripsi berfungsi.

Untuk melakukan ini, buka obrolan, ketuk nama orang di atas, lalu ketuk “Enkripsi.” Anda akan melihat QR dan kode keamanan yang panjang di bawahnya. Anda dapat membandingkannya dengan kontak Anda untuk memverifikasinya, atau meminta kontak Anda untuk memindai kode QR. Jika keduanya cocok, maka WhatsApp Anda sudah aman. (inews)

Post a Comment for "Mau WhatsApp Lebih Aman, Gunakan 3 Langkah Ini!"

Berlangganan via Email