Korban Penipuan Sembako Murah di Kota Tanggerang Mencapai 120 Orang

Polisi menangkap pelaku penipuan dengan modus jual sembako murah di Tangerang, Banten

Bangmamad.com - Polres Kota Tangerang berhasil membongkar aksi penipuan dengan modus menjual sembako murah. Pelaku GA (34) memanfaatkan kondisi pandemi Covid-19, hingga korbannya mencapai 120 orang.

"Korbannya ada 120 orang dan dia hanya melayani jumlah besar saja, karena keuntungannya pun lebih besar, ditambah ketika masuk masa pandemi dan dekat lebaran, kegiatan ini semakin dilancarkan, karena banyak yang tertarik dengan harga murah dan spesifikasi barang yang banyak," ujar Kapolres Kota Tangerang, Kombes Ade Ary, Senin (18/5/2020)

Pelaku GA, kata Ade, aksinya sudah dilakukan sejak Februari 2020. Dalam kurun waktu tiga bulan, sudah meraup untung Rp1 miliar.

Pelaku dibantu 7 rekannya dalam melancarkan aksi penipuan. Mereka menawarkan paket sembako di media sosial. Harganya yang ditawarkan terhitung sangat murah mulai dari Rp40 ribu hingga Rp80 ribu yang berisi beras 5 kilogram, makanan kaleng, gula, tepung, teh, minyak goreng, mi instan, biskuit dan susu kental manis.


Bila ada korban yang berminat, maka akan diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu. Setelah pembayaran lunas, barang akan dikirimkan ke alamat pemesan.

Namun, pelaku tidak kunjung melengkapi pesanan paket sembako dan hanya mengirimkan setengah dari jumlah paket sembako yang dipesan. Misalnya, korban memesan 100 parcel sembako, nanti yang dikirimkan hanya setengahnya saja, atau bahkan 30 persen dari jumlah pemesanan dengan alasan kehabisan barang.

"Dan nantinya, dia menjanjikan kalau sisanya dikirim beberapa minggu kemudian. Namun, sisa barang itu tidak pernah dikirim ke pemesan," kata Ade.

GA mendapatkan pasokan sembako dari tengkulak yang sudah bekerja sama dengannya. Kini, GA tengah dalam proses penahanan dan akan dikenai Pasal 378 dan 372 tentang penipuan dan penggelapan.(okezone)

Post a Comment for "Korban Penipuan Sembako Murah di Kota Tanggerang Mencapai 120 Orang"

Berlangganan via Email