Khabib Nurmagomedov dan Cahaya Nabi Muhammad

Khabib Nurmagomedov dan Cahaya Nabi Muhammad (REUTERS/Said Tsarnayev)

Bangmamad.com - Siapa yang tak tahu Khabib Nurmagomedov? Tapi apa semua orang tahu, dia punya arti nama yang begitu indah bagi seorang muslim.

Khabib Nurmagomedov adalah juara kelas ringan UFC. Dirinya hingga kini punya rekor bertarung yang memukau 28-0, yakni 28 kali menang dan tanpa kekalahan!

Khabib Nurmagomedov berasal dari Rusia dan dirinya merupakan muslim yang taat. Lihat saja bagaimana dirinya selalu berdoa mengangkat tangan ke atas sebelum pertandingan hingga selalu mengucapkan 'Alhamdulillah' ketika menang.

Dirangkum detikSport dari berbagai sumber, Khabib Nurmagomedov rupanya merupakan suatu nama yang memiliki arti nan indah bagi seorang muslim.

Mari kita artikan namanya satu-satu. Khabib diambil dari bahasa Arab yakni yang berarti 'cinta' atau 'sayang'. Pelafalannya pun 'habib' tidak memakai kata 'kh'.

Berikutnya Nurmagomedov, di sini yang menarik. Nurmagomedov rupanya adalah gabungan dua kata yakni nur dan magomedov. Nur diambil dari bahasa Arab yang berarti 'cahaya' dan Magomedov dalam bahasa Rusia artinya 'Muhammad' (tentu merujuk ke Nabi Muhammad).

Bahkan, Nurmagomedov dibaca dengan tidak tidak menyebut huruf 'g'. Pelafalannya adalah 'Nurmuhammadov'.

Sebenarnya di antara kata Khabib dan Nurmagomedov terselip kata Abdulmanapovich. Dalam bahasa Rusia memiliki arti anaknya Abdulmanap (nama dari ayahnya Khabib). Namun tentu, dia lebih dikenal dengan nama Khabib Nurmagomedov.

Kalau diartikan secara garis besar, Khabib Nurmagomedov adalah cinta cahaya Nabi Muhammad.

Akan tetapi dalam arti lebih mendalam, bisa saja Khabib Nurmagomedov berarti Muhammad bercahaya yang tercinta, cahaya Muhammad yang tercinta, atau kekasih cahaya Muhammad. Kata habib dalam bahasa Arab punya makna yang luas dan tergantung pada penempatan katanya di dalam kalimat. (detik)

Post a Comment for "Khabib Nurmagomedov dan Cahaya Nabi Muhammad"

Berlangganan via Email