Keindahan Gentala Arasy Ikon Jambi

Gentala Arasy dan jembatan pedestrian merupakan salah satu kembanggan masyarakat jambi. Gentala Arasy menjadi icon kebanggan yang dimiliki provinsi Jambi. Sama halnya dengan icon di daerah lain, Jam Gadang di sumatra Barat, Jembatan Ampera di Sumatra Selatan, Tugu Ikan SuraBaya di Surabaya dan icon icon di daerah lain.
Pesona travel
Gentala yang di bangun sejak tahun 2012 dan selesai pada 2014 diresmikan pada 28 Maret 2015 oleh Wakil Presiden Jusuf Kala atau akrab di panggil Bapak JK. Pada saat itu Gubernur Jambi adalah bapak Hasan Basri Agus. Hingga kini Gentala Arasy dan jembatan pendestrian menjadi jembatan penghubung antara Kota Jambi dengan Jambi Kota Sebrang yang di lihat sangat bermanfaat.

Sumber: Masto46
Gentala Arasy dan Jembatan Pedestrian merupakan dua icon yang berbeda namun menyatu krena dalam satu tempat dan menyatu, sehingga lebih mudahnya masyarakat sering menyebutnya Gentala Arasy.
Sumber: masto46
Gentala Arasy merupakan Monumen yang tinggi di atasnya berbentuk kubah masjid. di bagian bawah menara terdapat musium budaya yang didalam nya terdapat berbagai penemuan yang ditemukan di sepanjang sungai batanghari. juga terdapat berbagai sejarah sejarah tentang jambi. selain itu, foto gubernur dari awal pemerintahan hingga sekrang tersusun rapi di dalam musium.


Bagian halaman musium merupakan halaman terbuka yang disusun dan di desain dengan sangat apik dengan susunan pepohonan, tempat duduk yang nyaman .


gambar gambar tiga dimensi yang terletak di dinding menggambarkan kehidupan masyarakat jambi di sekitar sungai dan budaya budaya yang ada di provinsi jambi.

Sumber: google
Bagian belakang musium langsung terhubung dengan jembatan pendestrian yang memiliki desain dan bentuk unik. Jembatan yang memiliki panjang 503 meter dan lebar 4,5 meter ini memiliki bentuk huruf "S". Sehingga jembatan ini tampak berkeloh di atas air. Tiang penyangga juga didesain dengan sangat indah sehingga semakin menambah indah dan memiliki daya tarik tersendiri. Dibagian Ujung terdapat tempak tempat kuliner yang menjajakan berbagai makanan dan minuman.

Sumber: Masto46
Semakin sore tempat ini akan semakin ramai pengunjung untuk bersantai bersama keluarga atau sahabat atau teman bahkan pasangan ... etsss, pasangan itu bukn pacaran y, kan pacaran itu dilarang oleh agama.. lanjut, mereka menikmati sore sambil melihat sungai yang dihiasi dengan jembatan pendestrian dan Gentala Arasy sambil makan jagung bakar di pinggir sungai. Bahkan semkin malam tempat ini semakin ramai. Selain tempatnya yang berada di pusat kota Jambi tempt ini sangat indah jika kita lihat pada malam hari dengan berbagai hiasan lampu dan warna-warni lampu yang menghiasi tempat ini dan jembatan pendestrian.

Sumber Instagram: @daniel_memet 
Lalu tunggu apalagi bagi yang belom pernah mengunjungu tempat ini. sangat cocok sekali menjadi tempat tujuan wisata besama keluarga sahabat atu yang lainya.

Post a Comment for "Keindahan Gentala Arasy Ikon Jambi "

Berlangganan via Email