Jamur Cordyceps Kemungkinan Bisa Obati COVID-19, Efeknya dalam Hitungan Jam

Jamur Cordyceps (CNN)

BM News – Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., menyebut jamur cordyceps militaris berpotensi mampu mencegah bahkan mengobati virus corona atau COVID-19. 

Menurut dia, salah satu manfaat jamur cordyceps adalah mampu meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya itu, jamur jenis ini juga disebut mengandung sifat antioksidan, anti inflamasi, hingga antivirus. 

"Jadi, karena senyawa aktifnya tadi, setiap herbal punya sifat sendiri-sendiri, punya senyawa aktif yang unik. Nah, salah satu keunikan dari cordyceps militaris ini dia memiliki at least 4 kombinasi fungsi tersebut," ujarnya saat diskusi online bersama PT Kalbe Farma Tbk, Rabu 13 Mei 2020.

Widodo menambahkan, jamur ini memiliki beberapa senyawa, salah satunya adalah adinosin yang mudah sekali diserap oleh tubuh. Begitupun dengan senyawa aktifnya yang lain, kordisepin. 

"Nah, beberapa referensi menyebutkan bahwa dalam hitungan beberapa menit jika diinjeksi, tapi jika dikonsumsi secara oral dalam beberapa jam sudah memberikan efek," kata dia. 

Berdasarkan studi literatur dan informatik yang sudah dikembangkan, kordisepin, senyawa aktif yang terkandung dalam jamur cordyceps, dikatakan memiliki struktur yang mirip dengan penyusun DNA dan RNA, di mana virus membutuhkan keduanya untuk bisa berkembang.  

"Kalau corona ini RNA. Karena dia perlu RNA disusun menjadi genomnya, dengan nukleosit analog seperti cordyceps ini kalau dia masuk ke dalam enzim penyusun genom tadi, maka bisa menghambat replikasi dari virus tersebut," tuturnya. 

Dari sifat-sifat yang terkandung dalam jamur ini, Widodo mengatakan jamur cordyceps militaris berpotensi baik mencegah maupun mengobati virus corona. 

"Research real ke situ memang belum, kita bisa melihat potensi-potensi dari sifat-sifat yang ada. Jadi, jamur ini memiliki struktur yang mirip dengan obat-obat virus nukleosit analog yang sekarang di market itu juga banyak beredar," tutup dia. (viva)

Post a Comment for "Jamur Cordyceps Kemungkinan Bisa Obati COVID-19, Efeknya dalam Hitungan Jam"

Berlangganan via Email