Inilah Nilai Zakat Fitrah Bagi Kabupaten Bungo

ilustrasi pembayaran zakat fitrah (merdeka.com)
Bangmamad.com - Berkaitan dengan zakat fitra pada tahun 1441 H ini Pemerintah Kabupaten Bungo sudah resmi menetapkan besaran zakat fitrah . Penetapan dilakukan melalui mekanisme berdasarkan hasil rapat bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bungo, MUI, Kemenag Bungo beserta Organisasi keagamaan lainnya.

Seperti yang telah lalu, ada tiga tingkatan besaran zakat fitrah di tahun 2020 ini yang dapat dibayarkan oleh masyarakat. Mulai dari tingkatan tertinggi yaitu senilai  Rp 53.200 per orang, tingkatan sedang senilai Rp 45.600 serta tingkatan terendah senilai Rp 41.800 per orang.

Wakil Bupati Bungo Afri mengatakan, pemerintah baru telah melaksanakan rapat bersama Baznas terkait penetapan nilai zakat fitrah. Nilai zakat fitrah ini diperoleh dari hasil kesepakatan bersama Kementerian Agama Bungo, MUI, Baznas, serta organisasi keagamaan lainnya.

Nilai zakat fitrah tersebut tentunya mengacu pada harga beras dengan kualitas baik seharga Rp 14.000 per kilogram yang dikalikan 3,8 kg beras. Sehingga jika masyarakat ingin berzakat salam bentuk uang senilai Rp 53.200.

“Kemudian untuk tingkatan sedang, Rp 12000 x 3,8 kg jika diukur dengan nilai uang maka sebesar Rp 45.600. Kemudian untuk tingkatan terendah, Rp 11.000 x 3,8 kg Rp 41.800,” kata Dwi.

Lebih lanjut Safrudin Dwi Apriyanto mengatakan,sebaiknya masyarakat memberikan zakat fitrah itu berupa beras yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari. Menurutnya, sebaiknyauntuk zakat fitrah apa yang di makan, namun terkadang masyarakat lebih cenderung memilih yang sederhana dengan mengeluarkan zakat berupa uang.

“Dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah ini, mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Bungo segera membayar zakat fitrah, ke tempat masing-masing unit tempat pengumpulan zakat,” tandasnya.

Post a Comment for "Inilah Nilai Zakat Fitrah Bagi Kabupaten Bungo"

Berlangganan via Email