Indahnya Danau- Danau di Jambi

Sumber Instagram @pesonakerinci
Jambi merupakan provinsi yang memiliki banyak sekali kekayaan, baik budaya adat dan keindahan alamnya. Kali ini kita akan melihat dan merasakan keindahan alam jambi yaitu danau danau di jambi yang indah dan patut dikunjungi
Berikut Ini 8 Danau di Jambi yang indah dan menarik untuk dikunjungi

1. Danau Kerinci
Sumber Instagram @meldasept
       Kita Awali dari Ujung Kabupaten di provinsi jambi, yaitu Kabupaten kerinci. Kabupaten ini sangat kaya akan budaya dan tempat wisata yang menarik. salah satunya yaitu Danau Kerinci, jika dihitung jarak dari kota sungai penuh, jarak danau ini sekitar 16 Kilometer.

Danau ini memiliki luas 4.200 hektar sehingga posisi danau ini terletak di dua kecamatan. yaitu, kecamatan Keliling Danau dan kecamatan Danau Kerinci. berada di sini anda akan dimanjakan dengan suasana danau yang indah dengan dikelilingi bukit yang indah dan gunung yang semakin mempercantik suasana di Danau kerinci.

Suasana dingin dan angin danau akan membuat anda semakin merasa betah berada di sini. untuk menikmati keindahan dan kekayaan alam dan budaya di Danau kerinci. di sekitar danau kerinci terdapat spot spot dan tempat wisata yang sangat menarik bahkan pergelaran budaya dan adat sering dilakukan di sekitar Danau Kerinci.

2. Danau Gunung Tujuh

Sumber Instagram @rezaberis
       Danau Gunung Tujuh, dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa danau ini terletak di gunung. benar sekali, Danau ini terletak di gunung tujuh kecamatan kayu aro, kabupaten kerinci, karena letaknya di gunung, danau ini merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara yaitu 1.850 meter diatas permukaan air laut dengan luas 960 hektar.

Untuk sampai ke danau ini kita harus mendaki, tetapi anda jangan khawatir, perjalanan medaki meuju danau gunung tujuh akan menambah kesan tersendiri. selama perjalanan akan melewati suasana perkebunan teh, perumahan warga dan keindahan keindahan lainya.

Sesampai di Danau, dijamin rasa lelah anda selama perjalanan akan di bayar lunas oleh keindahan panorama yang di suguhkan, indahnya danau dengan sedikit pantai pasir yang akan semakin membuat anda tidak sabar untuk segera menikmati air dan bermain di pasir putihnya.

keindahan danau ini tidak hanya indah pada siang hari, tetap anda dapat menikmati pada sore atau pagi hari dengan menikmati keindahan matahari terbenam atau terbit

3. Danau Kaco

Sumber Instagram @ahmad_uwais_al_qarni
       Danau yang terletak di kerinci, tepatnya di desa lempur kecamatan gunung raya kabupaten kerinci provinsi jambi. Merupakan salah satu objek wisata yang ramai di kunjungi karena keindahan dan keunikanya. Danau kaco terletak di kawasan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) situs warisan UNESCO.

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa danau kaco memiliki keunikan tersendiri, diantaranya dengan luas 90 meter persegi danau ini memiliki kedalaman yang sangat dalam dengan air yang sangat jernih dan kebiruan.

Danau ini sangat terang dan memantulkan cahaya, terlebih pada malam hari akan semakin indah cahaya yang dihasilkan apalagi ketika bulan purnama. Jadi, danau ini layak menjadi salah satu tujuan wisata bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, komunitas bahkan bersama orang yang tersayang.

4. Danau sipin

Sumber Instagram @pesonajambi
       Danau yang terletak di ibukota provinsi Jambi ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan danau yang lain. warga sekitar menyebut danau ini dengan sebutan solok sipin (solok = danau). Uniknya danau ini bentuknya memanjang dan membentuk seperti tapal kuda.

Pada sore hari danau ini ramai di kunjungi oleh para pengunjung dari anak anak sampai orang tua. Di sini kita disajikan dengan pemandangan keindahan danau, aktifitas masyarakat sekitar danau, dan lainya. di sekitar danau terdapat keramba-keramba ikan sebagai mata pencaharian masyarakat sekitar.

Bagi yang ingin menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan prahu, disana ada prahu prahu yang siap mengantar pengunjung untuk berkeliling menikmati keindahan danau, Jangan khawatir dengan ongkos nya, karena harga sangat bersahabat, yaitu Rp 5000,- per orang.

5. Danau Depati Empat (Danau Gadang)

Sumber Instagram @yandinovrizal31
       Danau Depati Empat, mungkin sebagian orang masih bertanya tanya apa maksud dari danau depati empat. kalau danau sudah pada tau kan apa itu danau, langsung saja ke kata "depati". Depati di sini maksutynya adalah kepala desa jaman dahulu. Jadi, Danau Depati Empat adalah danau yang dimiliki oleh Empat Kepala desa pada jaman itu.

Empat depati itu adalah
         1. Depati Muncak (Desa Muara Madras)
         2. Depati Gento Rajo (Desa Pulau Tengah)
         3. Depati Siang Dito (Desa Rantau Suli)
         4.Dito Payung ( Marga Serampas

       Warga sekitar sangat menjaga danau ini secara turun menurun mulai dari adat, budaya sampai keindahan. apalagi setelah danau ini menjadi salah satu Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) oleh UNISCO. Danau ini memiliki keindahan sendiri dari letaknya yang berada di ketinggian 1.200 diatas permukaan air laut, bahkan ada yang mengatakan bahwa danau ini mirip dengan danau mahameru. tunggu apa lagi persiapkan dan rencanakan untuk berwisata ke sini.

6. Danau Pauh

sumber Instagram @argajeef
       Danau yang terletak di jangkat kabupaten merangin ini menyimpan berjuta keindahan, baik flora dan fauna serta hasil perkebunan. Air yang jernih dan tenang menjadi salah satu ciri khas danau ini. bahkan anda dapat melihat bayangan gunung di air danau.

Berada di sini anda akan merasakan ketenangan dengan menikmati alam yang indah perpaduan antara danau dan tanaman serta pegunungan. yang lebih menarik lagi. danau ini terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

7. Danau Kumbang

Sumber Instagram @pesonajambi
       Surga yang tersembunyi, ciahh.... kayak judul film aja, tapi kata itu pantas untuk Danau yang satu ini. Danau yang terletak di area gunung masurai desa sungai lelang , kecamatan sungai tenang kabupaten Merangin. jika perjalanan dari kota jambi kita harus menuju ke kabupaten merangin tepatnya di desa sungai lelang.

Dari situ melanjutkan perjalanan kaki selama 2 jam baru kita sampai di pintu rimba. kemudian melanjutkan perjalanan selama 6 jam baru kita sampai di Danau Kumbang. Jadi jika di total kita butuh waktu 8 jam berjalan kaki untuk sampai di sana. Tapi tenang saja, ketika anda sudah menginjakkan kaki di tepi danau kumpang , maka rasa lelah anda akan terbayar dengan sejuknya air di sana dan suasana alam nan indah.

Banyak pengunjung yang memilih untuk bermalam di sana dengan mendirikan tenda untuk merasakan malam dan menikmati pagi hari di pinggir danau kumbang sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat di kawasan danau nan indah dan sejuk. maka nya tempat ini bisa dikatakan surga yang tersembunyi, untuk sampai di sana saja butuh perjuangan.

8. Danau Biru Merangin

sumber Instagram @avhie.ashari
       Danau ini tidak kalah indahnya. danau yang terbentuk akibat dari bekas tempat penambangan batu bara yang meninggalkan lubang dan digenangi air yang jernih dan berwarna biru. Sehingga tempat ini dinamakan dengan Danau biru. suasana angin yang berhembus akan menjadikan suasana sejuk berada du sini untuk sekedar meikmati keindahan alam bersama keluarga atau teman- teman.

Sumber : Idonesia kaya

Post a Comment for "Indahnya Danau- Danau di Jambi"

Berlangganan via Email