Hasil Studi, COVID-19 Bertahan Hidup dalam Sperma, Bisa Menular Saat Hubungan Seks

Ilustrasi bercinta/seks. (sumber freepic/ijab)

Bangmamad.com – Sebuah studi baru menemukan bahwa virus corona jenis baru bisa ditularkan melalui hubungan seks. Para peneliti mengklaim bahwa pria yang sudah sembuh pun masih memiliki COVID-19 dalam sperma mereka.

Karena itu, dilansir laman The Sun, para ahli menyarankan agar para pria harus mempertimbangkan untuk menahan diri bercinta atau menggunakan kondom untuk membantu menghentikan penyebaran virus.

Para ilmuwan China menganalisis hasil pemeriksaan dari 38 pasien yang terkena COVID-19, 15 di antaranya masih berada di rumah sakit dan 23 sudah sembuh.

Secara keseluruhan, enam pria atau 16 persen, memiliki virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan COVID-19, dalam sperma mereka, dan dua di antaranya sudah sembuh dari sakit mereka.

Dalam tulisannya di jurnal JAMA Network Open, peneliti Dr Shixi Zhang dari Rumah Sakit Kotamadya Shangqiu mengatakan, SARS-CoV-2 yang bertahan hidup pada sperma pasien yang sembuh membuka peluang untuk menginfeksi orang lain.

Dia menambahkan, jika uji coba lebih besar menunjukkan bahwa virus corona ditularkan saat berhubungan seks, para pria yang sudah sembuh dari COVID-19 harus didorong untuk puasa berhubungan seks atau menggunakan kondom untuk mencegah penularan. (viva)

Post a Comment for "Hasil Studi, COVID-19 Bertahan Hidup dalam Sperma, Bisa Menular Saat Hubungan Seks"

Berlangganan via Email