Data Penyebaran Positif Corona di 11 Kabupaten Kota Jambi

sumber humas provinsi Jambi
BMNews - - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jambi melaporkan 11 daerah kabupaten/kota di Provinsi Jambi terkonfirmasi ada pasien positif corona Covid-19. Terbaru, Kabupaten Tanjungjabung Timur menjadi daerah ke-11 yang terdeteksi pasien yang terinfeksi pandemi tersebut.

Merujuk pada peta sebaran Covid-19 itu semua daerah di Jambi berstatus zona kuning atau waspada.

Setelah beberapa hari belakang Provinsi Jambi bertahan tidak ada penambahan pasien, kini terjadi penambahan pasien sebanyak 6 orang.

Dalam laporan penanganan Covid-19 per 3 Mei 2020 jumlah pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 38 orang.

Tambahan 6 pasien ini berasal dari Kota Jambi 4 orang, Tanjungbarat 1 orang, dan Tanjungjabung Timur 1 orang.

Penambahan 4 pasien dari Kota Jambi itu kata Johansyah, dua orang laki-laki dan dua perempuan. Mereka tertular dari pasien klaster Gowa sebelumnya. Ke-empatnya kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Manap Kota Jambi.

Sedangkan seorang pasien asal Kabupaten Tanjungjabung Barat adalah status orang tanpa gejala (OTG) yang kini dirawat di RSUD Daud Arif kabupaten setempat. Pasien tersebut sebelumnya pernah berkontak langsung dengan pasien 17 klaster Gowa.

"Untuk yang dari Tanjungjabung Timur itu pasien OTG, pasien di rawat di rumah daerah di sana, dan riwayat perjalanan sebelumnya ke Jawa Timur," ujar Juru Bicara Penanganan Covid-19 Jambi, Johansyah lewat video konferensi, Minggu (3/5/2020).


Sebaran Pasien Positif di 11 Daerah Jambi

Berdasarkan sebaran pasien yang dirilis Gugus Tugas, Kota Jambi menjadi daerah yang paling banyak pasien positif mencapai 13 orang, Kabupaten Merangin 10 pasien, dan disusul Kabupaten Tanjungjabung Barat 5 pasien.

Selain itu, Kabupaten Bungo dan Muarojambi masing-masing 2 pasien. Sementara untuk Kota Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci, Tebo, Sarolangun, Batanghari, dan Tanjungjabung Timur masing-maing 1 pasien.

"Yang dari Kabupaten Tebo 1 pasien sudah dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah untuk isolasi mandiri," kata Johansyah.

Sementara itu, dari total pasien positif sebanyak 38 orang itu masih didominasi dari penularan pasien klaster Gowa. Berdasarkan data yang dihimpun jumlah pasien positif yang tertular dari klaster Gowa itu mencapai 28 orang positif.

Tim Gugus Covid-19 Jambi kata Johansyah, terus melakukan contac traccing terhadap klaster Gowa. Dari hasil pelacakan itu diketahui jumlah warga yang sempat mengikuti acara ijtima ulama di Kabupaten Gowa mencapai 203 orang.

"Dari jumlah keseluruhan ini baru 30 persen yang dilakukan tes cepat. Kita lakukan secara bertahap, dan yang belum kita lakukan segera," pungkas Johansyah. ( liputan6.com )

Post a Comment for "Data Penyebaran Positif Corona di 11 Kabupaten Kota Jambi"

Berlangganan via Email