Cara Merawat Janggut Agar Tetap Lebat dan Sehat

Jengot Bagi Pria Bisa Menambah Daya Tarik (image: bincangsyariah.com)

BM News
- Bagi sebagian pria, mempunyai janggut bisa menjadi ekspresi kebebasan dan meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, bagi pria muslim, janggut merupakan sunnah yang harus dipelihara. 

Sayangnya, janggut tidak tumbuh dengan indah begitu saja, mereka butuh perawatan agar terlihat rapi dan sehat. Memiliki janggut panjang adalah hal yang mengesankan bagi sebagian orang. Namun, tanpa perawatan yang tepat, memelihara janggut bisa menyebabkan masalah, karena bakteri, virus, kotoran, bahkan jamur dapat terperangkap dan berkembang di sana. 

Oleh karena itu, perawatan janggut yang tepat menjadi penting bagi pria yang memutuskan ingin memelihara janggut.Berikut ini kami berikan tips untuk merawat janggut agar tetap rapi, bersih, dan sehat.

Tips Merawat Janggut
Tidak ada larangan atau resiko yang ditimbulkan ketika anda memlihara janggut sampai lebat atau memangkasnya pendek. Namun, yang paling penting adalah bisa merawat janggut agar tetap terlihat rapi dan sehat.

Berikut ini cara merawat janggut agar tetap sehat:

1. Membiarkan janggut tumbuh lebat

Jika memang ingin memelihara janggut dengan bentuk tertentu, Anda harus bersabar membiarkan janggut tumbuh lebat terlebih dahulu hingga beberapa bulan. Memotong janggut terlalu dini adalah suatu kesalahan yang umum terjadi karena biasanya pria tidak tahan dengan rasa gatal saat awal rambut tumbuh.

Setelah janggut tumbuh sekitar 2–4 cm, Anda baru bisa memulai untuk membentuknya. Namun, sebagian pria memang lebih susah menumbuhkan janggut. Apabila janggut tak kunjung tumbuh merata hingga 2–3 bulan, sebaiknya segera cukur janggut agar tidak terlihat berantakan.

2. Mencuci dan melembapkan

Sama halnya seperti rambut, janggut juga perlu dicuci atau dikeramas menggunakan sampo beberapa kali dalam seminggu. Namun ingat, jangan mencuci janggut menggunakan sabun batangan, ya!

Anda juga bisa menambahkan kondisioner setelah keramas agar janggut tidak kaku, lembut dan bersih, serta mudah diatur. Selain itu, rutin keramas juga bisa menghilangkan ketombe di janggut dan membuat janggut Anda terlihat lebih berisi.

Anda juga disarankan untuk menggunakan produk tambahan seperti krim, minyak, atau losion pelembap untuk digosokkan ke janggut dan kulit Anda. Supaya tidak menyebabkan pori-pori tersumbat lalu memicu timbulnya komedo dan jerawat, pastikan produk yang Anda gunakan berlabel noncomedogenic, ya!

3. Rutin Merapikan Janggut

Anda disarankan untuk merapikan janggut setiap 2 bulan sekali, meskipun Anda berniat memanjangkannya. Tujuannya adalah untuk membuang ujung rambut yang bercabang. Jika Anda memang ingin menjaga janggut tetap pendek, rapikan janggut Anda setiap beberapa minggu sekali.

4. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Lalu, apalagi yang bisa membuat janggut Anda terawat dan sehat? Jawabannya adalah kesehatan Anda secara keseluruhan yang memengaruhi segalanya, termasuk janggut Anda.

Tingkat pertumbuhan janggut dan ketebalan sebagian besar memang ditentukan oleh faktor genetik dan hormon testosteron. Namun menjaga gaya hidup sehat, misalnya dengan nutrisi seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup, dapat membantu janggut Anda tumbuh lebih cepat dan lebih sehat.

Selain itu, jagalah kebersihan tangan Anda sebelum menyentuh janggut dan perhatikan pula kebersihan janggut Anda, terutama setelah kontak dengan hewan. Hal ini bisa menjadi faktor risiko terjadinya tinea barbae, yaitu infeksi jamur yang bisa menyebabkan kulit janggut gatal dan bengkak serta rambut janggut rontok.

Bagi sebagian orang, penampilan janggut bisa menjadi bagian yang penting, bahkan diutamakan dari penampilan keseluruhan. Bila Anda salah satu di antaranya, tips-tips di atas bisa membantu Anda mewujudkan penampilan janggut yang maksimal.


Namun jika Anda kesulitan menumbuhkan janggut menjadi lebat, tidak usah khawatir, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan terkait pertumbuhan janggut. 

Anda juga boleh memberikan saran di ruang komentar mengenai tips memanjangkan janggut dan menjaganya.

Post a Comment for "Cara Merawat Janggut Agar Tetap Lebat dan Sehat"

Berlangganan via Email