Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami, Nomor 4 Bikin Tercengang

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami, Nomor 4 Bikin Tercengang
BMnews -- Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang paling sering dialami kebanyakan orang. Tidak jarang sakit gigi membuat seseorang kesulitan makan, konsentrasi, dan tidur. Hal ini dikarenakan saat menderita sakit gigi seluruh anggota badan terasa sakit dan menimbulkan efek yang tidak nyaman.

Sakit gigi dapat disebabkan karena berbagai hal, seperti sisa makanan gigi berlubang, radang akar gigi atau gusi, gigi retak hingga abses gigi. Beberapa hal tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri di sekitar gigi hingga menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Meski sakit gigi tidak mengancam nyawa, namun dalam kondisi tertentu sakit gigi mendatangkan beberapa penyakit kronis, seperti pembusukan dan penyakit jantung. Oleh karena itu, sakit gigi harus segera diatasi.

Lantas bagaimana cara menghilangkan sakit gigi? Simak penjelasannya berikut ini?

1. Bawang Mentah
Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami, Nomor 4 Bikin Tercengang
Cara menghilangkan sakit gigi yang pertama ialah mengunyah bawang mentah. Bawang merah maupun bawang putih dipercaya efektif untuk menghilangkan sakit secara alami.

Dilansir dari laman Healthline, kedua bawang ini memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang berperan penting dalam melawan bakteri yang menjadi penyebab sakit gigi. Kandungan ini juga berfungsi efektif untuk mengendalikan rasa nyeri di sekitar gigi.

Untuk mendapatkan manfaat dari bawang ini caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunyahnya selama beberapa menit. Pada saat proses mengunyah, bawang akan melepaskan allicin atau zat berminyak yang dapat membunuh kuman.

2. Minyak Cengkeh
Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami, 
Minyak cengkeh merupakan obat herbal yang memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya ialah menghilangkan sakit gigi. Hal ini dikarenakan minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang dapat membantu meredakan sakit gigi.

Manfaat minyak cengkeh ini bisa didapatkan dengan cara menuangkannya ke bola kapas kemudian ditempelkan pada area gigi yang bermasalah. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur hingga sakit gigi sembuh.

3. Cuka Apel
Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami, 
Cara menghilangkan sakit gigi berikutnya ialah menggunakan cuka apel. Beberapa kandungan yang terdapat pada cuka apel dinilai efektif berperan meredakan sakit gigi.

Dilansir dari laman Medical News Today, cuka apel memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang berfungsi efektif dalam membunuh kuman penyebab sakit gigi. Manfaat ini bisa didapatkan dengan cara berkumur menggunakan cuka sebanyak ½ sendok teh yang telah dilarutkan ke dalam segelas air hangat.

4. Es Batu
Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami,
Cara menghilangkan sakit gigi selanjutnya ialah mengompres dengan es batu. Anda hanya perlu menempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit sekitar 10-15 menit. Hal ini akan membuat saraf gigi kebas dan meredakan rasa ngilu.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, lakukan pemijatan pada area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Cara ini dipercaya efektif untuk mengalahkan sinyal rasa sakit dari gigi. Lakukan hal ini secara berulang hingga sakit gigi sembuh.

5. Daun Jambu Biji
Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami,
Daun jambu biji memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang dapat membantu menghilangkan sakit gigi. Cara menggunakannya cukup mudah, rebus daun jambu, setelah itu tambahkan sedikit garam, lalu dinginkan sebentar dan gunakan larutan daun jambu sebagai obat kumur.

Selain itu, Anda juga dapat menggulung 2 lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai ekstrak airnya keluar. Kemudian oleskan sari daun jambu tersbut pada area gigi yang sakit.

6. Air Garam
Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami,
Cara menghilangkan sakit gigi berikutnya ialah berkumur air garam. Pasalnya garam dapat menyerap kelembapan dalam mulut yang berfungsi efektif dalam membunuh bakteri penyebab gigi. Selain itu, air garam juga dipercaya mampu mengurangi peradangan akibat infeksi.

Untuk membuat air garam ini, cukup larutkan ½ sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Setelah itu, kumur menggunakan air garam beberapa saat dan konsentrasikan pada area gigi yang sakit. Lakukan cara ini secara teratur sampai gigi bisa sembuh.

7. Jahe

Salah satu rempah yang dapat menghilangkan sakit gigi ialah jahe. Beberapa kandungan pada jahe dipercaya mampu mengobati sakit gigi dan perut kembung.

Dilansir dari laman Healthline, jahe mengandung antibiotik alami yang berfungsi efektif meredakan rasa nyeri pada gigi. Tidak hanya itu, beberapa kandungan lainnya juga dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara menggunakan jahe untuk menghilangkan sakit gigi cukup mudah, geprek jahe terlebih dahulu dan tempelkan ke area gigi yang mengalami sakit. Hal ini bisa dilakukan berulang hingga gigi terasa jauh lebih membaik.

merdeka )

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami, Nomor 4 Bikin Tercengang"

Berlangganan via Email