BMKG: Pemicu Gempa di Aceh M 4,3 Dalam Kategori Besar

Ilustrasi

Bangmamad.com - Gempa bermagnitudo 4,3 mengguncang Aceh Besar, Provinsi Aceh pada Kamis (7/5/2020) dini hari. Gempa terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia,” kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone.

Episenter gempa terletak pada koordinat 4,99 LU dan 95,26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 47 km barat daya Jantho, Kab. Aceh Besar, Provinsi Aceh pada kedalaman 16 km.


Edison menuturkan, bahwa dampak dari gempa bumi guncangannya sampai ke Banda Aceh. “Berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah di Banda Aceh II MMI,” tuturnya.

Dirinya meminta masyarakat setempat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang belum diketahui kebenarannya.

“Kepada masyarakat diiimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Edison. (okezone)

Post a Comment for "BMKG: Pemicu Gempa di Aceh M 4,3 Dalam Kategori Besar"

Berlangganan via Email