Bisnis Ruben Onsu Terdampak Covid-19

Ruben Onsu dan Sandiaga Uno
BMNews -- Ruben Onsu merupakan salah seorang artis papan atas Tanah Air. Tak hanya menjadi seorang artis, Ruben juga menggeluti bisnisnya di bidang kuliner.

Dengan adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 ini, Ruben merasa bisnisnya terdampak. Lewat obrolannya bersama dengan Sandiaga Uno yang juga merupakan seorang pengusaha, ia mencurahkan segala isi hatinya. Ingin tahu? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Baru-baru ini Sandiaga Uno tengah membagikan video obrolannya bersama Ruben Onsu di media sosial. Melalui akun Instagram pribadinya @sandiuno mengunggah sebuah momen bersama Ruben sedang berdiskusi soal bisnis yang kini terkena dampak virus corona atau covid-19.

"CURHATAN SESAMA PENGUSAHA. Ini merupakan kali ketiga, saya dan @ruben_onsu berdiskusi, saling bertukar pikiran tentang bisnis," tulisnya sebagai keterangan.

Diketahui Ruben memiliki usaha di bidang kuliner yang cukup terkenal di Indonesia. Namun, akibat adanya wabah virus corona usahanya itu mengalami penurunan begitu drastis, akan tetapi Ruben tetap menyelamatkan karyawannya agar dapat tetap bekerja tanpa harus kehilangan mata pencarian.

"Saya tidak mau memikirkan perut saya saja bang, saya harus memikirkan banyak perut orang di luar sana," ujarnya.

"Walaupun di luar sana 'woi banyak orang di luaran sana yang enggak makan', paham, tapi ini jalan satu-satunya gue bisa nyelamatin karyawan gue untuk bisa bekerja, video makan," lanjutnya menjelaskan.

Menghadapi wabah penyakit baru yang tak hanya berdampak bagi kesehatan namun juga banyak hal lain, salah satunya bisnis membuat Ruben mendapatkan hikmah.

Ia mengungkap hikmah dari semua ini antara lain memiliki banyak waktu bersama keluarga, selain itu ia juga harus memiliki banyak piihan ke depannya agar tidak merasa kalang kabut ketika ada peristiwa seperti saat ini.

"Yang pertama, akhirnya saya punya banyak waktu untuk keluarga," ujar Ruben.

"Harus punya lebih banyak pilihan sih, sehingga enggak kalang kabut seperti ini," imbuhnya.

Ruben juga mengungkapkan tidak ada pilihan lain selain menjalani apa yang dihadapi oleh bisnisnya saat ini. Ia mengatakan bahwa wabah ini tidak hanya terjadi pada dirinya, melainkan seluruh penduduk dunia.

"Suasananya seperti ini, ya enggak ada pilihan lain. Saya harus jalani, karena ini bukan terjadi dengan saya, tapi ini terjadi oleh seluruh masyarakat di Indonesia bahkan di dunia," ungkapnya kepada Sandiaga.

Akibat pandemi virus corona atau covid-19 yang menyerang dunia, tak terkecuali Indonesia membuat bisnis kuliner Ruben mengalami kerugian begitu dahsyat. Ia mengaku, jika suatu saat nanti pandemi virus corona berakhir, dibutuhkan waktu 1 tahun untuk memulihkan usahanya itu.

"Kalau seandainya ini pun covid-19 ini cepat itu (berakhir) saya butuh waktu satu tahun untuk bisa kembali pulih," kata Ruben.

Sandiaga mengungkap, bisnis Ruben mengalami kerugian begitu besar lantaran ia tengah kehilangan ribuan lapangan kerja karena pandemi virus corona. Hal tersebut diungkapkan Sandiaga pada keterangan unggahan videonya.

"Namun, krisis akibat pandemi Covid-19 ini memaksanya untuk kehilangan ribuan lapangan kerja karena omzet yang menurun drastis," tulis Sandiaga.

Ruben juga begitu bangga, karena sosok Sandiaga Uno dapat mendengarkan tangisan dan curhatannya. Ia berharap semoga suaranya dapat mewakili masyarakat yang juga memiliki usaha di luar sana.

"Saya bangga banget bisa diwawancara sama orang hebat di mana bisa mendengarkan tangisan kita, jadi sesak, iya curhat saya menganggap ini curhat. Mudah-mudahan suara ini bisa mewakili banyak orang yang memiliki usaha di luar sana," ungkapnya. ( merdeka.com )

Post a Comment for "Bisnis Ruben Onsu Terdampak Covid-19"

Berlangganan via Email