Besok, PSBB Surabaya Jilid 2 Dimulai, Inilah Perbedaan Dari Sebelumnya

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim Heru Tjahjono

Bangmamad.com, Surabaya - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik akan diperpanjang 14 hari ke depan hingga 25 Mei. Berbeda dengan PSBB jilid 1, ada beberapa hal yang kini mulai diterapkan di PSBB jilid 2. Apa saja?

"Perpanjangan PSBB Surabaya raya yang pertama ada perhatian di checkpoint, di tempat-tempat kerumunan massa dan pasar, dan tempat kerja seperti pabrik," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim Heru Tjahjono di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (11/5/2020).

Heru yang menjabat sebagai Sekdaprov Jatim menegaskan akan ada sanksi bagi masyarakat yang melanggar PSBB jilid 2. Hal ini sudah tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Jatim. Namun Heru tidak merinci sanksi apa saja yang dikenakan kepada pelanggar.

"Adanya Surat Edaran gubernur untuk melakukan hal-hal yang sifatnya terjadi pelanggaran, ini bisa menjadi salah satu pegangan untuk melakukan langkah-langkah yang harus dilakukan di lapangan. Namun demikian pasal-pasal yang sudah masuk disini dan ini menjadi salah satu rujukan untuk kabupaten kota," papar Heru.

Selain itu, Heru juga menambahkan tempat kerumunan massa seperti pasar akan melaksanakan arahan gubernur untuk melakukan desain social distancing. Misalnya pasar yang berjarak dengan menerapkan jam buka secara bergantian.


"Artinya dengan pasar ganjil-genap atau pasar yang diatur bukanya atau nanti dibuat pasar di luar lokasi pasar tersebut. Ini sudah dilakukan dan sudah disetujui oleh 3 kabupaten dan kota yang saat ini akan memperpanjang PSBB," imbuh Heru.

Sementara untuk tempat ibadah, Heru menyebut telah mengundang perwakilan dari Kanwil Kemenag untuk memberikan informasi tempat ibadah. Hal ini mendasari sejumlah edaran yang menggerakkan kembali tempat ibadah.

"Karena bagaimanapun juga sudah ada surat masuk untuk menggerakkan kembali tempat-tempat ibadah. Dikhawatirkan pada saat selesainya PSBB tahap 2 adalah pas lebaran nanti akan terjadi pelaksanaan salat Idul Fitri. Untuk itu kami sudah minta untuk dirapatkan kembali, tentunya akan kita lakukan koordinasi masalah tempat ibadah," jelasnya.

Sedangkan malam ini, pihak kepolisan juga akan melakukan evaluasi dan merumuskan langkah tepat yang akan dilakukan petugas di check point. Malam ini juga akan dilakukan operasi di Gresik dan Sidoarjo.

"Malam ini, Gresik dan Sidoarjo akan melakukan operasi lagi sebagaimana yang pernah dilakukan di salah satu tempat ibadah dengan melakukan rapid test dan yang positif akan dikirim ke tempat yang disediakan," ungkap Heru.

Di kesempatan yang sama, Heru menjelaskan pelaksanaan PSBB tahap kedua di Surabaya Raya akan melibatkan Bhabinkamtibmas.

"Kembali lagi konsentrasinya agar di daerah pedesaan maupun RT RW akan diadakan gerakan maupun proteksi terhadap lokasi tersebut untuk mengurangi keluarnya masyarakat ke luar kota atau dalam kota. Sedangkan yang berada di check point akan dibantu oleh TNI dari pasukan yang lebih banyak lagi pasukan-pasukan yang ada di check point rinciannya ada dari Polda Jawa Timur," pungkas Heru.(Detik)

Post a Comment for "Besok, PSBB Surabaya Jilid 2 Dimulai, Inilah Perbedaan Dari Sebelumnya"

Berlangganan via Email