Apa Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda? Yuk Cari Tahu!

Kenali perbedaan baking powder dan baking soda (Foto : Ist)

BM News - Berkreasi membuat kue kering untuk Lebaran sudah menjadi tradisi. Anda harus menyiapkan beberapa bahan-bahan pembuatan kue. Mulai dari tepung, telur, gula, dan lainnya.

Tentunya, saat membuat kue kita pasti ingin hasilnya mengembang sempurna atau tidak bantat. Untuk itu membuat kue membutuhkan pengembang atau biasanya kita kenal baking powder dan baking soda.

Mungkin selama ini kita mengenal bahwa baking powder dan baking soda itu memang sama, karena memang untuk mengembangkan kue. Namun baking powder dan baking soda itu ternyata berbeda.

Nah, supaya tidak salah penggunaan, kenali yuk perbedaannya, agar kue yang dimasak sesuai dengan yang diharapkan. Berikut dilansir dari akun Instagram @forum.masak.

Fungsi

Baking soda cocok digunakan pada kue yang diolah dengan cara kukus atau panggang. Sementara baking powder lebih baik digunakan pada jenis kue kering yang tidak mengandung asam.

Penggunaan pada Adonan Kue

Dalam menggunakan baking soda, adonan kue harus segera dikukus atau dipanggang. Jangan terlalu lama di luar atau didiamkan begitu saja karena akan menyebabkan kue bantat. Sementara pada baking powder tak perlu memerhatikan hal tersebut.

Pengaruh Rasa pada Adonan Kue

Rasa kue yang menggunakan baking soda akan lebih getir, apalagi kalau menggunakannya berlebihan. Sementara itu pada baking powder tak menghasilkan rasa getir pada kue.

Itulah perbedaan antara baking powder dan baking soda. Beda nama, beda juga fungsi dan cara penggunaannya. Semoga info ini bermanfaat ya. Selamat berkreasi di dapur! (inews)

Post a Comment for "Apa Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda? Yuk Cari Tahu!"

Berlangganan via Email