9 Wisata Kerinci Petualangan Bersama PSHT


Foto Sendiri
Kali ini berkesempatan untuk jelajah wisata bersama KJBK dan PSHT Penerokan. Penerokan di mana sih..?? .Penerokan adalah salah satu desa di kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Tapi kita tidak akan membahas tentang penerokan ya ... hehehe

Perjalanan di mulai dari desa penerokan pukul 05:30 WIB dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan berbagai merek sebanyak 10 kendaraan. Sepertinya merek motor tidak perlu kita bahas juga ya.,.,.,

Dari desa penerokan ke pusat kota kabupaten Batanghari perjalanan sekitar 30 menit kemudian lanjut perjalanan ke lokasi tujuan yaitu Kabupaten kerinci. Untuk sampai ke kabupaten kerinci kita akan melewati dua kabupaten yaitu kabupaten sarolangun dan kabupaten merangin.

Perjalanan dilalui dengan kebersamaan, selama perjalanan banyak kejadian-kejadian yang menambah semakin menambah kebersamaan. Ada motor yang tidak bisa kebut, ban bocor, kehabisan bensin dan kejadian-kejadian lain yang semua itu menumbuhkan kebersamaan dan menjadai keseruan tersendiri.

1. Bukit


Dalam perjalanan menuju lokasi penginapan, kami berhenti di suaru bukit yang indah. Dari bukit ini disuguhkan pemandangan yang indah. Sejauh mata memandang hamparan perbukitan dan lembah serta suasana sejuk dan dingin membuat suasana menjadi tenang.

2. Danau Kerinci

Alhamdulillah sampai di kerinci sekitar jam 5 sore di sambut dengan hujan gerimis, udara dingin semakin terasa karena daerah ini merupakan daerah perbukitan dan pegunungan.

Ketika baru sampai di kerinci, Danau Kerinci menjadi salah satu tempat yang di kunjungi dan beristirahat sambil menikmati indahnya pemandangan, air, perbukitan, keramba ikan serta udara dingin yang menambah rasa syukur kita atas nikmat dan karunia yang diberikan.

Danau kerinci adalah salah satu objek wisata di kabupaten kerinci. Bahkan untuk menarik pengunjung, pemerintas sering mengadakan acara, festival dan kegiatan-kegiatan di Danau kerinci. Selain sebagai wisata, danau kerinci juga menjadi mata pencaharian buat masyarakat dengan dibuat keramba-keramba ikan.

3. Persawahan


Di sekitar danau kerinci, sebagian masyarakat berprofesi sebagai petani sawah. Salah satunya di desa Tanjungpauh kabupaten Kerinci banyak akan kita temui persawahan milik warga.

Pada pagi hari, petani mulai menuju kearea persawahan dengan peralatan sawahnya. Sehingga, dapat di lihat hamparan sawah luas. Disana bisa kita lihat padi yang baru di tanam, yang sudah tumbuh hijau dan bahkan ada yang sudah mulai menguning.

Dapat kita lihat juga petani yang sedang bekerja, kerbau yang membantu proses bekerja dan burung jalak yang beterbangan dan berdiri di area persawahan dan bahkan ada yang hinggap di punggung kerbau. Beberapa pohon kelapa dan perbukitan di sekitarnya menjadikan pemandangan semakin indah.

4. Kebun Teh Kayu Aro


Hari kedua di kabupaten kerinci, tujuan pertama adalah ke kebun teh kayu aro. Perjalanan dari danau kerinci kurang lebih 2 jam dengan jalan yang berliku dan tebing tinggi. 

Ketika sampai di lokasi kebun teh, akan disuguhkan hamparan perkebunan teh yang luas dan berbukit-bukit seperti bukit teletabis. Udara yang sejuk dan suasana yang indah memuat kita betah untuk berlama-lama di sini.

5. Pemandangan Gunung Kerinci

Kunung kerinci, gunung tinggi dan aktif ini terlihat indah dari berbagai sudut. Pada puncak gunung terlihat gundul tanpa pepohonan. Banyak pendaki yang mengaku puas jika melakukan pendakian di gunung kerinci.

6. Tugu Macan

Sambil menyusuru perkebunan teh, singgah sebentar di tugu macan untuk sekedar penasaran, ingin tahu dan foto-foto pastinya.

7. Air Terjun Telun Berasap


Perjalanan selanjutnya adalah ke air terjuan telun berasap. Karena suana libur lebaran, kendaraan di jalan cukup padat. Sehingga sempat terjebak macet.

Salah satu yang menjadi daya tarik di lokasi ini adalah, ketika kita menuju ke lokasi air terjun, harus melewati ratusan anak tangga. Menuruni anak tangga yang banyak dan berliku kemudian barulah sampai di spot untuk menikmati indahnya air terjun yang deras sehingga ada percikan-percikan air yang terbang membentuk embun. Embun inilah yang kemudian terlihat seperti asap. Jika kita beruntung, akan terlihat pelangi di antara derasnya air terjun.

8. Bukit Khayangan


Setelah menjelajahi beberapa wisata di kayu aro, selanjutnya menuju kota sungai penuh dan menuju ke bukit Khayangan yang letaknya tidak jauh dari pusat kota. Perjalanan berliku dan menanjak untuk mencapai lokasi bukit khayangan menjadi daya tarik tersendiri.

Ketika sampai di lokasi akan di sambut dengan tulisan cukup besar yang bertuliskan “Bukit Khayangan” dengan latar belakang perbukitan, sawah, perumahan, danau kerinci dan lainya yang pastinya menjadikan lebih keren.

Pada saat saat tertentu, kabut akan menyelimuti sebagian lokasi sehingga seolah-olah berada di atas awan. Pemerintah daerah cukup kretif dalam mengolah lokasi ini, dibuat kannya tulisan, pondok-pondok, sayap, love dan fasilitas pendukung lainya.
 Bagi yang belom mengunjungi tempat ini, mari silahkan mengunjungi wisata yang keren ini.

9. Danau Kaco



Danau kaco yang terkenal dengan kejernihanya menjadi daya tarik para pencinta wisata. Namun, danau ini lokasinya berada di dalam kawasan hutan lindung yang memiliki medan yang menantang. Sehingga untuk bewisata ke tempat ini butuh persiapan.

Persiapannya apa aja sih... persiapanya biasa aja, bukan seperti persiapan untuk mendaki gunung gitu... persiapan yang pasti bekal makanan, karena perjalanan 2 jam lebih dengan medan yang tidak biasa. Persiapan fisik karena akan berjalan yang dalam waktu tidak sebentar dan persiapan alat ibadah untuk tetap bisa beribadah dimanapun berada.

Ketika sampai di lokasi danau, dijamin tidak akan kecewa. Keindahan alamnya, jerniah nya air dan dingin banget air nya. Terus ada banyak ikan di dalam nya. Kalau dikasih makan bakalan mendekat tu ikan nya. Dijamin seru.

Itulah wisata-wisata yang kami kunjungi selama petualangan singkat kami. Mari kita cintai alam kita, kita jaga untuk anak cucu kita.

Ayo wisata ke negeri sendiri.


Post a Comment for "9 Wisata Kerinci Petualangan Bersama PSHT"

Berlangganan via Email