8 Wisata Lampung Barat Yang Bagus Untuk Dikunjungi

Foto Anto
Kabupaten Lampung Barat menyajikan sejuta keindahan alamnya. Lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi, tempat ini menyajikan udara yang sejuk dan dingin. Masyarakat lampung yang di dalamnya terdapat berbagai macam suku, tetapi adat dan tradisi lampung tetap di jaga di Lampung Barat Ini.
Ada banyak sekali wisata yang dapat anda kunjungi di Lampung Barat

1. Danau Ranau Lumbok / Lumbok Seminung Resort

Foto Anto
Danau Ranau merupakan danau yang terletak di ujung provinsi Lampung. Danau ini merupakan perbatasan antara provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatra Selatan. Danau ini pun di bagi dua kepemilikanya, sebagian milik Provinsi Lampung dan sebagian lagi milik Provunsi Sumatra Selatan.

Kali ini kita akan membahas danau ranau yang letak posisinya di Lampung, tepatnya di Kecamatan Lumbok Seminung kabupaten Lampung Barat provinsi Lampung. Danau ini memiliki keindahan yang sangat menarik.

Pemandangan danau yang indah dengan ombak yang sedang akan membuat kita menjadi tenang berada di sini, ditambah lagi pemandangan perbukitan dan gunung di sekitar danau semakin indah di pandang dan nyaman dihati (bukan lebay, itu si yang penulis rasakan ketika di sana).

Ada banyak tempat-tempat yang dapat anda kunjungi di sekeliling Danau Ranau Lombok:
a.       Dermaga Lumbok Seminung
b.      Wisata Lumbok Resort
c.       Teluk Tuba
d.      Pemandian Air Panas
e.       Keramba Ikan
f.       Bukit
g.      Persawahan
h.      Lamban Lampung

2. Gerdai (wisata atas awan)

Sumber Instagram @lampuung
Ada yang bilang bukit di atas awan dan ada banyak sebutan untuk tempat ini. Apapun sebutan nya tempat ini memang indah dinikmati. Letaknya tidak jauh dari pusat kota liwa (ibukota Lampung Barat) dapat di tempuh dengan waktu kurang lebih 20 menit dengan jalan yang cukup menanjak karena lokasinya yang berada di puncak bukit. 

Dan anda harus berada di puncak bukit ini ketika matahari baru muncul, yupss... tepatnya pada pagi hari, kalau dingin ya sudah tentu. Tetapi anda jangan kawatir, ketika di puncak bukit ini anda akan disajikan dengan pemandangan yang sangat indah.

Jika cuaca mendukung anda akan mendapati awan yang sangat banyak di bawah, sehingga anda akan merasakan sensasi berasa di atas awan dengan dihiasi bukit-bukit dan gunung yang muncul diantara awan-awan serta indahnya melihat matahari terbit di antara awan dan bukit. 

Tempat ini akan ramai di kinjungi pada hari-hari libur dan akhir pekan. Tempat ini juga bagus digunakan untuk berfoto bersama keluarga sahabat bahkan untuk foto prawedding.

3. Suoh

Sumber Instagram @sela_anjani31
Salah satu tempat di lampung barat yang menyajikan tempat yang indah dan kekayaan alam yang dapat kita nikmati, tepatnya di daerah Kecamatan Bandar Negeri Suoh . Wisata di suoh memiliki banyak spot yang bagus dan wajib untuk di kunjungi. Bahkan jika anda berkunjung ke sana akan terasa kurang jika hanya sehari.

Yang perlu di perhatikan adalah rute untuk menuju ke sana sangat penuh perjuangan, apalagi jika turun hujan. Kendaraan yang anda gunakan harus yang mampu melewati perbukitan dan jalan berlumpur dan licin.

Sulitnya perjuangan di jalan akan menjadi kesan tersendiri bahkan akan menjadi cerita seru dalam perjalanan. Dan ketika anda sampai di lokasi, anda akan dimanjakan dengan kekayaan alam dan keindahan alam yang sungguh luar biasa, dijamin rasa lelah dalam perjalanan akan terbayar ketika anda sampai.

Apa saja yang ada di sana
a.       Danau belerang
b.      Kramikan
c.       Danau Lebar
d.      Pasir Kuning

4. Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa
Tempat wisata yang di desain dengan konsep taman perkebunan buah-buahan dan lainya dengan latar belakang perbukitan. Terletak di dataran tinggi kota Liwa Lampung Barat, tepatnya di dekat Lamban Bupati Lampung Barat, Lamban merupakan bahasa Lampung yang artinya Rumah.

Tempat ini ramai di kunjungi masyarakat baik pagi dan sore hari. Tempat yang nyaman dan sejuk membuat tempat ini menjadi pilihan untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat. 

Latar belakang yang indah dengan perbukitan yang di selimuti sedikit kabut, membuat pengunjung betah berada di sini serta tidak menjadi tempat yang pas untuk berfoto. 

Lokasi yang mudah dijangkau karena tepat berada di pusat kota, tempat ini selalu ramai di kunjungi.

5. Hamtebiu

Taman Hamtebiu
Hamtebiu merupakan salah taman yang ada di kota Liwa Lampung Barat. Tempat wisata ini merupakan wisata air dan taman sekitarnya. Tempat ini banyak orang menyebut nya danau, karena ada air yang tertampung akibat tanah yang cekung.

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berolah raga dan tempat berkumpul menghabiskan waktu sore. Bahkan hinga malam tempat ini masih dikunjungi oleg warga dan pemuda.

Di tempat ini anda akan merasakan kenyamanan dingin nya udara sekitar dan suara gemercik dari air mancur yang menyajikan sensasi tersendiri. disini juga dapat menikmati memberimakan ikan dan melihat ikan. Di tempat ini juga ada pondok pondok tempat makan, sehingga anda tidak perlu kawatir kelaparan.

Tempat ini juga menyediakan permainan air berupa berupa sepeda air yang berbentuk bebek. Dan pastinya sangat bagus dijadikan tempat berkumpul dan berfoto ria.

6. Wisata Alam Kubu Prahu

Sumber Instagram @mitalaksmiedwina
Wisata Kubu Prahu ini terletak dikawasan TNBBS (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan) tepatnya di Desa Kubu Prahu Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat. Dari ibukota kabupaten Lampung Barat yaitu Kota Liwa hanya berjarak sekitar 7 KM.

Kondisi alam yang begitu inda dan masih alami, karena lokasinya berada di TNBBS. Tempat ini sangat cocok buat pecinta alam, dengan udara yang sejuk dan dingin, serta jauh dari kebisingan suara kendaraan.

Untuk masuk ke tempat ini cukup membayar Rp,1.500 saja dan Rp 15.000 untuk turis manca negara, tapi harga suatu waktu dapat berubah. di sana juga ada instruktur berpengalaman (guide) yang akan membantu petunjuk jalan dan memperkenalkan bebagai jenis macam flora dan fauna.

Ada banyak jenis pohon langka yang besar di tempat ini dan juga akan banyak kita jumpai tumbuhan-tumbuhan langka seperti anggrek dan lainya. Karna pengaruh kondisi alam yang lembab dan sering terjadinya turun hujan

Selain tumbuhan dan pepohonan. tempat ini sebagai tempat pelestarian hewan hewan langka seperti gajah sumatra, beruk, burung rangkong, elang dan masih banyak jenis hewan yang langka.

Ditempat ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam, salah satunya air terjun. ada 3 air terjun yang terdapat di kawasan wisata ini, yaitu air terjun sepapah kiri, air terjun sepapah kanan dan air terjun way asah.

Banyak cara orang menikmati wisata ini, mulai dari memancing sampai berkemah untuk menikmati dan mensyukuri ciptaan Allah SWT. 

7. Desa Wisata Lumbok

Salah satu daerah di lampung barat yang lokasinya di sekitar danau ranau kecamatan Lumbok Seminung memiliki daya tarik tesendiri buat para wisata menunjungi tempat ini. kondisi masyarakat yang masih memegang adat adat, bahkan bangunan rumag masih sangat kental dengan adat lampung.

Ada banyak yang sajikan di tempat ini. ada dapat menikmati kebersamaan bersama keluarga dengan berenang, memancing, belajar menambak ikan, belajar budidaya ikan dan masih banyak yang akan kita dapatkan di sini.

Tempat ini juga menyediakan berbagai kuliner olahan hasil masyarakat sekitar diantaranya Gurami bakar, belut dan berbagai kuliner yang dijamin membuat kita betah disini. menikmati kuliner sambil melihat keindahan sekitar berupa Danau Ranau, Sawah, Bukit dan Gunung.

8. Gunung seminung

Gunung seminung
Gunung yang memiliki ketinggian 1881 meter diatas permulaan laut (mdpl) merupakan perbatasan antara Sumatra Selatan dan Lampung. berada diatas sini anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah, danau yang terlihat dari atas dan terlihat betapa indahnya bukit barisan dari puncak gunung

Untuk melakukan pendakian, harus dengan orang yang sudah ahli dan tau lokasi gunung ini. jalur pendakian gunung ini jika dari Liwa Lampung bara anda menempuh jarak sekitar 30 Km ke arah Lumbok Seminung.

Di perbatasan Kecamatan Sukau dan Kecamatan Lumbok seminung terdapat lokasi awal star pendakian. Untuk dapat sampai kepuncak, anda akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Tetap berhati hati dan waspada dalam menikmati keindahan Alam ini.

Post a Comment for "8 Wisata Lampung Barat Yang Bagus Untuk Dikunjungi"

Berlangganan via Email