7 Tempat Suci Yang Bisa Dikunjungi Umat Islam Secara Virtual

Baligligol

Bangmamad.com - NEGARA Islam maupun mayoritas Muslim di dunia memang memiliki cara tersendiri untuk merayakan bulan suci Ramadhan. Sebagian di antara mereka biasanya akan mengunjungi tempat-tempat suci di Makkah maupun Madinah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, atau sekadar berziarah.

Sayangnya, akibat pandemi virus corona (covid-19), kegiatan tersebut harus ditunda mengingat sebagian besar negara telah mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan sosial. Beberapa di antaranya bahkan menerapkan kebijakan lockdown, termasuk Arab Saudi.

Tak perlu berkecil hati. Berkat kemajuan teknologi, saat ini Anda dapat melakukan perjalanan virtual ke tujuh situs atau tempat paling suci bagi umat Islam seperti Masjidil Haram (Makkah) dan Masjid Nabawa (Madinah), dan beberapa ikon wisata bernuansa Islam. Dikutip Okezone dari laman Dailysabah, Senin (18/5/2020), berikut ulasan lengkapnya.

Lokasi pertama yang bisa Anda kunjungi secara virtual adalah Kakbah di Masjidil Haram, Makkah. Dengan bantuan teknologi berbasis virtual reality (VR), Anda dapat melihat secara detail beberapa spot tempat umat Islam menjalankan ritual haji dan umrah, di mana mereka harus mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali serta berjalan antara Safa dan Marwa. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan dua bukit kecil di lokasi yang sama.

Masjid Nabawi


Masjid Nabawi adalah masjid tersuci kedua setelah Masjidil Haram. Lokasinya terletak di Kota Madinah. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat saat hijrah dari Makkah pada 622. Itulah sebabnya masjid tersebut dinamakan 'Masjid Nabawi' yang berarti 'Masjid Nabi'.

Dengan menggunakan teknologi virtual reality, Anda dapat merasakan suasana Masjid Nabawi dan melihat secara detail bentuk arsitekturnya yang megah.

Masjid Al Aqsa


Masjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah sholat. Masjid ini dibangun di dekat Kubah Batu atau Qubbat al- Sakhra (dalam bahasa Arab). Lokasinya sendiri berada di Haram al Sharif, Kota Tua Yerusalem.

Masjid Al Aqsa merupakan salah satu tempat paling berserjarah bagi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dari tempat inilah Mailaikat Jibril membawanya ke surga untuk berbicara kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, setelah melakukan hijrah dari Makkah ke Al Aqsa yang kini dikenal dengan istilah 'Isra Mikraj'.

Gua Hira


Selain dua tempat tersebut, Anda juga dapat melakukan perjalanan virtual dari ke Jabal an Nour, tempat di mana Gua Hira berada. Gua ini sendiri sudah lama dikenal karena menjadi lokasi Nabi Muhammad menerima wahyu pertamanya dari Malaikat Jibril.

Balıklıgöl

Menurut legenda Islam, Raja Nimrod memerintahkan agar putra angkatnya, Nabi Ibrahim, dilemparkan ke atas bara api dengan alasan bahwa ia telah menghancurkan berhala. Diyakini bahwa kala itu api besar tiba-tiba menyeruak di tempat di mana danau itu berada sekarang, dan Nabi Ibrahim terlempar dari Kastil Şanlıurfa. Namun berkat izin Allah Subhanahu wa ta'ala, api tersebut berubah menjadi danau, dan hutan di sekitarnya menjadi ikan.

Selama ribuan tahun, danau dan ikan di tempat tersebut dianggap keramat. Perjalanan ajaib untuk menyusuri legenda ini bisa Anda lakukan dengan sekali klik.

Museum Mevlana

Mevlana Jalaladdin Rumi merupakan salah satu tokoh paling penting dalam sejarah Islam. Semasa hidupnya, dia berdakwah dari Konya ke seluruh dunia dengan puisi-puisi yang penuh cinta dan hormat.

Hingga saat ini karya-karyanya masih sangat dikagumi dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Nah, Anda juga dapat melakukan perjalanan virtual ke tempat peristirahatan abadi Mevlana di Provinsi Konya, Turki tengah, yang telah dikonversi menjadi museum.

Kompleks Makam Imam Ali


Kompleks pemakaman Ali bin Abi Thalib atau Imam Ali ini adalah permakaman terbesar di dunia. Permakaman ini memiliki luas sekira 1.485,5 hektare. Lokasinya terletak di Najaf, Irak.

Di tempat ini terdapat makam Ali bin Abi Thalib, yakni menantu Nabi Muhammad, putra pamannya, dan khalifah keempat. Tempat ini menjadi makam Nabi Adam, Hawa, dan Nabi Nuh.(okezone)

Post a Comment for "7 Tempat Suci Yang Bisa Dikunjungi Umat Islam Secara Virtual"

Berlangganan via Email