Yuk Kunjungi Tempat Wisata Terindah dan Penuh Misteri di Kerinci

Wisata Danau Kaco - Jambi merupakan salah satu daerah di Indonesia yang belum dikenal potensi wisatanya. Padahal provinsi Jambi memiliki keindahan alam, peninggalan sejarah dan atraksi budaya yang luar biasa.

a photo by @saiko_rental via instagram

Perpaduan keindahan tersebut merupakan daya pikat yang luar biasa bagi para wisatawan. Tak heran semakin hari semakin banyak para wisatawan yang berkunjung ke Jambi baik dari dalam maupun luar negeri.

Ada beberapa objek wisata yang merupakan potensi wisata Jambi. Di antaranya adalah pesona Gunung Kerinci yang merupan Gunung berapi tertinggi di Indonesia dan Gunung tertinggi kedua di Indonesia.

Jambi juga memiliki Candi Muaro Jambi yang berdasarkan penelitian merupakan universitas terbesar pada masa kerajaan Sriwijaya. Selain itu, Jambi juga memiliki Geopark merupakan warisan alam jutaan tahun lalu yang begitu memukau.

Tak hanya itu, Jambi juga memiliki objek wisata lain yang hits untuk dikunjungi yaitu Danau Kaco. Objek wisata Danau Kaco terletak di kabupaten Kerinci yang memiliki jarak cukup jauh dari ibukota provinsi yaitu kota Jambi.

kru wisataloka.id @_mady11 via instagram

Untuk ke Kerinci Anda dapat melalui jalur darat dengan waktu tempuh sekitar 8-10 jam perjalanan. Jalur penerbangan juga dapat Anda pilih jika Anda yang tak mau menghabiskan waktu di perjalanan.

Danau Kaco merupakan danau yang memiliki luas sekitar 90 meter persegi dan memiliki kedalaman yang belum diketahui. Danau ini dipercaya akan memancarkan cahaya yang amat terang pada malam hari terutama pada saat malam bulan purnama atau malam tanggal 15 penanggalan Hijriah.

kru wisataloka.id @_mady11 via instagram
Di Danau Kaco terdapat ikan semah yang terlihat jelas karena airnya yang begitu jenih biru. Danau ini dikelilingi hutan lebat dengan kicauan burung yang tak berhenti mengalun.

Danau Kaco terletak di Dusun Lempur Baru, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Berjarak sekitar 50 kilometer dari Bandar Udara Depati Parbo, Kerinci. Dari Sungai Penuh dilanjutkan ke desa terdekat yaitu Desa Lempur,Kecamatan Gunung Raya dalam waktu 45 Menit dengan kendaraan roda empat atau pun roda dua.

Ketika wisataloka.id berkunjung ke tempat ini, kami harus memarkir kendaraan kami di dekat pintu gerbang masuk ke hutan yang termasuk ke dalam gaian wilayah Hutan Taman Nasional Taman Nasional Kerinci Sebelat.

Sebelum di pintu gerbang kami diberhentikan beberapa pemuda di jalan. Kami diminta biaya masuk sebesar Rp.10.000,-. Pada waktu itu, kebetulan hanya satu motor berboncengan.

sumber : www.cadventura.com
Di parkiran, kami diminta lagi biaya parkir sebear Rp10.000,-. Bagi Anda yang pakai roda dua jangan lupa mengunci ganda kendaraan Anda demi keamanan.

Perjalanan di mulai dengan masuk ke pintu hutan, di sekitar masih tampak perkebunan warga dan aliran sungai yang masih sangat jernih. Kami tidak lupa untuk mencuci wajah di tempat ini.

Ternyata perjalanan masuk ke Danau Kaco tidaklah singat. Kami membutuhkan waktu tiga jam lebih untuk sampai dengan kondisi minim petunjuk arah. Walau ada petunjuk tersebut sangat kurang jelas.

Disarankan untuk membawa guide jika berkunjung ke tempat ini atau jika tidak menunggu rombongan lain yang juga ingin mengunjungi danau cantik ini.

Di perjalanan kita akan melewati hutan adat, air terjun dan peponan rindang yang membuat suasana amat sejuk. Jarak yang cukup jauh membuat hati tak sabar untuk sampai.

Sungguh disayangkan ketika mengunjungi tempat ini, keindaan hutannya rusak oleh ulah perambakkan liar tepat di depan sungai yng kita seberangi untuk menuju Danau Kaco. 

Puas berjalan, akhirnya kami sampai juga ke danau yang eksotis ini. Perjalanan kurang lebih sekitar 3 jam lebih tak terasa ketika melihat keeksotisan danau ini. Air biru jenih dengan aliran yang menyejukkan.

sumber : @bianidaaa via instagram
Tak heran jika tak hanya wisatawan luar negeri juga sangat terpikat dengan danau ini. Berenang dan cliff jump merupakan salah satu aktivitas menarik yang dilakukan di danau yang airnya sangat dingin ini.

Tak lupa aktivitas hunting foto di danau cantik ini juga begitu menarik. Yakin, Anda sangat betah berlama-lama di tempat ini. Benar-benar pemandangan yang sangat menenteramka hati.

Ulah para wisatawan yang datang ke tempat ini sangatlah disayangkan. Tumpukkan sampah begitu banyak sedikit merusak keindahan sekeliling danau ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, dimohon untuk tidak merusak keindahan alamnya dengan membuang sampah sembarangan. Jaga dan cintai keletarian wisata alam kita agar ia bisa mendatangkan sejuta manfaat. Cintai pariwisata Indonesia.

Post a Comment for "Yuk Kunjungi Tempat Wisata Terindah dan Penuh Misteri di Kerinci"

Berlangganan via Email