Viral, Pemilik Toko Ini Dijemput Paksa Tim Medis karena Tolak Isolasi usai dari Malaysia

Bangmamad.com - Rekaman video seorang pemilik toko yang berada di pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, menolak diisolasi menjadi viral setelah tersebar di berbagai pesan WhatsApp. Dalam video tersebut, seorang pria nampak duduk santai di depan toko miliknya.

sumber gambar ilustrasi : Radar Nusantara News

Ia diketahui baru pulang dari Malaysia, namun tak melakukan isolasi mandiri sebagai mana instruksi protokol keamanan pencegahan Covid-19.


Gugus tugas yang mengetahui informasi tersebut langsung datang ke toko pria itu untuk memintanya melakukan isolasi. Akan tetapi, pria itu sempat menolak lantaran mengaku sehat. Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Yusri mengatakan, setelah dilakukan pendekatan, pria itu akhirnya menuruti standar protokol keamanan Covid-19 untuk dikarantina.

"Iya betul, kita akhirnya jemput paksa untuk karantina. Semestinya jika baru pulang bepergian dari luar negeri harus karantina mandiri 14 hari. Namun ada laporan jika pria ini langsung membuka toko," kata Yusri, Rabu (22/4/2020).

Yusri pun meminta kepada masyarakat untuk mematuhi protokol penanganan Covid-19 sehingga pandemi ini cepat berangsur pulih. "Masyarakat harus mengikuti aturan pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona, salah satunya dengan menjalankan karantina mandiri jika pulang dari wilayah terjangkit," ujarnya. (kompas)

Berlangganan via Email