Terjadi Ledakan Bom di Suriah Saat Ramadhan Tewaskan 22 Orang

Bangmamad.com - Sebuah bom yang dipasang di truk pengangkut bahan bakar meledak dan menewaskan lebih dari 22 orang, termasuk enam pemberontak yang didukung Turki, di Kota Afrin, Suriah, pada Selasa (28/4).

Ilustrasi Pasukan Pembrontak suriah (cnnindonesia.com)

"Setidaknya 22 orang termasuk warga sipil tewas dan 27 lainnya terluka ketika sebuah bom yang dipasang di truk bahan bakar meledak di sebuah pasar di Afrin," kata Kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berpusat di Inggris, Rami Abdul Rahman, seperti dilansir Al-Monitor, Rabu (29/4).

Kota Afrin saat ini dikuasai kelompok pemberontak Tentara Pembebasan Suriah (FSA), yang didukung Turki.

Rahman mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan bisa meningkat karena beberapa orang yang terluka dalam kondisi kritis.


Belum jelas siapa dalang di balik serangan bom tersebut itu. Kejadian ini menjadi salah satu insiden besar yang mengguncang wilayah Afrin sejak pasukan Turki dan pemberontak merebut wilayah itu dari pasukan Kurdi pada Maret 2018, setelah menggelar serangan udara dan darat.

Kementerian Pertahanan Turki menuduh serangan tersebut dilakukan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG). Turki menganggap YPG adalah kelompok teroris dan sayap militer Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dinyatakan terlarang dan telah melakukan pemberontakan di Turki selama tiga dekade.

"Sekali lagi, musuh kemanusiaan PKK/YPG menargetkan warga sipil tak berdosa di Afrin," cuit Kemenhan Turki melalui Twitter.

Pada Januari lalu sebanyak tujuh orang tewas dalam bom mobil di Kota Azaz, Suriah, yang dikuasai oleh pasukan pro-Turki.

Peperangan di Suriah sejak 2011 telah menewaskan lebih dari 380.000 orang dan memaksa lebih dari setengah populasi negara itu mengungsi.(CNNIndonesia.com)

Post a Comment for "Terjadi Ledakan Bom di Suriah Saat Ramadhan Tewaskan 22 Orang"

Berlangganan via Email