Resep Ramadhan 3: Resep Kolak Pisang Gula Merah ala Yummy

Bangmamad.com - Gembira hati saat ramadhan ini tentunya membuat kita giat dalam beribadah. Bulan penuh ampunan ini, hendaknya kita isi dengan banyak hal positif yang menjadi ladang amal bagi kita di kemudian hari.

sumber : instagram @yulia_tokarmo

Mungkin Ramadhan kali ini terasa begitu berbeda jika dibandingkan ramadhan sebelumnya. Karena di ramadhan kali ini penyebaran virus Covid-19 telah meresahkan kita semua. 

Pisang adalah buah yang menyehatkan dan enak tentunya. Buah ini adalah salah satu makanan yang direkomendasikan jika Anda sedang melakukan program diet.

Pisang banyak mengandung serat, vitamin dan anti oksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Seperti yang kita ketahui, serat berguna untuk sistem pencernaan kita. Sedangkan antioksidan mampu menjaga kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas.


Bagi penderita diabetes buah ini aman dikonsumsi karena memiliki kandungan pektin serta pati resistan yang menyeimbangkan kadar gula darah. Pisang juga mampu mengurangi nafsu makan karena dapat memperlambat proses pengosongan

Tentunya aktivitas ramadhan kali ini banyak kita habiskan bersama keluara di rumahKolak biasanya selalu hadir saat bulan Ramadan sebagai hidangan pembuka buka puasa. Rasanya puasa seperti kurang lengkap tanpa kehadiran kolak di meja makan.

Sebelum bulan Ramadan datang, kamu bisa mulai belajar membuat kolak. Nah, kamu bisa meniru cara membuat dan resep kolak pisang gula merah ala aplikasi memasak Yummy berikut ini!


1. Bahan-bahan yang diperlukan

sumber : yummy.co.id

Resep Kolak Pisang Gula Merah ala Yummy, Bisa untuk Menu Buka Puasayummy.co.id
Bahan-bahan:
  • 200 gram gula merah
  • 5 buah pisang yang dipotong jadi sepuluh bagian
  • 2 lembar daun pandan 
  • 1 liter santan cair
  • 1 sendok teh vanila
  • 1 sendok teh garam


2. Masukkan beberapa bahan di dalam wajan

sumber : yummy.co.id

Siapkan wajan yang telah dipanaskan, kemudian masukkan santan cair, garam, vanila, dan gula merah. Aduk semua bahan sampai merata. Masak menggunakan api kecil sampai mendidih. 


3. Tambahkan daun pandan dan pisang

sumber : yummy.co.id

Tambahkan daun pandan ke dalamnya, lalu aduk kembali. Masukkan pisang ke dalamnya, kemudian tutup panci dengan rapat. Masak sampai air mendidih. Saat kuahnya mulai mengental, angkat dan sajikan sesuai selera!

Ternyata, cara bikin kolak gampang banget, kan? Kamu bisa mulai belajar membuatnya untuk menu buka puasa nanti. Selain kolak, kamu bisa mendapat inspirasi banyak resep lainnya di aplikasi memasak Yummy, lho! (idn)

Post a Comment for "Resep Ramadhan 3: Resep Kolak Pisang Gula Merah ala Yummy"

Berlangganan via Email