Resep Ramadhan 1: Takjil Berbuka Puasa Puding Buah Naga

Resep Bang Mamad - Bulan ramadhan adalah salah satu bulan yang kita tunggu-tunggu kehadirannya. Nah, bulan ini menjadi salah satu momen kehangatan bagi Anda dan keluarga.

Momen buka puasa adalah salah satu momen yang pastinya semua orang nantikan ketika puasa. Karena tidak mungkin jika Anda puasda tapi tidak berbuka.

Nah, sahabat Bang Mamad, kali ini dapur Bang Mamad akan berbagi resep sederhana yaitu Puding buah naga. Sebelum kita belajar resepnya kita harus tahu dulu mengenai makanan yang akan kita makan ya.

unsplash.com/Nikolai Chernichenko

Lihat juga resep : Intip 12 Resep Minuman Praktis dan Segar Untuk Buka Puasa Sederhana

Buah naga atau Dragon Fruit merupakan salah satu buah dari beberapa jenis kaktus yang berasal dari marga Hylocereus dan Selenicereus. 

For your information, Buah ini merupakan buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan bukan dari Timur Tengah ya.

Saat ini buah naga ini banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Warna buahnya yang mencolok dan bentuknya yang indah serta rasa yang menggugah selera, tak heran buah inio akhirnya mendadak populer di Indonesia.

Kandungan Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang mengandung vitamin c dan b serta kandungan nutrisi lainnya seperti  fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan. Itulah mengapa buah yang mengandung kalsium ini dapat Anda jadikan menu sehat untuk berbuka puasa.

Manfaat Buah Naga

instagram.com/rahmi.handayani

1. Membantu menjaga berat badan
Buah naga sangat berguna bagi Anda yang sedang diet karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan seratnya dapat memperlancar pencernaan. Selain itu kandungan air dan kalori yang rendah tentunya akan bersahabat bagi bentuk tubuh Anda.

2. Membantu detoksifikasi dan menangkal radikal bebas
Buah naga dapat membantu detoksifikasi dan menangkal radikal bebas bagi tubuh karena kandungan antioksidan yang terdapat di buah ini cukup tinggi.

3. Mencegah diabetes
Antioksidan yang terdapat dalam kandungan buah naga juga bisa membantu membunuh sel jahat yang dibentuk karena kesalahan pola makan serta pola hidup tidak sehat. Hebatnya buah ini bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes karena rendah kadar gulanya.

4. Cegah Resiko Kanker
Buah Naga memiliki kandungan  lycopene yang dapat membantu mengurangi resiko kanker prostat. Dalam buah naga juga ada kandungan mineral dan vitamin yang akan mengeluarkan racun logam pemicu kanker dari tubuh.

Di biju buah naga juga terkandung lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan permasalahan terkait kardiovaskuler. Dengan begitu bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

5. Mengobati batuk dan asma
Omega 3 dan omega 6 yang terkandung pada biji buah naga dapat meringankan permasalahan respirasi artinya buah ini berguna dikonsumsi oleh penderita batuk dan asma.

6. Untuk Kecantikan
Kandungan antioksidan vitamin c dan air di buah naga dapat membantu pencegahan jerawat, menjaga kelembaban klulit dan memperlambat penuaan dini. Nah buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sangat peduli penampilan.

Bahan Untuk Membuat Puding Buah Naga

Sumber gambar: Sauté Fry n Bake
Adapun bahan yang perlu sahabat siapkan adalah

  • 1 biji buah naga merah ukuran besar
  • 1 sachet (7 gram) agar-agar plain
  • 80 gram atau sekitar 2 sachet skm putih
  • 1 sendok makan maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 750 ml air matang 
  • persiapkan toping sesuai selera Anda
Alat Untuk Membuat Puding Buah Naga
  • Blender
  • Cetakan 
Langkah Pembuatan Puding Buah Naga

  1. Langkah pertama adalah menghaluskan daging buah naga menggunakan sendok sampai keluar airnya. Selanjutnya blender tanpa menggunakan tambahan air.
  2. Silahkan dicampur susu kental manis, agar-agar, dan air, kemudian diaduk sampai rata. 
  3. Lalu ketiga bahan tersebut dimasak di atas kompor sembari diaduk-aduk hingga air mendidih.
  4. Setelah ketiga bahan mendidih, langkah selanjutnya memasukkan buah naga dan larutan maizena, kemudian jangan berhenti mengaduk sampai mendidih lagi.
  5. Setelah itu angkat, dan masukkan ke cetakan.
  6. Jangan langsung dimasukkan ke kulkas tetapi tunggu sampai uap panas hilang barulah kita masukkan.
  7. Oh ya Anda dapt menambahkan toping sebagai pemanis di atasnya sesuai selera. Kalau saya pakai potongan buah dan daun min.
Nah itu dia sahabat resep puding buah naga yang dapat Bangmamad bagikan. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Resep Ramadhan 1: Takjil Berbuka Puasa Puding Buah Naga"

Berlangganan via Email