Rentan Menular, Ternyata 70% Pasien Corona di Sumsel adalah OTG

Bangmamad.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meminta masyarakat untuk menaati anjuran pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus corona. Hal ini dilakukan lantaran 70 persen kasus corona di Sumsel dialami orang tanpa gejala (OTG).

sumber: sumatera.bisnis.com

Juru Bicara Gugus Tugas Sumsel, Yusri mengatakan, dari 129 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sumsel saat ini, 70 persennya berasal dari OTG.

Diduga mereka positif karena mempunyai riwayat kontak erat dengan orang positif sebelumnya.

"Kasus positif dari OTG ini merupakan hasil tracing petugas dari pasien kasus positif sebelumnya. OTG ini secara fisik kondisinya sehat dan baik-baik saja," kata Yusri, Selasa (28/4/2020).

Yusri menambahkan, apabila petugas kesehatan maupun gugus tugas tidak dapat menemukan orang yang menjalin kontak langsung dengan pasien positif, maka mereka dimungkinkan akan terus menjangkitkan virus itu ke masyarakat.

"Khawatir OTG ini akan terus menularkan virus dua sampai tiga minggu atau selama virus itu ada di tubuhnya," kata dia.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau agar terus menaati anjuran pemerintah seperti, selalu menggunakan masker saat keluar rumah, hindari keramaian dan usahakan tetap di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak.

"Kemudian rajin mencuci tangan, perkuat daya tahan tubuh karena meningkatkan imun adalah cara yang cukup baik, istirahat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh," katanya. (inews)

Post a Comment for "Rentan Menular, Ternyata 70% Pasien Corona di Sumsel adalah OTG"

Berlangganan via Email