Positif Covid di SUMBAR Melebihi angka 100

Pasien yang telah terkonfirmasi positif tertular virus corona baru (COVID-19) di Sumatera Barat (Sumbar) menembus angka 100. Total angka kasus positif COVID-19 di Sumbar per Minggu, 26 April 2020, ini adalah 102 orang.

Gambar ilustrasi
"Hari ini terjadi penambahan 5 orang warga Sumbar positif terinfeksi COVID-19. Total warga Sumbar yang telah terinfeksi COVID-19 sampai hari ini adalah 102 orang," ujar Jasman Rizal selaku Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sumbar kepada wartawan, Minggu (26/4/2020).

Tambahan 5 orang itu adalah 3 orang dari Kota Padang dan 2 orang dari Kabupaten Pesisir Selatan. Jasman menyebut kecenderungan penularan virus Corona di Sumbar saat ini berupa local transmission.

"Kecenderungan saat ini di Sumatera Barat, penyebab terinfeksinya bukan lagi hanya secara imported case atau kasus menimpa seseorang yang baru kembali dari luar negeri, namun juga telah menular secara local transmission atau penularan secara lokal atau di lokasi tempat pasien positif COVID-19 berada saat ini karena kontak dan berinteraksi dengan dengan orang yang terinfeksi sebelumnya," kata Jasman.

Hal itu disebabkan, antara lain, tidak menjaga physical distancing, tidak memakai masker, jarang cuci tangan, dan masih belum disiplin untuk selalu berada di rumah saja serta banyaknya melanggar protokol kesehatan lainnya yang dianjurkan pemerintah.


Lima warga yang baru dinyatakan positif terinfeksi tersebut paling tua lelaki berusia 69 tahun di Padang, sedangkan yang paling muda adalah anak perempuan berusia 6 tahun dari Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Dari total 102 orang yang positif terinfeksi, 20 orang sembuh, 11 orang meninggal dunia, 29 orang dirawat di berbagai rumah sakit, 23 orang isolasi mandiri di rumah, dan 19 orang lagi isolasi di berbagai pusat karantina. ( detiknews )

Post a Comment for "Positif Covid di SUMBAR Melebihi angka 100"

Berlangganan via Email