Penyakit Scabies Pada Anak, Berikut Tips Mengatasi dan Cara Pengobatannya

Bangmamad.com-Scabies adalah penyakit kulit yang dikarenakan oleh kutu Sarcoptes scabiei. Scabies pada anak bisa mengakibatkan kulitnya benar-benar gatal serta cedera karena digaruk. Penyakit ini gampang sekali menyebar serta perlu selekasnya diobati. 

sumber :https://www.healthline.com/
Kutu pemicu scabies atau kudis bisa menyebar bila berlangsung contact langsung dengan kulit pasien, tidur bersisihan dengan pasien, atau memakai baju serta handuk yang digunakan oleh pasien. Oleh karenanya, bila anak menanggung derita scabies, semua bagian keluarga harus juga dicheck serta diobati. 

Gejela Scabies
Tanda-tanda Scabies pada Anak Saat terjangkiti, kutu pemicu scabies akan masuk ke susunan kulit buat hidup serta bertumbuh biak. Kotoran, air liur, serta telur yang mereka meninggalkan di kulit akan memunculkan beberapa tanda-tanda alergi, misalnya: 

Gatal kronis yang umumnya lebih buruk saat malam hari atau sesudah mandi air panas. Bila digaruk, akan tercipta cedera serta keropeng, dan beresiko mengakibatkan infeksi bakteri di kulit. 

  • Bentol-bentol atau lepuhan pada kulit tempat kutu bersembunyi.
  • Kulit kemerahan serta ada ruam.
  • Kulit bersisik atau berkerak. 
  • Beberapa tanda-tanda itu akan ada 4-6 minggu sesudah kutu pemicu scabies menggempur kulit anak. 

Pada anak usia 2 tahun ke atas, bentol kecil scabies umumnya tampil di tangan, antara jari, pergelangan tangan, pinggang, paha, pusar, wilayah selangkangan, serta ketiak. Sedang pada anak di bawah umur 2 tahun, tonjolan umumnya tumbuh di kepala, leher, telapak tangan, serta telapak kaki. 

Menyembuhkan Scabies pada Anak Bila Si Kecil memperlihatkan tanda-tanda scabies, cepatlah bawa serta ke dokter buat jalani kontrol serta memperoleh penyembuhan scabies. 

Buat pastikan analisis, dokter akan lihat keadaan kulit Si Kecil buat temukan pertanda scabies. Jika memang perlu, dokter akan mengecek contoh kulitnya dengan mikroskop buat cari kutu scabies. 

Mengobati Scabies pada Anak
Bila Si Kecil telah dinyatakan menanggung derita scabies, dokter akan memberi resep obat berbentuk: 
  • Cream serta losion yang memiliki kandungan permethrin, lindane, sulfur, atau crotamiton. 
  • Obat antihistamin luntuk menolong memudahkan rasa gatal. 
  • Obat ivermectin buat scabies yang luas serta berat. 
  • Antibiotik buat menyembuhkan infeksi bakteri pada kulit Si Kecil. 
Penyembuhan scabies pada anak memerlukan waktu kira-kira 4-6 minggu, sampai penyakit ini pulih serta tanda-tandanya hilang. Oleh karenanya, Ayah serta Bunda perlu bersabar dalam menjaga anak dengan scabies, serta jangan hentikan penyembuhan tanpa ada saran dokter. 

Kecuali penyembuhan dari dokter, kerjakan beberapa langkah di bawah ini buat menangani scabies pada anak : 
  1. Kontrol kesemua orang yang tinggal serumah dengan anak ke dokter agar diobati. Ini buat menahan scabies kumat kembali. 
  2. Mandikan Si Kecil dalam tempo 8-12 jam sesudah dia diberi obat beri penghilang kutu. 
  3. Jangan memoleskan salep pada mata, hidung serta mulut Si Kecil, terkecuali bila disarankan oleh dokter. 
  4. Mandikan Si Kecil dengan air hangat. 
  5. Bersihkan baju, handuk, boneka, serta alas tidur dengan air panas (minimal pada temperatur 60°C) buat membunuh kutu serta telurnya. Buat beberapa barang yang tidak bisa dicuci, masukan ke freezer atau wadah kedap udara sepanjang beberapa waktu. 
  6. Setrika baju, alas tidur, serta handuk Si Kecil. 
  7. Jemur selimut, bantal, serta guling sepanjang beberapa waktu di bawah cahaya matahari buat mematikan kutu. 
  8. Potong kuku Si Kecil buat menahan infeksi yang dikarenakan oleh garukan. 

Bila Si Kecil masih berasa gatal sesudah obat scabies pada anak habis, atau Si Kecil kembali terserang scabies sesudah usai penyembuhan, kembalilah ke dokter buat memperoleh penyembuhan lagi. 

Post a Comment for "Penyakit Scabies Pada Anak, Berikut Tips Mengatasi dan Cara Pengobatannya"

Berlangganan via Email