Monggo: Ada Layanan Curhat Masyarakat Selama Corona

BM News - Kepala Staf Presiden, Moeldoko menyatakan pemerintah menyediakan layanan konsultasi psikologi bagi masyarakat selama pandemi Virus Corona yang dilabeli Sejiwa atau Sehat Jiwa.

Dia menyebut layanan ini didasarkan atas laporan Gugus Tugas Covid-19 bahwa 20 persen masalah pada masa pandemi merupakan persoalan kesehatan. Sementara, 80 persen sisanya ialah persoalan psikologi.

Ilustrasi: pemerintah menyediakan layanan konsultasi psikologi bagi masyarakat selama pandemi Virus Corona 

"Dengan demikian, jika masyarakat tak bisa menjaga psikologi mereka sendiri ada kecenderungan imunitas tubuh menurun. Akhirnya itu membuat seseorang yang terkena Covid melemah. Waspada perlu, namun takut hingga cemas dan stres jangan sampai terjadi," ujarnya, melalui jumpa pers di akun YouTube KSP, Rabu (29/4).

Menurutnya layanan Sejiwa ini, dapat diakses melalui hotline 119 ekstensi 8. Moeldoko menuturkan masyarakat dapat berbagi keluhan akibat stres selama pandemi Corona.

"Maka hari ini kita luncurkan layanan psikologi Sejiwa. Harapannya, masyarakat Indonesia bisa memiliki satu jiwa dan semangat yang sama untuk saling gotong royong melawan pandemi," ucap dia.

Menurut Moeldoko, tekanan selama masa pandemi itu juga memicu kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) hingga pelecehan seksual masih terus terjadi.

Dari data LBH APIK, selama 16-30 Maret 2020 terdapat 59 kasus kekerasan seperti perkosaan, pelecehan seksual, dan pornografi daring. Di antara kasus tersebut, 17 di antaranya adalah kasus KDRT.

Mantan Panglima TNI ini menuturkan tren kasus kekerasan selama pandemi Covid-19 tersebut juga terjadi di berbagai negara.

Merujuk keterangan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, pada 5 April, Moeldoko mengatakan peningkatan tekanan sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19 telah menyebabkan lonjakan kasus KDRT pada perempuan dan anak-anak.


"Di Prancis hingga sepertiga kasus dalam seminggu. Afsel ada 90 ribu kasus pengaduan KDRT. Australia menyatakan peningkatan pencarian online terkait layanan bantuan KDRT hingga 75 persen pasca-pandemi," katanya.(cnn)

Post a Comment for "Monggo: Ada Layanan Curhat Masyarakat Selama Corona"

Berlangganan via Email