Menderita Karena Romusha, Ini Bentuk Perlawanan Rakyat Indonesia Terhadap Jepang

Bang Mamad.Com -BM Squad, mungkin kalian lagi santai-santai aja di rumah akibat Corona?. Tapi belajar harus tetap jalan ya, karena sekolah dari rumah bukan liburan.

sumber : Grid.Id
Apa kalian sudah tahu apa penyebab pendudukan Jepang di Republik Indonesia? Dengan cara menarik simpati, Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah Indonesia Itu dilakukan dengan propaganda-propaganda yang dilakukan oleh Jepang terhadap bangsa Indonesia.

Ingat, cara Jepang ingin menjajajh kita adalah dengan seolah-oleh pahlawan bagi negara-negara Asia.

Padahal zaman penjajahan Jepang ini rakyat sangat kesusahan. Hal ini dikarenakan, mereka dipaksa untuk membuat parit, membuat jalan, membuat lapangan terbang, dan masih banyak lagi, mereka dipaksa oleh Jepang menjadi Romusha.

Pernah dengar istilah Romusha? Romusha artinya buruh atau pekerja. Ini merupakan sebutan pada saat Jepang menduduki Indonesia bagi orang-orang yang dipekerjakan secara paksa oleh Jepang .

Bagaimana respons masyarakat saat itu? Tentu saja melakukan perlawanan Squad.

Berbagai siasat disusun oleh Bangsa Indonesia untuk melawan Jepang.

Romusha benar-benar kejam bagi rakyat Indonesia, sedangkan hasilnya yang menikmati adalah Jepang.

Nah, berbagai strategi disusun melalui organisasi-organisasi yang dibentuk oleh Jepang, dan juga melalui gerakan-gerakan bawah tanah.

Bentuk perlawanan bangsa Indonesia saat itu berbeda-beda, akan tetapi tujuan dan cita-cita perjuangan mereka tetaplah sama, mencapai kemerkedaan Indonesia.

Beberapa wilayah yang dikuasai oleh Jepang dan mendapat perlawanan dari rakyat Indonesia diantaranya: 

1) Perlawanan di Aceh

Jepang menjadikan Aceh sebagai salah satu wilayah kekuasaan. Perlakuan sewenang-wenang dan romusha pada saat itu membuat rakyat Aceh sangat menderita.

Karenanya rakyat Aceh tak tahan dan pada 10 November 1942 terjadi penyerangan terhadap Jepang di Cot Plieng, penyerangan tersebut dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil yang merupakan seorang guru mengaji di Cot Plieng.

Cot Plieng dua kali ingin ditaklukkan oleh Jepang, dua-duanya pun berhasil digagalkan oleh rakyat Aceh dengan serangannya, dan berhasil memukul mundur Jepang ke daerah Lhokseumawe. 

Kemudian pada serangan ketiga, Jepang berhasil merebut Cot Plieng, dan Tengku Abdul Jalil harus gugur di tempat saat sedang beribadah. Kebencian rakyat pun semakin bertambah.

2) Perlawanan di Singaparna (Tasikmalaya)

Jepang juga berhasil menguasai daerah yang dulu bernama Singaparna atau sekarang Tasikmalaya. Pada masa itu, rakyat Singaparna dipaksa untuk mengikuti upacara Seikerei.

Upacara Seikerei merupakan upacara penghormatan kepada kaisar Jepang dengan cara membungkuk ke arah matahari terbit.

Akibat upacara tersebut masayarakat Singaparna merasa sangat dipermalukan dan dilecehkan. Perlakukan secara sewenang-wenang dan kasar oleh Jepang juga membuat masyarakat Singaparna menderita.

Menghadapi situasi tersebut, pada bulan Februari 1944, rakyat Singaparna melakukan perlawanan terhadap Jepang.

Kiai Zainal Mustofa menjadi pemimpin dari perlawanan ini. Akan tetapi Jepang berhasil menangkap Kiai Zainal Mustofa pada tanggal 25 Februari 1944, dan pada tanggal 25 Oktober 1944, Kiai Zainal harus menghentikan perjuangannya setelah beliau dihukum mati.


3) Perlawanan di Indramayu

Tahukah kamu Indramayu di Provinsi Mana? Pasti tahulah ya. Nah, ternyata sebagai tetangga Singaparna, Indramayu mendapatkan perlakuan yang sama oleh Jepang.

Masyarakat Indramayu menderita karena dipaksa menjadi romusha, bekerja di bawah tekanan dan diperlakukan secara sewenang-wenang.

Merasa tidak adil dan tertekan, masyarakat Indramayu juga melakukan perlawanan terhadap Jepang. Desa Kaplongan menjadi saksi pemberontakan terhadap Jepang  pada bulan April 1944.

Selanjutnya beberapa bulan kemudian, tepatnya tanggal 30 Juli 1944 terjadi pemberontakan di Desa Cidempet, Kecamatan Loh Bener. 

4) Perlawanan di Blitar (Pemberontakan PETA)

Nah peristiwa ini kalian tentu sering dengarkan ?. Perlawanan initerjadi di Blitar, Jawa Timur.

Pemberontakan yang dilakukan para tentara PETA (Pembela Tanah Air) di bawah pimpinan Supriyadi ini terjadi Pada tanggal 14 Februari 1945 terjadi. Dalam sejarah inilah pemberontakan terbesar pada masa pendudukan Jepang.

BM Squad, setelah membaca artikel di atas, silahkan kalian jawab beberapa pertanyaan di bawah ini :
  1. Bagaimana strategi yang dilakukan Jepang untuk menjajah Indonesia ?
  2. Mengapa terjadi pemberontakan di berbagai daerah terhadap Jepang?
  3. Apa pelajaran yang bisa diambil dari pendudukan Jepang terhadap Indonesia?
  4. Bagaimana pandanganmu terhadap penjajahan di era modern yang masih terjadi seperti di Palestina?
Silahkan jawab pertanyaan tersebut di buku latihan mu ya?. Selamat belajar. Malas-malasan yang kamu lakukan hari ini, akan berakibat pada masa depan mu. Meski situasi sulit harus tetap kreatif dan rajin belajar. (AHM)



49 comments for "Menderita Karena Romusha, Ini Bentuk Perlawanan Rakyat Indonesia Terhadap Jepang"

  1. 1.strategi yang dilakukan oleh Jepang untuk menjajah Indonesia dengan cara seolah olah menjadi pahlawan bagi negara² Asia dan juga menarik simpati rakyat,dan juga melakukan propaganda² terhadap Indonesia.
    2.karena pada masa penjajahan Jepang ini rakyat sangat kesusahan dan dikerja paksakan oleh Jepang (romusha) dan banyak dri berbagai pihak melakukan pemberontakan terhadap Jepang.

    ReplyDelete
  2. 1.strateginya dengan seolah olah pahlawan bagi negara negara di asia.2.karena rakyat merasa tertekn dan tersakiti oleh kerja paksa atau romusha yang dilakukan oleh jepang

    ReplyDelete
  3. 1.strateginya adalah dengan seolah olah menjadi pahlawan di beberapa negara.
    2.karna ketika masa penjajahan yg dilakukan jpg rakyat meresa ter tekan oleh romusha (kerja paksa)ini yg dilakukan oleh jpg

    ReplyDelete
  4. 1.dengan seolah-olah pahlawan bagi negara-negara Asia dan dengan menarik simpati Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah di Indonesia dengan propaganda-propaganda yg dilakukan Jepang terhadap bangsa Indonesia
    3. Kita jangan gampang percaya terhadap kebaikan atau simpati yg terlalu berlebihan karena itu bisa membuat kita terlena

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  6. M,FATIH HUSAIN 8 PUTRA 3
    1.strategi jepang menjajah adalah yaitu dengan seolah mereka pahlawan bagi negara negara asia dengan propaganda propaganda yang menarik sehingga ia berhasil menguasai negara negara asia 2.karena ketika masa penjajahan romusha yg dilakukan oleh jepang membuat rakyat merasa tidak adil dan tertekan oleh kerja paksa yg dilakukan oleh jepang terhadap rakyat.

    ReplyDelete
  7. 1.dgn cara menarik simpati,akhirnya jepang berhasil,menguasai beberapa daerah wilayah indonesia dgn propaganda dgn seolah olah pahlawan bagi negra2 asia sehingga mereka dipaksa membuat jalan,lapangan udara,parit dgn sebutan romusha dan bentuk perlawanan bangsa indonesia
    Saat itu berbeda2 akan tetapi tujuan dan cita2 perjuangan merela tetap lqh sam mencapai kemerdekaan indonesia

    2.karna ketila masa penjajahan (romusha) rakyat indonesia tertekan dan tersakiti maaka dari itu banyak pihak yg mengusulkan untuk melakukan pemberontakakn akibat dari jepang yg berhasi dari menguasai beberapah daerah di indonesia
    ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhammad raffy farza
      8 putra 2

      Yg diatas jawabannya yg tulisannya ada uknown

      Delete
    2. MUHAMMAD YASIN AL GHIFARI. 8pa1
      1.menarik simpati rakyat dengan mengaku sebagai pahlawan karena berhasil
      mengusir belanda dari indonesia.
      2.karena rakyat pribumi muak mendapatkan penyiksaan dan dijadikan pekerja
      paksa [romusha] yang ditelantarkan begitu saja.

      Delete
  8. 1.Dengan cara menarik simpati (seolah-olah menjadi pahlawan bagi negara-negara asia)
    4.saya sangat tidak setuju dan mengecam keras karena pada prinsipnya penjajahan tersebut tidak hanya berupa penindasan secara fisik (agresi/serangan militer) terhadap kaum sipil tetapi mereka juga melakukan penjajahan secara,ekonomi, sosial,dan budaya yang sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan (hayat hidup bangsa palestina) yg secara undang-undang dilindungi dan diakui secara internasional.

    ReplyDelete
  9. Nama : M. Ahnaf Syafiq
    Kelas: VIII PA II
    1. Dengan cara seolah olah menjadi pahlawan bagi negara Indonesia dan dengan menarik simpati negara Indonesia.
    2. Karena rakyat Indonesia saat sangat kesusahan, akibat suatu kerja paksa yang dibentuk oleh Jepang,yaitu Romusha. Romusha sangatlah kejam dan yang menikmati hasilnya sebagian besar tidak lain hanyalah Jepang sendiri. Sehingga Indonesia melakukan perlawanan serta pemberontakan agar terlepas dari romusha yang membuat rakyat sengsara.

    ReplyDelete
  10. 1.Melakukan propaganda,Membuat program seolah olah bahwa program itu membantu indonesia,Menarik simpati (sebagai pahlawan)
    4.Tentunya lebih berbahaya dan lebih Keras daripada penjajahan Masa lampau,Mengapa? Karna Zaman sekarang(modern) sudah memiliki senjata yg lebih kuat dan canggih seperti rudal missile DLL.sehingga membuat negara yg terjajah PASTI sangat sensara seperti PALESTINA

    ReplyDelete
  11. Afif rasya 8pa1
    11 April 2020 at 09:58:00 GMT+7
    (1).strateginya adalah dengan seolah olah pahlawan bagi negara-negara di asia.(2).karena rakyat merasa tertekan dan tersakiti oleh kerja paksa atau romusha yang dilakukan oleh jepang.

    ReplyDelete
  12. 1. menarik simpati rakyat Indonesia dengan pura2 menjadi penolong/pahlawan bagi rakyat Indonesia
    2.karena rakyat Indonesia sangattersiksa dengan adanya romusha dan membuat rakyat Indonesia melakukan perlawanan ke Jepang
    IBNU SINA .R. AL KHUSNI
    8pa3

    ReplyDelete
  13. Alfi Ahmad Halim
    8 PA III

    1.Mengapa terjadi pemberontakan di berbagai daerah terhadap Jepang?
    JAWAB:
    pemberontakan diberbagai daerah terhadap penjajahan jepang terjadi karena kebijakan- kebijakan yang di buat jepang menyebabkan penderitaan yang dialami rakyat pribumi baik secara mental maupun harta bahkan sampai menyebabkan kematian.kebijakan-kebijakan jepang itu antara lain; 1. kerja paksa(romusha), 2. perampasan hasil pertanian, 3. perlakuan rasial seperti yang di alami oleh tentara PETA.

    2. Bagaimana pandanganmu terhadap penjajahan di era modern yang masih terjadi seperti di Palestina?

    JAWAB
    menurut pandangan saya terhadap penjajahan di era modern yang terjadi di Palestina sangat-sangat tidak setuju karena hal ini bertentangan hak asasi manusia(HAM) yang telah di tetapkan oleh PBB dimana dikatakan mengenai kewajiban pemberian kemerdekaan pada negara-neraga dan bangsa yang terjajah serta pemberian hak dalam menentukan nasib sendiri dan menyerahkan segala kekuasaan kepada bangsa penduduk asli dari wilayah jajahan itu tanpa syarat apa pun dan tanpa memandang perbedaan bangsa, agama, dan warna kulit. maka kita sebagai muslim harus bersatu membangun solidaritas untuk memberi dukungan saudara seiman di Palestina baik secara moral maupun material.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Mc. Kenzy wijaya amri 8pa3

    1. Seolah-olah sebagai pahlawan
    bagi negara-negara ASIA.

    2. Karena tidak terima atas
    perlakuan jepang terhadap
    Indonesia dengan adanya romusa.

    ReplyDelete
  16. Muhammad Raihan 8A2
    1.dengan seolah-olah pahlawan bagi negara-negara Asia dan dengan menarik simpati Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah di Indonesia dengan propaganda-propaganda yg dilakukan Jepang terhadap bangsa Indonesia

    2.Pemberontakan diberbagai daerah terhadap penjajahan jepang terjadi karena kebijakan- kebijakan yang di buat jepang menyebabkan penderitaan yang dialami rakyat pribumi baik secara mental maupun harta bahkan sampai menyebabkan kematian.kebijakan-kebijakan jepang itu antara lain;kerja paksa(romusha),perampasan hasil pertanian,perlakuan rasial seperti yang di alami oleh tentara PETA.

    ReplyDelete
  17. Rafiki ahmad surya 8 pa 3

    Jawab:
    1.dengan cara berpura pura menjadi pahlawan negara Asia
    2.karena merasa tertekan terhadap perlakuan Jepang kepada rakyat Indonesia

    ReplyDelete
  18. Ilham saputra
    8pa1

    1.Strategi yg dilakukan oleh jepang
    untuk menjajah indonesia dgn cara
    Seolah olah menjadi pahlawan bagi
    Negara2 asia dan juga menarik simpati
    Rakyat dan juga melakukan propaganda2
    Terhadap indonesia .
    2.Karena pada masa penjajahan jepang
    Ini rakyat sangat kesusahan dan
    Dikerja paksakan oleh jepang
    (Romusha) dan banyak dari berbagai
    Pihak melakukan pemberotakan terhadap
    Indonesia .

    ReplyDelete
  19. 2.jepang menguasai dengan cara simpati,dilakukan dengan propaganda²,dan dengan cara seolah-olah pahlawan negara asia
    4.karena rakyat merasa tersiksa atas kerja paksa atau romusa yang dilakukan oleh jepang

    ReplyDelete









  20. nama:maalik ikraam madany
    kelas:8pa1
    jawaban:

    1.Dengan cara menarik simpati, Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah Indonesia Itu dilakukan dengan propaganda-propaganda yang dilakukan oleh Jepang terhadap bangsa Indonesia.cara Jepang ingin menjajajh kita adalah dengan seolah-oleh pahlawan bagi negara-negara Asia.

    3.-A. kita sebagai warga negara tidak menerima negara lain yang mengaku
    untuk membantu kita dalam kesulitan tampa alasan tertentu yang
    meyakinnkan
    -B. memperkuat daerah perbatasan sehingga negara asing tidak keluar
    masuk kawasan semaunya

    - C. kita dapat bersatu meski berbeda-beda suku , agama, dan bahasa


    ReplyDelete
  21. 1.strategi yang dilakukan oleh Jepang untuk menjajah Indonesia dengan cara seolah-olah menjadi pahlawan bagi negara-negara Asia dan juga menarik simpati rakyat dan juga melakukan propoganda2 terhadap Indonesia. 2.pemberontakan di berbagai daerah terhadap penjajahan Jepang terjadi karena kebijakan-kebijakan yang di buat jepang menyebabkan penderitaan yang di alami rakyat pribumi baik secara mental maupun harta bahkan sampai menyebabkan kematian.Kebijakan-kebijakan Jepang itu antara lain;kerja paksa (Romusha),perampasan hasil pertanian,perlakuan rasial seperti yang di alami oleh tentara PETA.

    ReplyDelete
  22. 1.dengan seolah-olah pahlawan bagi negara-negara Asia dan dengan menarik simpati Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah di Indonesia dengan propaganda-propaganda yg dilakukan Jepang terhadap bangsa Indonesia

    2.Karena rakyat Indonesia saat sangat kesusahan, akibat suatu kerja paksa yang dibentuk oleh Jepang,yaitu Romusha. Romusha sangatlah kejam dan yang menikmati hasilnya sebagian besar tidak lain hanyalah Jepang sendiri. Sehingga Indonesia melakukan perlawanan serta pemberontakan agar terlepas dari romusha yang membuat rakyat sengsara.

    4.Tentunya lebih berbahaya dan lebih Keras daripada penjajahan Masa lampau,Mengapa? Karna Zaman sekarang(modern) sudah memiliki senjata yg lebih kuat dan canggih seperti rudal misil dsb.sehingga membuat negara yg terjajah PASTI sangat sensara seperti Palestina

    3. Kita jangan gampang percaya terhadap kebaikan atau simpati yg terlalu berlebihan dan juga jangan mengambil simpati org hanya karena untuk merebut atau merampas milik org dg cara yg buruk

    ReplyDelete
  23. 1. Dengan cara seolah-oleh Jepang adalah pahlawan bagi negara-negara Asia terutama Indonesia.
    2. Karena pada zaman penjajahan Jepang rakyat Indonesia merasakan kesusahan,serta ketidak adilan dan sangat tidak berprikemanusiaan dengan memanfaatkan dan memaksa rakyat Indonesia menjadi Romusha.

    ReplyDelete
  24. Nama :Andheru Akbar
    Kelas :VIII PA III
    Jawaban:
    1.strategi yang dilakukan oleh Jepang untuk menjajah Indonesia dengan cara seolah olah menjadi pahlawan bagi negara-negara Asia dan juga menarik simpati rakyat,dan juga melakukan berbagai macam propaganda terhadap indonesia.
    2.pemberontakan di berbagai daerah terhadap penjajahan Jepang terjadi karena kebijakan-kebijakan yang di buat oleh jepang yang menyebabkan penderitaan yang di alami oleh rakyat pribumi secara fisik dan juga mental rakyat yang dikerjakan dan ada yang sampai mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: wijdan A.D 8pa1
      1.seolah olah menjadi pahlawan di asia dan menarik simpati rakyat indonesia
      2.menyebabkan penderitaan yang dislami oleh rakyat pribumi secara fisik dan juga mental rakyat yang dikerjakan dan ada yang sanpai mati

      Delete
  25. Nama: fahri mugra pasmah

    1:strategi yang digunakan jepang untuk menyerang indonesia dengan cara menarik simpatik masyarakat indonesia jepang jepang menguasai beberapa wilayah indonesia itu dilakukan pro paganda -propaganda
    Yang dilakukan olh jepang terhadp bangsa indonesia
    2:terjadinya pemberontakan diberbagai daerah terhadap jepang karna
    Perlakuan masyarakat jepang terhadap masyarakat indonesia yang dipaksa kerja romusha atu kerja dibawah tekanan dan diperlakukan secara kasar serta kejam dan sewenang wenang sedangkan hasilanya yg menikmati jepang dan itu yg membuat terjadiny konflik seperti aceh,tasikmalaya,indrmayu,dan blitar

    ReplyDelete
  26. Nama:hasbi
    Kelas:8 pa 2
    1.seolah olah menjadi pahlawan diasia dan menarik simpati ralyat indonesia
    2.perlakukan masyarakat jepang terhadap masyarakat indonesia yg dipajsa kerja romusha atau kerja di bawah tekanan dan diperlakukan yg kasar serta kejam dan sewenang wenang sedangkan hasilnya yg menikmati jepang dan itu membuat terjadinya konflik

    ReplyDelete
  27. Nabil Renovwal
    8pa2

    1.strategi yang digunakan jepang untuk menjadi menjajah indonesia yaitu dengan cara seolah olah menjadi pahlawan indonesia dan menarik simpati dari negara² asia,jepang mula nya mengambil hati rakyat indonesia,lalu melakukan propaganda² yang sangat merugikan indonesia

    2.Terjadinya pemberontakan di daerah karena rakyat indonesia merasa sangat kesusahan akibat suatu kerja paksa dan pemaksaan lainnya yang dibentuk oleh jepang.Romusha atau kerja paksa yang dilakukan oleh jepang kepada rakyat indonesia sangatlah kejam,mereka mengambil SDM kita,tetapi kita tidak mendapatkan apa² dari SDM yang kita beri,tidak sedikit rakyat indonesia yang meninggal karena romusha tersebut,karena itulah terjadi pemberontakan di indonesia

    ReplyDelete
  28. 1. Dengan cara seolah olah menjadi pahlawan bagi negara Indonesia dan dengan menarik simpati negara Indonesia
    2. Karena rakyat indonesia merasa sangat kesusahan akibat suatu kerja paksa dan pemaksaan lainnya yang dibentuk oleh jepang.Perlakukan masyarakat jepang terhadap masyarakat indonesia yg dipajsa kerja romusha atau kerja di bawah tekanan dan diperlakukan yg kasar serta kejam dan sewenang wenang sedangkan hasilnya yg menikmati jepang dan itu membuat terjadinya konflik yaitu sepeti Indra Mayu,Aceh,dan Blitar

    ReplyDelete
  29. Aditya r
    1.bangsa jepamg seolah" menjadi pahlawan di asia dan mereka ingin menarik simpati rakyat ind.
    2.karna ketika masa penjajahan tersebut yg dilakukan oleh jepang rakyat merasa tertekan terhadao penjajahan romusha(kerja paksa) yg dilakukan oleh jepang.

    ReplyDelete
  30. Farid rayhan
    1.seolah seolah mereka menjadi pahlawan di asia dan seolah seolah menarik simpati rakyat indonesia
    2.karena mereka merasa tertekan terhadap perlakuan orang jepang yaitu kepada rakyat indonesia

    ReplyDelete
  31. NAMA:Reyhan Akbar J
    KELAS:8pa2 Khartoum


    1.strategi yang dilakukan oleh jepang untuk menjajah indonesia denga cara seolah olah menjadi pahlawan di indonesia dan menarik simpati rakyat indonesia.
    2.karena rakyat indonesia merasa tertekan terhadap perlakuan jepang terhadap mereka.itulah yang menyebabkan konflik perlawanan di ACEH,SINGAPARNA,INDRA MAYU DAN BLITAR


    ReplyDelete
  32. Name: Syauqi Fathurrahman
    Kls:8pa 3

    Jawaban:1. Jepang menarik simpati
    Rakyat Indonesia,jadi seolah-olah
    Rakyat Indonesia menjadikan Jepang sebagai pahlawan

    3.perpecahan dapat menghancurkan kita,jadi bersatulah agar kita tetap teguh

    ReplyDelete
  33. 1.Bagaimana strategi yang dilakukan Jepang untuk menjajah Indonesia ?
    Jawab: Dengan cara menarik simpati, Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah Indonesia Itu dilakukan dengan propaganda-propaganda yang dilakukan oleh Jepang terhadap bangsa Indonesia.

    2. Mengapa terjadi pemberontakan di berbagai daerah terhadap Jepang?
    Jawab: karena mereka tidak mau lagi di jajah oleh jepang sehingga mereka membentuk perlawanan. Bentuk perlawanan bangsa Indonesia saat itu berbeda-beda, akan tetapi tujuan dan cita-cita perjuangan mereka tetaplah sama, mencapai kemerkedaan Indonesia.



    ReplyDelete
  34. Nama : Wajihah
    Kelas: VIII pa3

    1. Bagaimana strategi yang dilakukan Jepang untuk menjajah Indonesia ?
    Jawab: Dengan cara menarik simpati, Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah Indonesia Itu dilakukan dengan propaganda-propaganda yang dilakukan oleh Jepang terhadap bangsa Indonesia.

    2. Mengapa terjadi pemberontakan di berbagai daerah terhadap Jepang?
    Jawab: karena mereka tidak mau lagi di jajah oleh jepang sehingga mereka membentuk perlawanan. Bentuk perlawanan bangsa Indonesia saat itu berbeda-beda, akan tetapi tujuan dan cita-cita perjuangan mereka tetaplah sama, mencapai kemerkedaan Indonesia.

    ReplyDelete
  35. Nama : Wajihah
    Kelas: VIII pa3

    1. Bagaimana strategi yang dilakukan Jepang untuk menjajah Indonesia ?
    Jawab: Dengan cara menarik simpati, Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah Indonesia Itu dilakukan dengan propaganda-propaganda yang dilakukan oleh Jepang terhadap bangsa Indonesia.

    2. Mengapa terjadi pemberontakan di berbagai daerah terhadap Jepang?
    Jawab: karena mereka tidak mau lagi di jajah oleh jepang sehingga mereka membentuk perlawanan. Bentuk perlawanan bangsa Indonesia saat itu berbeda-beda, akan tetapi tujuan dan cita-cita perjuangan mereka tetaplah sama, mencapai kemerkedaan Indonesia.

    ReplyDelete
  36. 1.Msimpati rakyat dengan mengaku sebagai pahlawan,karena rakyat Indonesia berhasil mengusir Belanda dari negara Indonesia.
    2.karena rakyat pribumi bosan mendapat siksaan dan kerja paksa(Romusha),dan di telantarkan begitu saja.

    ReplyDelete
  37. Ilham Maulana 8pa3
    1.dengan cara seolah olah Jepang menjadi pahalawan negara Indonesia
    Dan menarik simpati warga negara Indonesia
    3.kita jangan mudah memberi simpati oleh seseorang,yg mungkin orang itu sangat meyakinkan

    ReplyDelete
  38. 1. Dgn cara menarik simpati bangsa indonesia dan seolah olah menjadi pahlawan bagi bangsa indonesia



    2.karena bangsa indonesia tdk mau lagi dijajah oleh bangsa lain karna sdh lama dijajah oleh belanda.

    Andhika w

    Aljazair

    8 pa3

    ReplyDelete
  39. NAMA=M.ZUHDAN MURTAQI
    KELAS 8pa1



    1.Dengan cara menarik simpati, Jepang berhasil menguasai beberapa wilayah Indonesia Itu dilakukan dengan propaganda-propaganda yang dilakukan oleh Jepang terhadap bangsa Indonesia.


    2.Padahal zaman penjajahan Jepang ini rakyat sangat kesusahan. Hal ini dikarenakan, mereka dipaksa untuk membuat parit, membuat jalan, membuat lapangan terbang, dan masih banyak lagi, mereka dipaksa oleh Jepang menjadi Romusha
    2.

    ReplyDelete
  40. 1 dengan cara menarik simpati menguasai wilayah Indonesia dipakukan dengan propaganda yg dilakukan oleh Jepang seolah olah pahlawan bagi negara negara Asia

    2Mreka dipaksa untuk membuat parit membuat jalan membuat lapangan terbang mereka dipaksa untuk romusha

    ReplyDelete
  41. 1 dengan cara menarik simpati menguasai wilayah Indonesia dipakukan dengan propaganda yg dilakukan oleh Jepang seolah olah pahlawan bagi negara negara Asia

    2Mreka dipaksa untuk membuat parit membuat jalan membuat lapangan terbang mereka dipaksa untuk romusha

    ReplyDelete
  42. 1 dengan cara menarik simpati menguasai wilayah Indonesia dipakukan dengan propaganda yg dilakukan oleh Jepang seolah olah pahlawan bagi negara negara Asia

    2Mreka dipaksa untuk membuat parit membuat jalan membuat lapangan terbang mereka dipaksa untuk romusha

    ReplyDelete
  43. 1 dengan cara menarik simpati menguasai wilayah Indonesia dipakukan dengan propaganda yg dilakukan oleh Jepang seolah olah pahlawan bagi negara negara Asia

    2Mreka dipaksa untuk membuat parit membuat jalan membuat lapangan terbang mereka dipaksa untuk romusha

    ReplyDelete
  44. 1 dengan cara menarik simpati menguasai wilayah Indonesia dipakukan dengan propaganda yg dilakukan oleh Jepang seolah olah pahlawan bagi negara negara Asia

    2Mreka dipaksa untuk membuat parit membuat jalan membuat lapangan terbang mereka dipaksa untuk romusha

    ReplyDelete
  45. 1.strategi yg dilakukan Jepang:seolah menjadi pahlawan bagi negar negara asia dan juga menarik simpati rakyat,dan menjadi program propaganda terhadap Indonesia
    3.kita tidak boleh mudah percaya kepada seseorang,yg mungkin hanya membodohi kita.

    DAFFA ANESTHA CANDRA
    KLS:8PA1
    ORANG KECE...

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email