Mau Diterima di Kampus Idaman seperti Maudy Ayunda? Simak Tipsnya

Bang Mamad.com, Jakarta-Maudy Ayunda bikin heboh dunia maya dengan kegalauannya untuk melanjutkan pendidikan Magister. Setelah lulus dengan predikat cumlaude dari Universitas Oxford, Maudy Ayunda siap melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Hebatnya, penyanyi yang satu ini diterima meneruskan pendidikan magister di dua universitas top dunia, yakni Harvard dan Standford. Untuk bisa diterima di universitas top, seperti Maudy Ayunda memang bukan hal yang mudah.

Selain harus memiliki latar belakang akademis yang baik, kamu juga harus memenuhi beberapa syarat. Bang Mamad telah merangkum tips ampuh dari Time Higher Education pada Selasa (5/3/2019) agar bisa diterima kuliah di universitas ternama.

sumber : Instagram Maudy Ayunda

1. Mendaftar
Tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar. Setiap tahun universitas top dunia sekelas Harvard, Oxford, Stanford, dan Cambridge mendapatkan banyak calon mahasiswa potensial untuk kuliah di sana.

Pastikan jurusan yang dipilih memang sesuai dengan yang diinginkan. Ketertarikan seseorang akan jurusan yang dipilih bisa dilihat dari cara orang tersebut mendaftar beserta esai yang dibuat.

2. Nilai yang bagus
Untuk diterima di universitas top dunia memang harus memiliki nilai yang bagus. Sebelum diterima, setiap calon mahasiswa akan dilihat latar belakang nilai ujian yang ia dapat dari bangku SMA dan beberapa tes tambahan dari tempat kursus.

Selain itu, beberapa universitas akan membutuhkan hasil tes tambahan, seperti ketergantungan obat, perilaku hukum yang baik dan tes penerimaan berpikir kritis. Hasil tes ini tidak akan menjadi acuan utama untuk menentukan diterima atau tidak.

Hasil tes nantinya akan dibandingkan dengan formulir pendaftaran yang diajukan. Jika hasilnya lebih rendah dari yang seharusnya, pihak selektor akan mempertanyakan dan kamu diwajibkan untuk menjawa dengan jelas.

3. Pengetahuan
Beberapa universitas top di Amerika sangat selektif dan mencari mahasiswa lebih dari sekedar nilai yang bagus.

Mereka mencari mahasiswa yang memiliki pengetahuan luas dan memiliki kemampuan di luar akademis yang bisa membuat pengalaman universitas menjadi berkembang.

Seperti keahlian di bidang olahraga, organisasi, lingkungan hidup, dan masih banyak lagi. Jika kamu memiliki prestasi unik di luar sekolah akan memberikan nilai tambah.

4. Menunjukkan ketertarikan pada universitas
Ketika sudah memilih jurusan yang ingin dituju di sebuah universitas top dunia, kamu harus meyakinkan selektor bahwa kamu benar-benar serius dan bersemangat untuk menjalani kuliah tersebut.

Keseriusan ini bisa ditunjukkan ketika sesi wawancara atau melalui esai yang biasanya dilampirkan pada formulir pendaftaran. (SS)

5. Kenali diri kamu sendiri
Sebelum mendaftar untuk masuk ke perguruan tinggi atau jurusan favorit dan bisa diterima di kampus impian, maka kamu harus benar-benar tahu mengenai diri kamu sendiri.

Maksudnya adalah kamu harus tahu apa tujuan dan ambisi yang dimiliki, apa passion kamu, apa yang ingin kamu capai, dan apa perubahan yang ingin kamu ciptakan di masa depan.

Fokuslah pada kekuatan yang kamu miliki untuk membantu kamu dalam memilih jurusan. Dengan begitu, kesempatanmu untuk diterima pun menjadi lebih besar. 

6. Membuat belajar jadi menyenangkan
Untuk bisa lolos dan diterima di kampus impian, tentunya kamu harus melalui tes masuk dan bersaing dengan siswa lain yang memiliki keinginan yang sama.

Maka, kamu harus bisa mulai bersahabat dengan belajar. Maudy sendiri mengaku sangat suka dengan belajar, lho.

“Aku cinta banget belajar dan sangat enjoy belajar. Aku merasa apapun yang kita pelajari, there’s no limit to anyone if they want to learn it. Jadi ada something very powerful about learning and absorbing yang aku suka banget,” jelas Maudy mengenai kesukaannya dengan belajar. (SS)

So itu tips buat kamu yang ingin sesukses si cantik Maudy Ayunda. Usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Selamat berjuang.

Post a Comment for "Mau Diterima di Kampus Idaman seperti Maudy Ayunda? Simak Tipsnya"

Berlangganan via Email