Makanan dan Minuman Ini, Buat Tubuh Tak Gampang Lemas Selama Puasa

BM News - Makanan dan tubuh yang fit adalah satu kesatuan. Itu mengapa kita harus betul-betul memerhatikan asupan makanan yang masuk selama puasa Ramadan, agar tubuh tidak mudah lemas.

Seperti yang diungkapkan ahli gizi dan Certified Nutrition Advisor dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Mochammad Rizal, bahwa mencukupi asupan makanan sehari-hari adalah kunci supaya tubuh tetap fit meskipun dalam keadaan tidak makan dan minum selama belasan jam.


Konsep Isi Piringku, Makanan Sehat untuk Daya Tahan Prima Selama Puasa (liputan6.com)
Ketika waktu buka puasa tiba, lanjut Rizal, usahakan mencukupi kebutuhan makan dengan prinsip gizi seimbang.

"Teman-teman bisa mencari kata kuncinya di Google dengan keyword (kata kunci) isi piringku. Kira-kira seperti itulah porsi makan yang ideal untuk kita konsumsi sehari-hari," kata Rizal.

Perhatikan Konsep Isi Piringku Selama Puasa Ramadan

Isi piringku tersebut terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, dan jangan lupakan sayur dan buah-buahan. Begitu juga saat sahur, terapkan lagi prinsip gizi seimbang dengan model isi piringku.

Sesudah makan malam dan salat tarawih, dapat melanjutkan dengan menyantap camilan. Rizal menyarankan untuk memilih camilan atau kudapan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein.

"Contohnya teman-teman bisa mencoba untuk mengonsumsi roti gandum bersama selai kacang, atau yoghurt, atau susu, atau bubur kacang hijau, dan makanan-makanan sejenisnya," ujarnya.

Kurangi Konsumsi Makanan Manis 

Makanan yang Terlalu Manis Dapat Membuat Tubuh Lebih Cepat Lemas

Selanjutnya, cara lain agar tubuh tidak mudah lemas selama Ramadan adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana, yaitu makanan dan minuman yang manis.

Menurut Rizal, karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh dengan cepat. Peningkatan kadar gula darah yang cepat, jelas Rizal, dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah yang cepat sehingga dapat membuat tubuh menjadi lemas.

"Gantilah karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat meningkatkan gula darah di tubuh kita secara perlahan dan lebih stabil dibandingkan dengan karbohidrat sederhana," ujarnya.

Karbohidrat kompleks ini bisa berupa roti gandum, oat, umbi-umbian, kentang, bahkan nasi putih pun tak masalah asal ditambahkan dengan sayur, lauk pauk, dan sedikit lemak.

Minum Air Putih di Saat Buka Puasa dan Sahur

Air Putih Adalah Hal Paling Penting Yang Harus Kita Komsumsi Ketika Berbuka dan Sahur
Setelah itu, penting juga mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari. Sebab, Rizal mengatakan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan tubuh menjadi gampang lemas dan tidak berenergi. Sehingga asupan air minum yang cukup sangat penting untuk diperhatikan.

"Setidaknya konsumsilah minimal delapan sampai 12 gelas air putih dalam sehari. Ini bisa dibagi mulai dari waktu berbuka tiba sampai menjelang waktu adzan Subuh tiba," katanya.

(liputan6.com)




Post a Comment for "Makanan dan Minuman Ini, Buat Tubuh Tak Gampang Lemas Selama Puasa"

Berlangganan via Email