Larangan Untuk Kendaraan Pribadi Tak Boleh Keluar Masuk Jabodetabek, Sudah di Mulai Hari Ini

Bangmamad.com - Kementrian Perhubungan dan Polri resmi melakukan penyekatan keluar dan masuk wilayah Jabodetabek per hari ini. Langkah ini menjadi bagian dari mencegat pemudik.

Dalam keterangan persnya pada Kamis (23/4), Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan rencana-rencana untuk memblokade pemudik yang ingin keluar dari Jabodetabek. Termasuk pada jalur mudik utama di Tol Cikampek.

Mobil Pribadi tak boleh keluar masuk wilayah jobodetabek 

"Termasuk yang di jalan tol, untuk yang di jalur A dari Jakarta sampai dengan ke Cikampek itu nanti ada tepatnya di Km 31 Cikarang Barat. Nanti di sana, memang ini kita terpaksa di main road karena keluar Jabotabek akan dibelokkan ke kiri masuk ke Karawang, kemudian kembali ke Jakarta," terang Budi.

"Skema ini untuk semua kendaraan pribadi sedan plat hitam itu tidak boleh keluar masuk wilayah PSBB, kemudian sepeda motor tadi saya lihat sepintas yang dari Jakarta sudah banyak yang keluar, besok (Jumat) sudah tidak adalah yang lewat di jalan nasional," lanjutnya dikutip dari CNBC.


Upaya pencegahan juga dilakukan di 'jalan tikus'. Bekerjasama dengan beberapa Polsek, petugas sudah disipakan untuk menutup jalan dan dilakukan pengawasan.

"Selain sepeda motor dilarang, angkutan umum dari arah Jateng kosong ke Jakarta harapan saya sudah tidak ada lagi," kata Budi.

Penutupan akses ini hanya terjadi bagi kendaraan yang akan keluar-masuk Jabodetabek. Sementara untuk kendaraan di dalam Jabodetabek masih dibuka atau tidak ada penyekatan.

"Penyekatan ini (keluar-masuk Jabodetabek) berlaku untuk angkutan penumpang dan sepeda motor, baik pribadi maupun umum. Sedangkan kendaraan seperti mobil truk sembako boleh lewat," Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo, mengungkapkan pada Antara.

"Pergerakan orang di dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi masih diperbolehkan," sambung Sambodo.(Detik.com)

Berlangganan via Email