Lahirnya Rasa Nasionalisme Melalui Kongres Pemuda dan Lahirnya Sumpah Pemuda

Jambi, Bangmamad.com - Squad, kali ini kita akan kembali mengingat masa lalu, bukan karena susah move on tapi peristiwa lampau perlu sekali untuk kita pelajari agar berguna bagi masa depan.

Oh ya squad, kondisi terkini penyebaran covid-19 benar-benar cukup mengkhawatirkan. Untuk itu, kegiatan aktivitas di luar tempat tinggal sebainya ditiadakan dan kita mengisolasi diri untuk memutus penyebaran virus ini.

FYI, bahwa sudah banyak masyarakat yang tertulas virus ini. Bahkan mungkin di sekitar tempat tinggal kita. Sekedar berbagi informasi, bahwa salah satu teman Bang Mamad sudah ada yang dinyatakan positif terkena virus covid -19.

Oh ya, untuk diketahui berdasarkan sumber WHO bahwa 80 % dari pasien positif Covid-19 itu tidak menunjukkan gejala yang berarti dan patut diwaspadai.

Kali ini kita akan membahas mengenai latar belakang munculnya Nasionalisme Indonesia terutama yang berasal dari kaum muda.

sumber : IDN Times


Waktu 92 tahun yang lalu tepatnya 28 Oktober 1928, berlangsung Kongres Pemuda dan kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya Sumpah Pemuda. 

Kongres ini merupakan salah satu bukti bahwa perjuangan pemuda dalam mengupayakan kemerdekaan telah berlangsung sebelum Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. 

Momentum diawal yang menjadi tanda bergeraknya kaum pemuda adalah dengan munculnya berbagai organisasi yang terbentuk oleh kalangan muda.

Apasaja organisasi tersebut, silahkan dibaca penjelasannya berikut ini !

Perhimpunan Indonesia hingga Tri Koro Darmo

Menurut catatab sejarah perhimpunan Indonesia telah dibentuk pada tahun 1908. Perhimpunan ini hanya sebatas perkumpulan mahasiswa Hindia yang melakukan studi di Belanda.

Saat para mahasiswa pulang ke Tanah Air, pemuda tersebut turut berpartisipasi penting dalam kemerdekaan Indonesia.

sumber : kompas.com

Mereka saat itu mulai menyadari akan tujuan bersama dan berupaya untuk mengurangi konflik karena adanya perbedaan suku bangsa dan agama.

Tokoh-tokoh besar pernah bersama bergabung menjadi anggota, seperti Tjipto Mangoenkoesoemo dan Soewardi Soerjaningrat (Ki Hajar Dewantara) pada 1913.

Selanjutnya, organisasi pemuda lain yang lahir yaitu Tri Koro Darmo. Organisasi ini merupakan perkumpulan yang didirikan oleh seseorang bernama Satiman yang menjadi motor pergerakan pemuda.

Organisasi ini  dijadikan salah satu wadah awal perhimpunan pemuda dan perkumpulan pelajar yang berdiri pada 7 Maret 1915. 

Sesuai namanya, maka organisasi ini mempunyai tiga tujuan yakni sakti, bukti, dan bakti. Mereka yang tergabung dalam Tri Koro Darmo tentunya adalah orang-orang yang menginginkan sebuah perubahan cara pandang pemuda dan kondisi yang terjadi di Nusantara saat itu. 

Meski demikian, karena adanya banyak desakan oleh berbagai pihak, nama organisasi akhirnya diganti menjadi Jong Java. Jong Java merupakan wadah perkumpulan pemuda baik dari Jawa, Madura, Bali, hingga Lombok bisa bergabung dengan gerakan ini. 

Nah menurut  catatan buku 45 Tahun Sumpah Pemuda (1974) yang diterbitkan oleh Museum Sumpah Pemuda,  Setelah keberadaan Jong Java inilah bermunculan banyak organisasi pemuda. 

Pada saat itu organisasi-organisasi itu sifatnya masih kesukuan, seperti Jong Batak, Jong Minahasa, dan Jong Celebes. Ada pula Sekar Rukun, Jong Ambon, Jong Islaminten Bon, Pemuda Kaum Betawi, Pemuda Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) serta masih banyak lainnya. 

Kongres Pemuda I 
Kongres Pemuda I Tahun 1926 | kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kongres pemuda I merupakan peristiwa penting lain dalam sejarah pergerakan pemuda. Kongres Pemuda I merupakan proses penyatuan tekad pemuda dalam sebuah momentum pada 30 April hingga 2 Mei 1926. 

Saat itu, para kaum muda mulai timbul kesadaran bahwa perjuangan mereka memerlukan persatuan dari semua pihak. 

Kongres ini akhirnya melahirkan gagasan penggunaan Bahasa Melayu menjadi bahasa persatuan. Tokoh dari gagasan ini adalah Muhammad Yamin yang waktu itu aktif serta menjadi pemimpin organisasi Jong Sumatranen Bond. 

Melalui pidatonya, Kemungkinan Bahasa-bahasa dan Kesusastraan di Masa Mendatang, Yamin "menyodorkan" bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan.

"Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa bahasa Melayu lambat laun akan menjadi bahasa pergaulan dan bahasa persatuan yang ditentukan untuk orang Indonesia. Dan kebudayaan Indonesia masa depan akan mendapatkan pengungkapannya dalam bahasa itu," Begitulah pidato Muhammad Yamin, bersumber dari buku Cendekiawan dan kekuasaan dalam negara Orde Baru (2003). 

Namun, ternyata orasi dan gagasan berupa ceramah-ceramah yang diberikan dalam kongres masih belum berbuah hasil. Ini karena masih banyaknya egoisme kedaerahan dan kesukuan yang saat itu masih kental dari setiap peserta. 

Kongres Pemuda II 

sumber : Kongres Pemuda II" gurupendidikan.co.id

Kemudian akhirnya para pemuda menyadari akan egosime kedaerah dan kesukuan itu tidaklah berguna. Selanjutnya para pemuda kemudian melaksanakan Kongres Pemuda II yang berlangsung pada 27 sampai dengan 28 Oktober 1928.

Pemikiran para pemuda dari berbagai daerah disatukan dalam kongres ini menjadi satu tujuan bersama yakni berjuang melawan penjajahan. 

Kongres bersejarah yang berlangsung selama dua hari tersebut akhirnya melahirkan sebuah deklarasi yang dikenang sampai sekarang. Tokoh yang berjasa atas perumusan deklarasi tersebut adalah Muhammad Yamin. 

Ketika kongres sedang berlangsung, Yamin menuliskan gagasan "Sumpah Pemuda" tersebut dalam selembar kertas.

Menurut catatan sejarah kertas itu selanjutnya dia berikan kepada Soegondo Djojopoespito, yang saat itu menjabat Ketua Kongres. 

"Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya punya rumusan resolusi yang elegan)," kata Yamin kepada Soegondo, disadur dari buku Mengenang Mahaputra Prof. Mr. H. Muhammad Yamin Pahlawan Nasional RI (2003). 

Deklarasi ini bernama Sumpah Pemuda lahir setelah para peserta bersepakat bersama akan pentingnya persatuan pemuda. 

Untuk informasi istilah Sumpah Pemuda itu sendiri sebenarnya tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya, berikut isinya: 

Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia 

Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Nah, besar sekalikan peran pemuda dalam munculnya kesadaran Nasionalisme Indonesia. Semangat itu harus kita jaga dan kita sematkan hati kita saat ini. (ahm)

Bagi yang belum menyelesaikan tugas pekan lalu silahkan baca dan komentar ya: Menderita Karena Romusha, Ini Bentuk Perlawanan Rakyat Indonesia Terhadap Jepang

47 comments for "Lahirnya Rasa Nasionalisme Melalui Kongres Pemuda dan Lahirnya Sumpah Pemuda"

  1. Apa momentum awal yang menandakan kaum pemuda telah bergerak untuk memperjuangkan kemerdekaan?

    Nama : M. Ahnaf Syafiq
    Kelas: 8 PA 2

    ReplyDelete
  2. Nama=M.Bagas perdana
    Kelas=8pa2
    Apakah pemuda telah bergerak untuk memperjuangkan kemerdekaan

    ReplyDelete
  3. Mengapa gagasan penggunaan bahasa Melayu diganti dengan bahasa persatuan?
    Nama : M. Luthfi Al farisi Gunawan
    Kelas: 8pa3

    ReplyDelete
  4. Rafiki ahmad surya 8pa3

    Mengapa bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan

    ReplyDelete
  5. Nama : Alfi Akhmad Halim
    Kelas: 8PA3


    Kemerdekaan Sudah bangsa Indonesia proklamirkan sejak 74 tahun yg lalu.
    Apakah menurut kalian masyarakat Indonesia saat ini sudah merasakan kemerdekaan secara sejati, baik di bidang ekonomi,sosial, Kesesehatan,dan pendidikan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa momentum awal yang menandakan kaum pemuda telah bergerak untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?

      Delete
  6. Nama: maalik Ikraam madany
    Kelas:8 Jeddah

    Apakah yang sepatutnya dilakukan
    para pemuda milenial dikala masa pandemi Corona ini?

    ReplyDelete
  7. NAMA:Reyhan Akbar J
    KELAS:8pa2 Khartoum


    Apa yang dilakukan organisasi pemuda Tri Koro Darmo untuk mengurangi konflik karena adanya perbedaan suku bangsa dan agama?

    ReplyDelete

  8. Apa momentum awal yang menandakan kaum pemuda telah bergerak untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?

    ReplyDelete
  9. Apakah bahasa yang kita gunakan ini adalah bahasa Melayu?,jika tidak atas alasan apakah Muhammad Yamin yakin seyakin yakinnya bahwa bahasa Melayu adalah bahasa per satuan ?

    NAMA:DIANDRA
    KLS :8 PA 3

    ✓✓HADIR✓✓✓

    ReplyDelete
  10. NAMA:M.fatih husain
    KELAS:8 PA 3

    Assalammualaikum..wrb
    ana akan berkomentar

    Mengapa kongres ke 1 melahirkan gagasan penggunaan bahasa melayu menjadi bahasa persatuan.

    ReplyDelete
  11. Nama : Muhammad fadlan
    Kelas: 8putra²
    Tokoh yang berjasa atas perumusan deklarasi tersebut adalah?

    ReplyDelete
  12. Muhammad Raffy Farza
    8 putra 2


    Apa tujuan dari organisasi pemuda lain yang lahir yaitu Tri Koro Darmo. yang didirikan oleh seseorang bernama Satiman yang menjadi motor pergerakan pemuda?.

    ReplyDelete
  13. Nama=M.zuhdan murtaqi
    Kls=8pa1 jeddah


    Siapa yang menulis sumpah pemuda?

    ReplyDelete
  14. NAMA=M.ZUHDAN MURTAQI
    KELAS=8PA1 JEDDAH


    SIAPA YANG MENULIS SUMPAH PEMUDA?

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Di mana kongres pemuda pertama di selenggarakan dan tempatnya ?

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Kelas:8pa3 Aljazair

    Apa saja nilai-nilai penting yang terkandung dalam sumpah pemuda

    ReplyDelete
  19. Raihan Aditya Laksana 8 Pa 3
    Mengapa bangsa Indonesia Saat Itu Menetapkan Bahwa Bahasa Melayu Merupakan Bahasa Persatuan

    ReplyDelete
  20. Nama:m.hudaifi
    Kelas:8 pa 1
    Apa saja nilai nilai penting terkandung dalam sumpah pemuda

    ReplyDelete
  21. Nama:syauqi fathurrahman
    Kls: 8 Poetra 3

    Pertanyaan: apa arti dari TRI KORO DARMO?

    ReplyDelete
  22. muhammad ikhwan
    8 pa 3

    Bagaimana cara kita melatih semangat nasionalisme seperti org terdahulu?

    ReplyDelete
  23. ulul azmi 8 pa 1
    bagaimana caranya melatih para pemuda pemuda untuk mengamal kan sumpah pemuda untuk saat ini

    ReplyDelete
  24. Nama: Wajihah
    Kelas: VIII pa3

    1. Apa yang bisa kta ambil pelajaran dari kongres pemuda I dan kongres pemuda II?

    ReplyDelete
  25. Nama:wijdan Aditya dewandi
    Kelas :8 pa 1
    Mengapa kongres sumpah pemuda menjadi pembangkit semangat bangsa Indonesia dalam perjuangan mengusir para penjajah

    ReplyDelete
  26. Muhammad Ariq
    8pa3
    Aljazair

    "Mengapa pemuda indonesia pd zaman tersebut melakukan kongres pemuda hingga dilakukan dua kali?"

    ReplyDelete
  27. Siapakah Tokoh yang berjasa atas perumusan deklarasi tersebut?

    Tahun berapa kongres pemuda 2 didirikan?

    ReplyDelete
  28. Muhammad Raihan
    8pa2

    Apa yang membuat semangat pemuda berkobar dalam mempersatukan bangsa?

    ReplyDelete
  29. Mc. Kenzy wijaya amri
    8pa3

    Pelajaran apa yang dapat kita
    ambil dari kongres pemuda I & II

    ReplyDelete
  30. Pada tahun bulan berapa berlangsungnya kongres pemuda ?

    Fahri nugra pasmah

    ReplyDelete
  31. Nama:andre
    Kelas:8pa1
    Bahasa apa yang di gunakan ketika kongres pemuda 1

    ReplyDelete
  32. Nama:Kresna
    Kelas:8 pa 2
    Apa yang mendorong peristiwa kongres pemuda tersebut

    ReplyDelete
  33. Nama :Andheru Akbar
    Kelas :VIII PA III

    Apa Maksud Dan Tujuan Muhammad Yamin pada Kongres pertama mengeluarkan gagasan penggunaan Bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  35. Nama: Abimanyu P.S
    Kelas : VIII PA III

    Bagaimana langkah-langkah menyalakan semangat sumpah pemuda di era milenial ?

    ReplyDelete
  36. Apakah yang sepatutnya dilakukan
    para pemuda milenial dikala masa pandemi Corona ini?

    ReplyDelete
  37. Sebutkan dua tokoh yg pernah bergabung menjadi anggota perhimpunan Indonesia?

    ReplyDelete
  38. Nama:M.Al-Habib Afrijon
    Kelas:8pa2
    Sebutkan gagasan yang dihasilkan oleh kongres pemuda satu

    ReplyDelete
  39. Ilham Maulana 8pa3
    Di mana tempat berlangsung nya kongres pemuda II

    ReplyDelete
  40. IBNU SINA
    8pa3

    Bagaimana cara menumbuhkan rasa nasionalisme pemuda pada saat ini ?

    ReplyDelete
  41. IBNU SINA
    8pa3

    Bagaimana cara menumbuhkan rasa nasionalisme pemuda pada saat ini ?

    ReplyDelete
  42. Nabil Renovwal
    8 pa 2

    Menurut ustad,apakah pemuda jaman sekarang sudah menurun rasa nasionalismenya?

    ReplyDelete
  43. Ahmad fakhri jabbar
    8 pa 3

    Apa yang membuat mohd yamin yakin bahwa bahasa melayu akan menjadi bahasa peesatuan dan pergaulan?, Dan kenapa bukan bahasa lain?

    ReplyDelete
  44. Farid Rayhan (Jeddah)
    Kenapa bahasa Melayu.. di jadikan bahasa persatuan ?!

    ReplyDelete
  45. M.Yasin Al-Ghifari
    VIII Pa 1
    assalamualaikum...
    Apakah Bahasa Indonesia adalah bahasa melayu yang diubah?

    ReplyDelete
  46. Daffa Anestha candra
    Kls:8pa 1

    Apa momentum awal yang menjaditanda bergerak nya sumpah pemuda?

    ReplyDelete

Post a Comment

Berlangganan via Email