KRL Tidak Tutup Saat PSBB, Ujar DPR: Pedoman Dari Permenkes

Bangmamad.com - Wakil Ketua Komisi V DPR, Nurhayati Monoarfa mengatakan, kereta api listrik (KRL) commuterline harus tetap ada selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Sumber: Stasiun Cikarang

Hanya saja operasional KRL harus dibatasi, baik dari sisi jam operasinya hingga penumpangnya dalam rangka physical distancing untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 telah diatur bahwasanya untuk angkutan penumpang umum (termasuk KA) tetap harus tersedia, itu pedoman dari Permenkes itu sendiri. Yang di pesankan hanya jaga jarak dan tentunya dengan cara mengatur jam operasional," di kutip dari, Nurhayati, Jakarta, Sabtu, 18 April 2020.

Nurhayati meyakini pemerintah telah memertimbangkan berbagai aspek sebelum menerapkan PSBB. "Yang saat ini sulit untuk disinkronkan adalah antara supply side dan demand side, karena masih cukup banyak perkantoran dan sektor industri yang dikecualikan dalam PSBB, belum lagi sektor informal," terangnya.

"Pekerja ini harus disiapkan transportasinya, antara lain KA/KRL dan perhubungan karena Undang-undang wajib menyediakannya tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan antara lain physical distancing," sambung Nurhayati.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak akan menyetop kereta rel listrik (KRL) commuterline selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Jabodetabek.

Kemenhub memastikan KRL commuterline di Jabodetabek tetap beroperasi namun dengan pembatasan. Kebijakan ini akan dievaluasi secara berkala.

"Sampai hari ini itu yang jadi keputusan. Tentunya akan terus dilakukan evaluasi," ujar Juru Bicara Kemenhub, di kutip dari, Adita Irawati.

Usulan penghentian sementara KRL commuterline salah satunya datang dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Kendati telah diberlakukan PSBB, penumpang KRL justru tetap memadati moda transportasi massal itu. Kondisi seperti ini berpotensi besar terjadinya penularan virus corona atau Covid-19.(okezone.com)

Post a Comment for "KRL Tidak Tutup Saat PSBB, Ujar DPR: Pedoman Dari Permenkes"

Berlangganan via Email