Jangan Sampai Ketinggalan Pendaftaran Gelombang II Kartu Prakerja Dibuka Hari Ini

Bangmamad.com -  Pendaftaran gelombang II (gelombang dua) program Kartu Prakerja dibuka pada hari ini, Senin (20/4/2020). Sebelumnya, pendaftaran gelombang I telah berlangsung pada 11-16 April 2020 dengan kuota sekitar 200.000 orang.

sumber : prakerja.go.id

Pemerintah menargetkan ada 30 gelombang pelaksanaan pendaftaran Kartu Prakerja hingga akhir tahun 2020. Adapun pendaftaran program pemerintah berupa uang pelatihan dan intensif ini dapat dilakukan secara online melalui laman www.prakerja.go.id. 

Apa saja yang perlu diketahui soal Kartu Prakerja?

Berikut frequently asked question (FAQ) seputar Kartu Prakerja dikutip dari laman resmi prakerja.go.id: Tanya Jawab Seputar Prakerja

Apa itu Kartu Prakerja? 

Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

Perlu digarisbawahi, Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, program ini bukan bertujuan untuk menggaji pengangguran. 

Siapa yang bisa mendapatkan manfaat Kartu Prakerja?

Syarat utama mendaftar adalah WNI usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah/kuliah. Awalnya, program ini diprioritaskan untuk pengangguran muda. 

Namun, merespons situasi Covid-19, program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak wabah virus corona. 

Program ini tidak terbatas untuk pengangguran saja orang yang sudah bekerja, karyawan, dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja. 

Bagaimana cara daftar akun? 

Pendaftaran Kartu Prakerja dapat dilakukan di laman prakerja.go.id. Untuk mendaftarkan akun, dibutuhkan alamat e-mail aktif dan membuat password terlebih dahulu.

Setelah itu pendaftar akan menerima kode verifikasi dan bisa melakukan pengisian data yang tersedia dengan benar.

Apakah harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?

Setiap pendaftar harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran. 

Setiap gelombang mempunyai kuota untuk area dan periode tertentu. Untuk mengecek gelombang yang masih terbuka bisa dilihat di dashboard akun. Jika gelombang saat ini penuh, pendaftar dapat mengikuti seleksi periode gelombang berikutnya.

Di setiap gelombang yang dipilih, pendaftar akan menerima notifikasi apakah lolos atau tidak di dashboard akun.

Seperti apa tesnya?

Tes bertujuan mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki pendaftar. Dalam tes ini, akan diujikan sebanyak 19 soal dengan waktu maksimal 25 menit. Tes berupa pengoperasian matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan nonsastra. 

Soal numerik berupa penjumlahan, pengurangan, penjumlahan pecahan, dan soal logika. Selain itu, juga akan muncul pertanyaan seputar motivasi mengikuti tes. 

Jika gagal atau tidak lolos seleksi gelombang apakah harus ulang lagi pendaftaran? 

Tidak, jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, pendaftar dapat mengikuti seleksi periode gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal. 

Jika lolos, apa yang didapatkan? 

Jika pendaftar lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, untuk anggaran tahun 2020 pendaftar akan menerima bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. 

Pendaftar dapat menggunakan pagu Kartu Prakerja hanya di Platform Digital Mitra yang telah ditunjuk pemerintah. 

Pendaftar bisa memilih beragam jenis pelatihan, dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. 

Pelatihan yang bisa dipilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain. 

Ada insentif pasca-pelatihan, apa itu?

Insentif hanya diberikan kepada pemegang sah Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan pertama.  Insentif terdiri dari dua, yaitu: Insentif Pelatihan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp. 600.000 per bulan (selama 4 bulan) Insentif Survei Kebekerjaan, yang besarannya untuk anggaran tahun 2020 adalah Rp 50.000 per survei. Rencananya, akan ada tiga survei.

Kapan bisa mendapatkan insentif? 

Jika pendaftar lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, pendaftar akan menerima insentif pelatihan jika: 

1. Telah menyelesaikan pelatihan. 

2. Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya. 

3. Telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan. 

4. Telah memberikan penilaian Lembaga Pelatihan. Insentif survei diterima jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas program Kartu Prakerja. (kompas)

Post a Comment for "Jangan Sampai Ketinggalan Pendaftaran Gelombang II Kartu Prakerja Dibuka Hari Ini"

Berlangganan via Email