Inilah Tips dan Rekomendasi Terbaik Bagi Anda yang Akan Investasi Emas

Bangmamad.com-Saat ini ada dua jenis emas yang banyak dibeli masyarakat seperti emas perhiasan dan emas batangan. Berikut hal-hal yang perlu diketahui sebelum investasi emas. Ada banyak alasan mengapa emas layak dijadikan sebagai aset investasi. 

gambar : katadata.com
Selain karena harga pasar yang stabil sehingga meningkatkan nilai emas itu sendiri, emas juga bisa dikatakan sebagai satusatunya investasi yang bebas pajak.

Laman Bareksa.com mengungkapkan bahwa untuk melakukan investasi emas, perlu melakukan observasi dulu. Diantaranya adalah “Mencermati Harga Emas”.


Sebelum membeli emas, ada baiknya mengetahui harga terbaru komoditas tersebut. Baiknya, membeli emas di saat harganya turun. Jika harga emas sedang turun, itu berarti waktu yang pas buat berinvestasi. Karena rumusnya adalah beli emas saat harga sedang turun.

Untuk itu bisa mengecek harga emas melalui situs resmi PT Antam, PT Pegadaian atau toko emas online resmi seperti Orori. com, Indogold.com dan lainnya. “Memilih Jenis Emas”. Hal terbaik untuk berinvestasi sepenuhnya adalah dengan emas batangan atau logam mulia yang sudah bersertifikat.

Sebab, jika memilih berinvestasi emas perhiasan, biasanya harga jual akan lebih rendah dari harga beli. Bila sudah siap untuk berinvestasi, maka sebaiknya membeli emas batangan di tempat-tempat terpercaya dan resmi.

Dengan begitu bisa terhindar dari penipuan. Disarankan membeli emas batangan yang memiliki sertifikat. Hindari membeli emas hasil leburan. Adapun beberapa tempat yang direkomendasikan untuk membeli emas, yakni di kantor Pusat Antam, unit bisnis Antam, bank dan PT Pegadaian (Persero).

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah “Periksa Keaslian Emas”. Biasanya, emas asli memiliki cap yang menandakan kadar emas, seperti menunjukkan kadar fineness (1-999 atau 9.999) atau karatnya (10K, 14K, 18K, 22K, atau 24K).

Cek juga perubahan warna dari emas batangan dengan cara menggosoknya menggunakan jari pada bagian pinggir emas atau daerah yang sekiranya sering mendapat gesekan. Emas palsu biasanya akan menampakkan warna sedikit bergradasi.Selain itu untuk penyimpanan dan perawatan emas cenderung mudah.

Cukup disimpan di tempat yang aman dan tidak lembab, emas akan awet. Hal ini dikarenakan bentuk emas yang solid, sehingga memungkinkannya bertahan lama. Investor pemula yang mencari kemudahan berinvestasi minim risiko, maka berinvestasi emas bisa menjadi pilihan.

Tips Investasi Emas Investasi emas, saat ini masih menarik mengingat nilai return yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi lainnya seperti saham, deposito dan valas.

Selain itu nilai emas juga relatif tidak tergerus oleh inflasi, membuat banyak orang menginvestasikan uangnya di sektor logam mulia emas.

Tujuan Yang harus diperhatikan saat ingin berinvesatsi emas adalah tujuannya misalkan bila seseorang memiliki tujuan untuk masa depan dengan imbal hasil yang tinggi maka orang harus menyimpan emas dalam kurun waktu lama atau jika memiliki tujuan sebagai bentuk investasi yang tidak terger us inflasi, disamping memiliki insturmen investasi lain seperti valas, deposito dan saham.

Kalau tujuannya sebagai investasi tidak terkena inflasi agar harganya stabil. Kredibilitas Saat ingin berinvestasi emas, kredibilitas perusahaan pembuat emas perlu diprioritaskan.

Karena jangan sampai Anda tertipu dengan emas palsu atau sertifikat yang berujung tidak mendatangkan imbal hasil, namun kerugian yang didapatkan.

Pelajari kredibilitas dari perusahaan yang mengeluarkan atau mencetak emasnya. Track re cordnya gimana kalau perusahaan besar dengan kinerja bagus, sehingga kepercayaan masyarakat bisa terjaga. Distribusi Ini merupakan hal yang tidak kalah penting. Bagaimana cara distribusi hingga sampai ke tangan Anda.

Jika Anda memilih sistem daring, maka Anda harus mencari distributor yang terpercaya. Namun jika membeli emas secara langsung di toko emas, carilah toko emas yang teregistrasi. Emas batangan terbaik untuk dibeli adalah emas batangan 10 gram dan 25 gram. Selain jenis investasinya liquid, emas ukuran 10 gram sampai 25 gram mudah untuk dijual kembali.

Penyimpanan Memilih tempat penyimpanan investasi sangat penting untuk menjaga agar investasi lebih aman. Ada cara yang aman dengan menyimpan emas di deposit box.

Namun harus diperhatikan juga pemilihan save deposit dari bank-bank yang memiliki reputasi dan kredibilitas baik.

Memberitahu isi dari deposit box Anda kepada bank untuk mengantisipasi jika terjadi kehilangan. Kemudian mengetahui dengan benar persyaratan dan ketentuan penyimpanan di save deposit. Sumber : http://www.koran-jakarta.com/

Post a Comment for "Inilah Tips dan Rekomendasi Terbaik Bagi Anda yang Akan Investasi Emas"

Berlangganan via Email