Inilah Darryl Sinerine Kiper Asing Pertama di Liga Indonesia yang Namanya Mulai Dilupakan

Bangmamad.com – Darryl Sinerine ialah penjaga gawang asing pertama yang ada di Liga Indonesia serta langsung dapat mendatangkan sukses buat timnya Petrokimia Putra untuk runner up musim 1994/95. 

Darryl Sinerine kiper asing pertama (bangmamad.com)

Dibandingkan nama Mbeng Jean Mambalou atau Kosin Hathairattanakool untuk penjaga gawang, nama Darryl Sinerine sekarang jelas kalah pamor serta tidak banyak diketahui publik sepak bola Indonesia. 

Tetapi sebetulnya, dibandingkan dua nama diawalnya, Darryl Sinerine telah semakin lebih dahulu menjejakan kaki di sepak bola Indonesia. Karena dianya adalah kiper asing pertama yang menghiasi Liga Indonesia. 

Waktu itu Darryl Sinerine jadi salah satunya nama pemain asing yang menguatkan team Pertrokimia Putra Gresik di Liga Indonesia edisi pertama tahun 1994/95. 


Penjaga gawang yang sempat menguatkan Tim nasional Trinidad & Tobago itu jadi salah satunya jagoan team berjulukan Kebo Giras, Bersama-sama beberapa nama besar yang lain. Seperti Jacksen F. Tiago serta Widodo C. Putro 

Hasil tidak bermain-main, kedatangan penjaga gawang bernomor punggung 21 itu dapat bawa Petrokimia Putra menempati di pucuk klassemen daerah barat babak penyisihan. Dengan kedatangan Darryl Sinerine di bawah garis gawang, Pertokimia Putra cuma kemasukan 31 gol dalam 32 pertandingan yang dilewatinya di babak itu. 

Sesaat di set delapan besar, walau cuma dapat bawa Petrokimia Putra ada di rangking dua Group B, di bawah Persib, tetapi Darryl Sinerine serta teman-teman yang masih maju ke semi-final, pada akhirnya tembus final sesudah menaklukkan Pupuk Kalimantan timur 1-0. 

Sayang memang, di final Darryl Sinerine tidak berhasil memberi mahkota juara Liga Indonesia buat Petrokimia Putra. Mereka harus menyerah dari Persib Bandung 0-1, dalam laga yang marak diisukan saat itu sudah ditata. 

Karena dalam pertandingan final itu, Petrokimia Putra sebetulnya pernah cetak gol melalui Jacksen F. Tiago, tetapi dibatalkan wasit Zulkifli Chaniago tanpa ada fakta yang pasti. 

Begitu juga sesudahnya, gol kemenangan Persib Bandung melalui Sutiono lamso ke gawang Darryl Sinerine, terbentuk sesudah salah seorang pemain Petrokimia Putra, Setio Burdianto diusir kartu merah oleh wasit. 

Namun sampai sekarang, isu itu juga masih mengambang demikian saja sebab tidak terletak bukti yang pasti. 

Lepas hasil dari laga itu, kehadirannya ke Liga Indonesia pertama membuat nama Darryl Sinerine langsung mendapatkan perhatian publik sepak bola Indonesia saat itu. 

Untuk salah satunya penjaga gawang paling baik yang sempat terletak, sebelum pada akhirnya namanya semakin terbenam seiring berjalannya waktu serta kedatangan banyak penjaga gawang asing yang lain di Liga Indonesia. (ahm)

Post a Comment for "Inilah Darryl Sinerine Kiper Asing Pertama di Liga Indonesia yang Namanya Mulai Dilupakan"

Berlangganan via Email