Inilah Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Bang Mamad, Tips--Jerawat sebenarnya akan hilang dengan sendirinya beberapa hari hingga beberapa minggu.

Namun untuk membantu mempercepat prosesnya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi.

sumber : instagram @vebbypalwinta
Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri. Berbagai cara mengatasi jerawat bisa dilakukan, mulai dari cara alami hingga melakukan perawatan kulit ke dokter.


Perawatan Alami Kulit Berjerawat Salah satu cara untuk mengatasi kulit berjerawat adalah melakukan perawatan wajah secara alami. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Cuci muka secara rutin

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, disarankan untuk membersihkan wajah menggunakan sabun berbahan lembut secara rutin.

Biasakan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, dan jangan lupa membersihkan wajah setelah menggunakan make-up dan berolahraga.

2. Oleskan toner

ke wajah Setelah mencuci muka, Anda bisa mengoleskan toner ke kulit wajah. Toner bisa membantu membersihkan kotoran dan sisa make-up yang masih menempel di wajah.

Selain itu, toner juga membantu mengembalikan pH kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi produksi minyak. Hal ini akan membantu mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat yang Anda alami.

3. Oleskan pelembap ke wajah

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menjaga kelembapan kulit wajah, dan salah satunya dengan mengoleskan pelembap.

Kondisi wajah yang lembap akan menghambat peningkatan produksi minyak. Hal ini akan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Untuk kulit berjerawat, pilih pelembap wajah berlabel noncomedogenic dan bebas minyak.

4. Gunakan tabir surya

Setelah mengoleskan pelembap, jangan lupa untuk mengoleskan juga tabir surya. Hal ini karena pada sebagian orang, paparan sinar matahari dapat memperparah jerawat.

Namun karena umumnya tabir surya bersifat comedogenic, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jenis tabir surya yang cocok untuk kulit berjerawat.


Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat secara Alami

Selain rutin melakukan perawatan kulit yang benar, Anda juga bisa mengatasi jerawat secara alami dengan bahan-bahan berikut ini:

1. Es batu

Es mampu  membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat Anda.

2. Putih telur

Putih telur tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit.

Untuk memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, Anda cukup mengoleskan putih telur ke  area yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

3. Madu
Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Madu dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Untuk memanfaatkan madu sebagai masker jerawat, campurkan 3 sendok makan madu  dengan satu sendok makan kayu manis.

Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Mentimun
Selain dapat mengatasi mata bengkak, mentimun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah.

Agar perawatan yang dijalani membuahkan hasil yang maksimal, perbaiki juga pola hidup dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres.

Jika cara menghilangkan jerawat secara alami di atas telah dilakukan namun jerawat tetap membandel, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. (sumber : Alodokter.com)

Agar jerawat tidak muncul, ikuti beberapa tips mencegah jerawat dengan perawatan kulit secara teratur berikut:

1. Jaga kebersihan wajah

Basuh wajah kamu maksimal 2 kali sehari dengan sabun wajah yang berformula lembut. Usap perlahan dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Hindari menggosok kulit dengan batu apung atau spons kasar. Cuci dengan kain yang lembut atau tangan. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

2. Lembapkan wajah

Banyak produk perawatan kulit yang berformula keras sehingga membuat kulit kering. Gunakan pelembab agar kulit senantiasa lembut, kenyal, dan kencang.

Cari produk berlabel "noncomedogenic" yang bersifat anti jerawat. Ada beberapa pelembap yang dirancang untuk kulit berminyak, kering, atau kombinasi. 

3. Teliti produk jerawat yang dijual bebas 

Sebagian besar produk jerawat mengandung bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat.

Bahan ini mencegah bakteri namun membuat kulit kering. Pilihan lain adalah gel retinoid topikal yang bisa mencegah jerawat.

4. Hindari make-up tebal

Menggunakan riasan wajah atau makeup tebal setiap hari dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Jika kamu harus memakai makeup, bersihkan makeup dengan baik sebelum tidur. Pilih jenis kosmetik bebas minyak, tanpa zat pewarna, dan berlabel "noncomedogenic," yang tidak menyebabkan jerawat. 

5. Pilih produk rambut yang tepat

Penggunaan produk rambut, seperti minyak, pomade, atau gel, bisa memicu terbentuknya jerawat karena menetes ke area wajah.

Tips mencegah jerawat yang bisa kamu coba adalah memilih sampo dan kondisioner yang lembut untuk mencegah kulit kepala atau rambut berminyak yang bisa memicu jerawat. 

6. Jangan terlalu sering menyentuh wajah

Hindari terlalu sering menyentuh wajah atau menyangga pipi/dagu dengan tangan. Tindakan ini tidak hanya menyebarkan bakteri dari tangan ke wajah, tetapi juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit berjerawat.

Selain itu, tips mencegah jerawat lainnya adalah jangan pernah memencet jerawat dengan jari karena bisa menyebabkan infeksi dan jerawat membekas.

7. Lindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan pada kulit hingga menyebabkan jerawat.

Jika kamu menerapkan obat jerawat, hindari sinar matahari, terutama di atas jam 10 pagi. Oleskan tabir surya berspektrum luas lebih dari SPF 30 minimal 2 jam sekali untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

8. Nutrisi kulit

Tips mencegah jerawat yang tak kalah penting diperhatikan adalah selalu menutrisi kulit dengan makanan yang tepat.

Makanan tertentu juga bisa memicu hadirnya jerawat. Misalnya, gorengan, junk food, atau makanan yang mengandung produk susu dan makanan tinggi gula.

Sebaiknya, konsumsi lebih banyak buah-buahan segar, sayuran, atau biji-bijian agar kulit lebih sehat, cantik, dan terawat. 

9. Rutin berolahraga

Olahraga secara teratur adalah tips mencegah jerawat yang terbukti dapat menyehatkan kulit dan menjaga kecantikan.

Ketika berolahraga, kenakan pakaian yang nyaman agar kulit tidak mudah teriritasi. Setelah berolahraga, mandi dan cuci wajah menggunakan produk sabun yang sesuai dengan tipe kulit. 

10. Hindari stres

Para ahli juga mengaitkan stres dengan munculnya jerawat. Semakin tinggi tingkat stres, kamu juga berpotensi besar menghadapi risiko kulit berjerawat karena hormon kortisol yang berlebihan.

Tanyakan pada diri apa yang membuat stres, lalu cari solusinya dengan berbicara pada teman, saudara, atau berlibur ke tempat yang menyenangkan.

Bila masih ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan tips mencegah jerawat yang sesuai dengan kondisi kulitmu. (sumber : lifestyle.kompas.com)

2 comments for "Inilah Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat Secara Alami"

Post a Comment

Berlangganan via Email