Inilah 6 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Wajah, Bisa Atasi Jerawat

BangMamad.com, Jakarta - Tak perlu banyak waktu buat buah naga untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

sumber : Tibunnews.com
Meski belum banyak dibudidayakan di Indonesia, masyarakat sudah tak sulit lagi mendapatkan buah dari jenis kaktus ini.


Buah naga menjadi populer karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah yang teksturnya disamakan dengan kiwi ini secara rutin.

Rasanya yang manis segar, dengan buah berwarna merah segar maupun putih menggoda, membuat semua kalangan menyukai buah naga. Perlu diketahui, tak hanya bagian daging dalam buah saja yang punya manfaat.

Mulai batang buah naga sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat.

Satu di antara manfaat kulit buah naga adalah mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, seperti membantu mengatasi jerawat yang menyebalkan. Manfaat kulit buah naga untuk wajah dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya.


Anda bisa menggunakannya dengan mengonsumsinya secara rutin maupun dengan menerapkannya sebagai masker di wajah. Dengan begitu, mulai sekarang sebaiknya Anda tak langsung membuang kulit buah naga setelah menikmati dagingnya.

Anda bisa menggunakannya untuk menjadikan kulit wajah Anda menjadi lebih sehat dan menarik. Bola.com merangkum manfaat buah naga, mulai daging hingga kulit, bagi wajah Anda, seperti dilansir dari Liputan6, Selasa (7/4/2020).

1. Mencegah dan mengatasi jerawat

Kulit buah naga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Buah naga kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kombinasi keduanya mampu mengatasi berbagai masalah jerawat yang membandel pada wajah.

Caranya mudah, Anda cukup mengambil sedikit potongan buah naga lalu haluskan.

Setelah itu oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

Tunggu olesan buah naga sampai kering, kemudian basuh dengan air sampai bersih.

Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkannya hanya dengan menempelkan kulit buah naga di bagian wajah berjerawat. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan. 


2. Melembabkan kulit Buah naga bisa melembapkan kulit.

Apalagi jika Anda memiliki aktivitas yang padat di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, polusi serta debu.

Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E, dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan.

Andi bisa mencoba secara rutin mengonsumsi kulit buah naga sebagai teh, atau bisa juga dijadikan masker wajah alami karena buah naga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Jadi, kulit Anda akan lembap sepanjang hari. Bahkan buah naga juga akan menghidrasi kulit dengan memiliki kadar air tinggi hingga 90 persen.

Dengan rutin mengonsumsinya, kulit wajah dan tubuh yang cenderung kering akan kembali lembap dan terhidrasi dengan baik.

3. Mencerahkan dan menghaluskan kulit

Manfaat buah naga untuk wajah berikutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin B3 yang dapat mencerahkan kulit wajah.

Anda bisa mengonsumsi dan memakai masker atau lulur buah naga rutin agar wajah lebih cerah. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati.

Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat dalam buah naga dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Anda bisa menggunakannya dengan cara menjadikan buah naga sebagai masker pada wajah dan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh.


4. Mencegah penuaan dini

Vitamin E dikenal sebagai kandungan yang dapat membantu mencegah dan memperlambat penuaan dini pada kulit wajah.

Hal ini membuat buah naga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi serta vitamin E dan betakaroten, buah naga merah akan membantu kulit dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel. 

Biasanya radikal bebas ini yang menimbulkan tanda penuaan dini berupa keriput hingga kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

Anda bisa mengonsumsi jus buah naga merah secara rutin. Namun, untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, Anda juga dapat menghaluskan dan menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin.

5. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Buah naga dijadikan sebagai perlindungan dan pengobatan saat terpapar sinar matahari.

Buah naga dapat diolah menjadi body lotion alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Caranya, ambil sari buah naga untuk dioleskan ke kulit sebelum keluar rumah. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.

6. Meredakan kulit terbakar sinar matahari

Selain dapat melindungi dari paparan sinar matahari, manfaat buah naga untuk wajah juga dapat meredakan kulit terbakar sinar matahari.

Kombinasi vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya mampu meredakan inflamasi.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1/4 potong buah naga dengan 1 kapsul vitamin E untuk diolah menjadi krim kental.

Oleskan krim buah naga alami di atas kulit yang terbakar dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas.




Post a Comment for "Inilah 6 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Wajah, Bisa Atasi Jerawat"

Berlangganan via Email