Inilah 6 Cara Biar Baterai HP Hemat Tidak Lowbat saat Mudik

Bangmamad.com, Jakarta - Buat anak rantau, siapa sih yang nggak rindu sama kampung halaman? Pasti kangen banget dong, ketemu orang tua dan sanak saudara lainnya? Nah biasanya sebelum pulang kampung, banyak hal yang dipersiapkan.
sumber : womantalk.com
Selain tiket pulang kampung dan oleh-oleh dari tempat kamu merantau, smartphone juga patut jadi pertimbangan. Gimana nggak, smartphone adalah teman setia yang menemani para pemudik ketika di perjalanan.


Namun biasanya saat mudik yang paling sering 'penyakitan' dari smartphone adalah baterai boros. Dikit-dikit lowbat dan minta di charge. Duh PR banget memang.

Nah sebelum kejadian, pastikan kamu tahu tips biar nggak bolak-balik nge-charge karena baterai yang boros. Ada enam hal nih, yuk simak:

1. Tingkat Kecerahan

Tampilan layar agak gelap? Nggak masalah kok! Tanpa kamu sadari, tingkat kecerahan atau brightness sangat berpengaruh ke besarnya daya baterai yang digunakan lho.

Jadi, makin tinggi tingkat kecerahan layar artinya semakin banyak juga daya baterai yang terhisap. So, pastikan kamu tidak mengatur tingkat kecerahan ini otomatis, biarkan pengaturan manual saja agar bisa menyesuaikan kebutuhanmu.

2. Cek Aplikasi yang Berjalan

Coba deh mulai cek, aplikasi mana saja yang mengkonsumsi daya baterai paling banyak. Jika tidak diperlukan banget, hapus saja aplikasi tersebut. Jika mau membatasi penggunaannya secara bijak, kamu bisa menekan tombol home untuk kembali ke layar utama ponsel.

3. Matikan Notifikasi

Notifikasi faktanya memang mempermudah pengguna smartphone untuk langsung melihat informasi. Misalnya, notifikasi WhatsApp, Instagram, atau pemberitahuan berita terbaru.

Namun ternyata, pengaktifan notifikasi adalah salah satu faktor yang bikin smartphone kamu boros baterai lho. Maka dari itu, selama di perjalanan agar baterai tetap irit, matikan notifikasi untuk aplikasi yang menurutmu tak dibutuhkan.

4. Hindari Live Wallpaper

Bagus sih, menarik memang si live wallpaper, tapi sayang bikin baterai cepat habis. Ada baiknya kamu menggunakan wallpaper yang menarik namun statis. Dijamin irit!

5. Manfaatkan Fitur Power Saving

Tentunya fitur ini sangat berguna banget buat kamu yang melakukan perjalanan jarak jauh dan bingung buat cari tempat nge-charge, ditambah daya powerbank mulai menipis.

Jika kamu mengaktifkan fitur power saving, maka secara otomatis smartphone-mu akan membatasi beberapa fitur penting saja untuk berjalan normal, seperti telepon, sms, internet, dan sebagainya.

6. Perbarui Sistem Ponsel

Memang nggak salah kalau kamu memilih untuk memperbarui alias upgrade sistem operasi (OS). Apalagi smartphone yang selalu terkoneksi dengan internet, biasanya akan memberikan pemberitahuan untuk memperbarui OS.

Pemberitahuan pembaruan OS itu akan terus muncul kalau kamu nggak langsung upgrade. Nah di momen itulah, baterai ponselmu terus terkuras habis karena adanya reminder dari sistem.

Oh ya, ada yang harus diketahui dan hal ini banyak terjadi. Jadi ketika OS diperbarui, ponselmu bukannya melaju cepat malah melambat. Hmm, kok bisa? Bisa, itu karena kualitas smartphone-mu nggak kuat ketika OS ditingkatkan performanya.

Jika hal itu terjadi, apa yang harus dilakukan? Pastinya kamu harus segera ganti smartphone dengan kualitas OS terbaru dan tentunya sesuai dengan kebutuhanmu, anti-boros baterai, dan nggak bikin lemot.

Untungnya kebutuhan upgrade handphone bisa dicek lewat Tokopedia. Pilihan smartphone di Tokopedia kini semakin banyak, tinggal kamu pilih mana yang sesuai dengan bujet.

Nggak perlu mahal, HP 2 jutaan pun punya banyak kelebihan kok dan dapat diandalkan, terutama ketika mudik. Bujet 2 jutaan, buat yang suka gaming? Ada di Tokopedia.

Makin Banyak Pilihan di Tokopedia

Oh ya menariknya lagi, Tokopedia menghadirkan Program Promo Ramadhan yang dimulai pada 17 Mei. Dapatkan Kupon THR dan Gratis Ongkir Sepuasnya tanpa minimum transaksi.

Penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai Promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis!

Post a Comment for "Inilah 6 Cara Biar Baterai HP Hemat Tidak Lowbat saat Mudik"

Berlangganan via Email