Inilah 5 Wisata Bukit Kapur di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Bangmamad.com-Pergi berlibur ke sejumlah tujuan, seperti pantai, gunung, taman hiburan, atau nge-mall bersama rekan-rekan telah jadi hal yang mainstream.

Ya tidak sich? Nah, agar tidak bosen traveling ke tempat yang itu-itu saja, kamu dapat coba hal baru dengan eksplor beberapa bukit kapur yang terletak di Indonesia. 

Untuk kamu pencinta wisata alam, bukit kapur dapat jadi pilihan yang oke sekali! Kecuali tawarkan panorama memesona, tiap bukit kapur ini punyai daya tariknya sendiri yang sayang sekali jika ditinggalkan. Ingin tahu? Baca penjelasannya di bawah ini. 

Tebing Kapur Pantai Melasti 

sumber : travelingyuk.com
Populer untuk pantai yang sering dipakai buat tempat upacara Melasti mendekati Hari Raya Nyepi, Pantai Melasti memang mempunyai keindahan yang tidak perlu disangsikan lagi. Kecuali ombaknya yang tenang komplet dengan panorama memesona, pantai yang berada di Desa Ungasan, Bali ini dikelilingi oleh tebing kapur yang makin meningkatkan daya tariknya. 

Walau belum begitu ramai pengunjung, tetapi cukup banyak pelancong yang hadir sekedar hanya buat menunjukkan keindahan pantai plus menyimpan peristiwa di tebing kapur. Serta, banyak pula yang telah berpose pre-wedding disana, lho! 

Gunung Kapur Ciampea 
sumber : bogor daily
Walau diberi nama Gunung Kapur Ciampea, tetapi salah satunya tempat wisata jagoan Kota Bogor ini lebih pas disebutkan dengan bukit kapur. 

Mempunyai tiga pucuk dengan susunan batuan kapur yang dinamakan ; Batu Roti, Bimbang, serta Lalana, tempat ini benar-benar direferensikan buat beberapa pendaki pemula sebab puncaknya yang tidak tinggi, tetapi medannya cukup melawan. 

Untuk pilihan langkah isi peristiwa berlibur, kamu dapat bertandang ke bukit kapur ini, selanjutnya membangun tenda sekalian nikmati panorama Gunung Gede Pangrango, Gunung Salak, serta Gunung Muara. 

Disamping itu, menelusuri gua serta nikmati keindahan sunrise plus sunset dapat juga jadi kesibukan hebat yang bisa kamu kerjakan di Gunung Kapur Ciampea. 


Karst Rajamandala 

sumber : pegipegi.com

Tidak hanya populer dengan wisata kulinernya, Bandung simpan sejuta keindahan alam yang harus kamu kenali. 

Diantaranya ialah teritori Karst Rajamandala yang disebut teritori bukit kapur di wilayah Padalarang, Bandung Barat. Menariknya, di teritori karst ini ada Goa Pawon yang konon sempat diketemukan fosil manusia purba didalamnya. 

Disamping itu, di sini ada bukit-bukit kapur atau yang biasa disebutkan pasir, dengan beberapa nama unik yang dihubungkan dengan legenda Sangkuriang. Seperti Pasir Pawon, Pasir Pabeasan, Pasir Manik, Pasir Hawu, Pasir Kancahnangkub, serta Pasir Karangpenganten. 

Jadi, kecuali dapat mendaki, berpose, serta nikmati panorama, kamu dapat juga lebih mengenali riwayat Bandung saat bertandang ke bukit kapur ini. 

Bukit Kapur Tinggi Raja

sumber : medan.panduwisata.id

Jika jemu traveling di Pulau Jawa, kamu dapat coba buat menelusuri ke Pulau Sumatra serta nikmati keindahan bukit kapur yang terletak disana, yaitu Bukit Kapur Tinggi Raja. 

Berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, bukit kapur yang populer dengan kawah putihnya ini mempunyai luas ruang seputar 167 hektare. Khasnya, dari dinding bukit kapur akan keluarkan sumber air panas yang sampai temperatur 90 derajat celcius. 

Sebab warnanya putih, orang yang hadir ke tempat wisata ini seringkali mengatakan untuk salju panas. Akses ke arah bukit kapur ini cukup berlebihan sebab harus melalui jalan berbatu, serta berlubang. 

Tetapi, semua akan terbayar dengan cantiknya panorama yang ditanggung akan buat kamu kerasan begitu lama disana. 

Danau Kaolin

sumber : Hipwee.com

Nah, bicarakan bukit kapur yang terletak di Indonesia, akan belum komplet jika tidak mengulas obyek wisata satu ini. 

Kecuali pantai-pantai yang tersorot dalam film Laskar Pelangi, Belitung punyai tempat wisata lain yang tidak kalah cantik, yaitu Danau Kaolin. 

Danau ini dikelilingi oleh daratan serta timbunan galian seperti bukit yang berwarna serba putih dengan air berwarna biru menyala dibagian tengahnya. 

Tidak sama dengan danau kawah yang lain yang umumnya penuh akan berbau belerang yang menusuk, Danau Kaolin malah tidak bau sebab tidak tercipta dari kawah,  tetapi dari sisa pertambangan kaolin, yaitu mineral yang dapat dipakai untuk bahan industri kosmetik, kertas, pasta gigi, serta lain-lain. 

Disamping itu, air danaunya juga tidak panas serta konon dapat buat kulit kamu bertambah halus. Jadi, jika hadir kesana, kamu tidak hanya dapat nikmati panorama di seputar danau, dan juga bermain air. 

Bagaimana, bagus-bagus kan tempat wisata bukit kapurnya? Tertarik bertandang kesana? Oh iya, sebab akses ke arah bukit kapur sebagian besar cukup susah, so, yakinkan kamu pergi pada kondisi bugar serta kenakan alas kaki yang kuat, ya. 

Jadi, kamu juga dapat bertambah nyaman nikmati perjalanan. Yuk, selekasnya targetkan liburanmu dengan pesan ticket bis, ticket pesawat, ticket kereta api, serta hotel murah di Pegipegi

Post a Comment for "Inilah 5 Wisata Bukit Kapur di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi"

Berlangganan via Email