Inilah 5 Tips Untuk Menambah RAM Android, Dijamin Aman Tak Perlu Root

Bangmamad.com, Jakarta Cara menambah RAM Android mungkin diperlukan bagi sejumlah penggunanya. Kapasitas RAM bisa memengaruhi Android memproses data dan perintah yang diberikan.

Ilustrasi Radiasi Ponsel (sumber: iStockphoto)
Pada dasarnya RAM pada Android tidak bisa diotak atik karena sudah tertanam di dalam sirkuit perangkat. Kini sudah banyak ponsel atau perangkat Android dengan RAM berkapasitas besar.

Namun, bagaimana dengan perangkat Android pendahulunya yang memiliki RAM relatif kecil? Bagi kamu pemilik perangkat Android dengan RAM kecil, kamu mungkin akan mencari cara menambah RAM Android yang efektif.

Sejumlah developer aplikasi menyediakan cara menambah RAM Android dengan memanfaatkan kartu microSD.


RAM tambahan membantu prosesor untuk bekerja lebih cepat, sehingga membantu kinerja Android itu sendiri. Namun, cara menambah RAM Android ini cukup berisiko karena perangkat harus diroot terlebih dahulu.

Cara menambah RAM Android yang lebih aman adalah dengan meningkatkan kinerja RAM dengan efektif. Cara menambah RAM Android ini cukup aman tanpa memerluka rooting perangkat. Berikut cara menambah RAM Android yang berhasil Bangmamad.com rangkum dari berbagai sumber:

Mengenal fungsi RAM

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) serta berbagai instruksi program dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Hal ini dimaksudkan bahwa, saat perangkat elektronik yang dijalankan oleh suatu aplikasi program akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara.

Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut. Sehingga kegiatan yang dilakukan pada perangkat seperti proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program akan semakin cepat sesuai besarnya RAM tersebut.

Sebagai patokan, semakin banyak ponsel melakukan pekerjaan, semakin banyak RAM yang digunakan.

1. Batasi widget dan live wallpaper

Widget dan live wallpaper bisa sangat memakan penggunaan RAM. Banyaknya aktivitas refresh, pemenuhan bandwidth, dan widgen yang terus aktif juga dapat memengaruhi kapasitas RAM dan membuat Android jadi lebih lemot.

Penggunaan widget dan wallpaper juga dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Jadi pastikan untuk membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup untuk mengoptimalkan RAM.

2. Hapus aplikasi secara manual

Banyaknya aplikasi bisa menguras kapasitas RAM. Kamu bisa menghapus atau mentup aplikasi yang tidak penting atau tidak sedang kamu gunakan.

Cara menghapus aplikasi sangat mudah. Kamu bisa menekan aplikasi dan memilih opsi uninstall yang ada. Selain itu, kamu bisa membuka pengaturan, lalu pilih opsi aplikasi, pilih aplikasi yang sekiranya memakan RAM dan pilih opsi uninstall.

Jika aplikasi tidak bisa dihapus atau kamu masih memerlukannya, kamu bisa menutup aplikasi tersebut agar tidak terus berjalan.

Ini dapat dilakukan di Pengaturan> Aplikasi, lalu ketuk aplikasi. Di bawah judul Memori, kamu dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir. Kamu bisa memilih opsi force stop untuk mencegah aplikasi memakan RAM.

3. Nonaktifkan aplikasi bawaan

Pada Android yang tidak diroot, akan ada aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Aplikasi-aplikasi ini terkadang tidak berguna namun bisa memakan kapasitas RAM.

Meski tidak bisa dihapus, kamu masih bisa menonaktifkannya agar aplikasi tidak memakan RAM. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan, pilih menu aplikasi, lalu pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan. Setelah itu pilih opsi disable app atau nonaktifkan aplikasi.

4. Nonaktifkan animasi

Animasi sering mencuri kapasitas RAM dan sangat tidak penting. Kamu dapat mengatur ini di opsi pengembang atau developer. Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang di perangkatmu, buka Pengaturan, lalu Tentang Telepon/About Phone lalu ketuk nomor build sekitar tujuh kali sampai memberitahukan bahwa kamu telah menjadi pengembang.

Setelah selesai melakukannya, kembali ke pengaturan ponsel dan gulir ke bawah ke Opsi Pengembang. Selanjutnya, masuk ke bagian Drawing dan matikan opsi berikut:
Window animation scale Transition animation scale Animator duration scale

5. Cara menambah RAM Android dengan Smart Booster

Instal aplikasi Smart Booster di Play Store. Setelah terinstal kaum bisa melakukan pelepasan RAM dengan menekan ikon roket yang berada di kanan bawah layar. Setelah itu kamu bisa mulai membersihkan RAM.

Klik setting lalu pilih opsi RAM Boost. Akan ada pilihan boost level mulai dari Gentle, Medium, Strong, dan Aggresive. Kamu bisa memilih level Aggresive untuk melakukan pembersihan RAM secara maksimal.

Pembersihan ini biasanya dilakukan ketika layar ponsel menyala. Kamu juga bisa melakukan pembersihan disaat layar mati atau sedang tidak digunakan. Caranya adalah dengan mencentang opsi Boost when screen off dan mengubah opsi Delay yo boost when screen off menjadi Immediately.

Kamu juga bisa mengaktifkan pembersihan otomatis dengan mencentang opsi Boost automatically dan mengubah RAM threshold (MD) menjadi 100MD dan atur Boost interval sesuai waktu pembersihan yang kamu inginkan.


Post a Comment for "Inilah 5 Tips Untuk Menambah RAM Android, Dijamin Aman Tak Perlu Root"

Berlangganan via Email