Inilah 5 Tips Kegiatan Islami Yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Di Rumah Aja

Bangmamad.com, Jambi-- Social distancing yang diterapkan pemerintah sebagai cara untuk menangkal penyebaran corona menekankan masyarakat agar lebih banyak berkegiatan di dalam rumah.

foto : instagram @hamas.syahid
Tidak dianjurkan keluar rumah jika memang hal itu tidak sangat mendesak. Nah, kita umat Islam, bisa mendapat banyak pahala dari berbagai arah dan celah termasuk ketika banyak berkegiatan di rumah seperti sekarang ini.


Yang paling penting, kita niatkan aktivitas di dalam rumah demi memutus rantai penyebaran corona, menjaga keselamatan jiwa, menjauhi kemaksiatan, dan lillahi ta'ala.

Tetapi, biar di dalam rumah tidak hanya rebahan saja, alangkah baiknya memperbanyak amalan di bawah ini karena keutamaannya yang sangat luar biasa.

1. Membaca Al-Qur'an Membaca

Al-Qur'an pahalanya dihitung huruf demi huruf. Jadi, jika kita membaca satu surah saja sehari, niscaya pahalanya akan bertumpuk-tumpuk.

Rasulullah saw bersabda,

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

2. Membaca asmaul husna

Allah Swt memiliki nama-nama yang baik dan indah yang disebut asmaul husna.

Ketika kita membacanya, berarti kita berzikir kepada Allah dan mengingat segala sifat dan keagungan-Nya.

Syekh Salih Al-Ja'fari berpendapat,

"Orang yang berdoa dengan asmaul husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut Ar-Rahman, Ar-Rahim, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut Al-Lathif maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya."

3. Salat duha

Salat ini diyakini dapat melancarkan rezeki yang bisa datang dari arah yang tidak diduga-duga. Waktu salat duha sendiri setelah selesai waktu salat subuh sampai sebelum zuhur. 

Rasulullah saw bersabda, 

"Barang siapa yang melaksanakan salat subuh secara berjemaah lalu ia duduk sambil berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan salat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umrah." 

Beliau pun bersabda, "Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna." (HR. Tirmidzi)

4. Salat hajat

Bagi yang sedang mengharap cita-citanya segera terkabul, salat hajat adalah cara yang ampuh agar Allah menyegerakan cita-cita itu. 

Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa yang berwudu dan sempurna wudunya, kemudian salat dua rakaat (salat hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat." (HR. Ahmad).


5. Salat tahajud

Di malam hari ketika kita terbangun dari tidur, utamanya di waktu sepertiga malam terakhir, kita disunahkan untuk salat tahajud.

Tata caranya sama dengan salat pada umumnya, tetapi manfaatnya tidak perlu diragukan lagi. Yakni, bisa mempercepat terkabulnya doa, memperlancar rezeki, diampuni dosa-dosanya, bahkan mempercepat dipertemukannya jodoh. 

Nah di atas itu hanyalah opsi untuk mengisi waktu selama berkegiatan di dalam rumah. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.



Post a Comment for "Inilah 5 Tips Kegiatan Islami Yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Di Rumah Aja"

Berlangganan via Email