Inilah 16 Objek Wisata di Balikpapan Terbaik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Balikpapan – Berada di provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan merupakan kota yang kerap dijuluki Kota Minyak karena banyaknya pertambangan dan perusahaan minyak yang berada di kota ini.

Tak heran jika pada 2016 Balikpapan menjadi kota dengan perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan.


Namun, bukan hanya hal itu saja yang membuat kota Balikpapan banyak dikenal orang. Balikpapan juga menyimpan banyak pesona wisata yang tak kalah menarik untuk ditelusuri.

Seperti berbagai destinasi tempat wisata di Balikpapan berikut:

1. Pantai Lamaru

sumber : pegipegi.com
Salah satu daya tarik wisata di Balikpapan adalah keberadaan pantai-pantai yang indah. Pantai Lamaru merupakan salah satunya.

Tak hanya keindahan garis pantai, objek wisata di Balikpapan satu ini juga dikenal karena barisan pepohonan cemara yang asri mengelilingi pinggiran pantai.

Destinasi wisata ini pas untuk Toppers yang mencari ketenangan serta kesejukkan di akhir pekan atau saat liburan.

2. Pantai Kemala
sumber : detik.com
Dikenal juga dengan nama Pantai Polda, Pantai Kemala adalah destinasi wisata di Balikpapan bernuansa pantai selanjutnya.

Berada dekat dengan pusat kota Balikpapan, Pantai Polda menjadi objek wisata populer di Balikpapan yang tak pernah sepi oleh pengunjung.

3. Pantai Melawai


Tempat wisata pantai di Balikpapn lainnya yang tak kalah menarik untuk disinggahi adalah Pantai Melawai.

Suasana asri dan panorama indah dari objek wisata Balikpapan ini paling indah dinikmati pada sore hari karena pemandangan sunset di tempat ini sudah sangat terkenal keindahannya.

4. Pantai Sepinggan

Alternatif destinasi tempat wisata di Balikpapan yang cocok untuk menikmati panorama matahari terbenam lainnya selain Pantai Melawai adalah Pantai Sepinggan.

Disini, Toppers bisa memandang indahnya langit jingga dan pantulan cahaya matahari di atas tenangnya permukaan air laut dari dermaga kayu yang membentang panjang di sisi Pantai Sepinggan.

5. Hutan Bakau Margomulyo


Rekomendasi tempat wisata di Balikpapan selanjutnya adalah Hutan Bakau Margomulyo. Di sini, Toppers bisa menyusuri eksotisme ekosistem hutan Bakau menggunakan jembatan kayu sepanjang 800 meter.

Tak cuma itu, Toppers juga bisa mengunjungi menara intai di dalam objek wisata Balikpapan ini untuk mengamati beragam satwa dan unggas yang hidup di dalam Hutan Bakau Margomulyo ini.

6. Bukit Bangkirai

Sumber : http://www.getborneo.com/
Pesona keindahan alam di Kalimantan juga bisa Toppers nikmati di tempat wisata Balikpapan selanjutnya ini.

Di Bukit Bangkirai, panorama hutan Kalimantan bisa dinikmati memalui ketinggian jembatan gantung antar pohon yang berada di dalam kawasan ini.

7. Hutan Lindung Sungai Wain

Sumber : www.triptrus.com
Memiliki luas tak kurang dari 10.000 hektar, Hutan Lindung Sungai Wain merupakan rumah bagi berbagia flora dan fauna langka dan dilindungi seperti orang utan, beruang madu, bekantan, kanton semar, hingga tumbuhan endemik Jahe Balikpapan.

Untuk menikmati keasrian dari hutan tropis ini, Toppers bisa menikmati paket tour yang disediakan pengelola untuk mendampingi pengunjung menyusuri seluk beluk dari tempat wisata di Balikpapan satu ini.

8. Waduk Manggar


Destinasi wisata di Balikpapan selanjutnya ini sebenarnya merupakan sumber air bersih yang dipasok PDAM untuk kebutuhan masyarakat Balikpapan.

Namun, waduk ini ternyata memiliki pemandangan yang cukup menarik sehingga kerap menjadi tujuan wisata warga lokal maupun luar kota.

9. Kampung Atas Air Margasari

sumber : esquire.com
Dahulu di Balikpapan keberadaan perkampungan di atas air sangatlah umum.

Namun, jika Toppers ingin melihat suasana perkampungan unik seperti itu, pemerintah setempat telah melestarikan Kampung Atas Air Margasari, sebuah desa yang dibangun di atas permukaan air.

Tak hanya bisa menyusuri keunikan desa ini, banyak juga pengunjung yang singgah ke tempat wisata di Balikpapan ini untuk memancing langsung dari atas dermaga-dermaga kayu yang menghubungkan setiap rumah-rumah di perkampungan ini, lho.

10. Danau Cermin Lamaru

sumber : www.gomuslim.co.id
Danau Cermin Lamaru adalah salah satu objek wisata paling terkenal di Balikpapan. Yang membuatnya populer adalah keindahan permukaan airnya yang sangat jernih sehingga Toppers bisa melihat dasar dari danau yang sangat eksotis ini.

Tak heran jika banyak traveler menjadikan tempat wisata Balikpapan ini sebagai salah satu spot paling instagramable di Balikpapan.

11. Konservasi Beruang Madu

sumber:romeloss.wordpress.com
Beruang Madu merupakan maskot dari kota Balikpapan karena memang Kalimantan Timur menjadi habitat bagi satwa ini. Sayangnya, kini hewan ini termasuk hewan yang langka dan tengah dilindungi keberadaannya karena terancam punah.

Jika Toppers ingin mengenal lebih dekat dengan satwa ini, Toppers bisa mengunjungi Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup Balikpapan yang menjadi kawasan konservasi bagi satwa langka tersebut.

Di destinasi wisata Balikpapan ini, Toppers bisa menyusuri habitat dan mengamati beruang madu dan berbagai satwa liar lainnya lebih dekat.

12. Penangkaran Buaya Teritip

Sumber : Idn Times
Tak cuma konservasi Beruang Madu, di Balikpapan Toppers juga mengunjungi Penangkaran Buaya yang berlokasi tak jauh dari Pantai Lamaru, tepatnya di Kecamatan Teritip.

Memiliki luas kawasan mencapai 5 hektar, lebih dari 1.450 ekor buaya berbagai jenis mulai dari buaya supit, buaya muara, hingga buaya air tawar menghuni penangkaran ini.

13. Ruko Bandar

sumber : allindonesiatourism.com
Ruko Bandar merupakan kawasan wisata kuliner yang sangat populer di Balikpapan.

Setelah puas belibur di berbagai tempat wisata di Balikpapan seharian, Toppers bisa singgah dan memilih berbagai restaurant yang berjajar di sepanjang kawasan Ruko Bandar.

Menikmati beragam kuliner lezat semakin nikmat dengan panorama yang indah di kawasan Ruko Bandar.


14. Bukit Batu Dinding

sumber : https://pesona.travel/
Berlokasi di Desa Bukit Merdeka, objek wisata selanjutnya ini sebenarnya berada diluar kawasan kota Balikpapan namun cukup menarik untuk disinggahi.

Disini, Toppers bisa bisa menyusuri perbukitan batu yang sangat asri sembari menikmati keindahan hutan yang hijau nan asri. Tempat wisata ini juga terkenal akan keindahan pemandangan matahari terbit dan juga matahari terbenamnya.

15. Kebun Raya Balikpapan

sumber : travelingyuk.com
Objek wisata Balikpapan selanjutnya ini berada didalam kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Kebun Raya Balikpapan merupakan kawasan konservasi alam berupa tumbuhan kayu dan merupakan rumah bagi berbagai jenis tumbuhan obat dan berbagai spesies anggrek.

Tak hanya menikmati keindahan berbagai flora, ada banyak fasilitas outbond yang disediakan di objek wisata di Balikpapan satu ini.

16. Pulau Segajah

sumber : viva.co.id
Pulau Segajah adalah rekomendasi tempat wisata di Balikpapan terbaik yang terbilang sangat unik, pulau pasir kecil yang berjarak sekitar 250 km dari pusat kota Kalimantan ini hanya bisa dikunjungi pada saat siang hari ketika air laut surut.

Ketika malam tiba dan air laut pasang, pulau ini akan menghilang dan tenggelam. Tak hanya keunikannya ini, panorama indah dari lautan lepas juga menjadi alasan mengapa banyak wisatawan mengunjungi objek wisata di Balikpapan satu ini.

Banyak sekali bukan pesona wisata di Balikpapan yang bisa dijelajahi? Yuk, pesan tiket pesawat untuk mulai petualanganmu di Balikpapan dengan aplikasi Tokopedia. (sumber : Tokopedia)

Post a Comment for "Inilah 16 Objek Wisata di Balikpapan Terbaik Untuk Dikunjungi"

Berlangganan via Email