Dibiarkan Mobil Lama Digarasi Apakah Akan Merusak Mesin? Bagaimana Solusinya

Pemberlakuan bekerja di rumah, membuat mayoritas orang yang sebelumnya terbiasa rutin bekerja menggunakan mobil pribadi, kini terpaksa mendiamkan mobilnya di garasi untuk jangka waktu yang lama. 

Ilustrasi Mobil Parkir

Situasi bahkan sampai memunculkan anggapan, bila mobil yang sebelumnya sering digunakan kemudian mendadak nganggur, mobil bisa 'ngadat'. Apakah itu pendapat yang benar atau hanya mitos belaka? 

Merespons hal tersebut, Bambang Supriyadi, selaku Technical Support Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pun angkat bicara. 
"Tidak berpengaruh ya, mitos saja. Karena tetap tergantung treatment hariannya saat tidak dipakai seperti apa," ucap Bambang. 

Bambang menjelaskan, apabila perlakuan mobil tersebut saat tidak dipakai tetap sesuai anjuran seperti rutin dipanaskan, maka seharusnya hal itu tidak akan bermasalah untuk mesin mobil itu sendiri. 

Namun, apabila sudah rutin dipanaskan tetapi mobil tetap ngadat atau tidak mau menyala, maka menurut Bambang, hal itu hanya suatu kebetulan saja. 

"Kalau rutin dipanaskan seharusnya enggak masalah. Mungkin kalaupun ada, hanya case by case seperti yang tadi saya jelaskan, mungkin memang kebetulan pompa bensinnya tersumbat atau koilnya sudah tidak bagus jadi mati," terang Bambang.


Oleh karena itu, Bambang pun lagi-lagi mengingatkan agar para pemilik mobil rutin memanaskan mobilnya setiap 2 hari sekali atau minimal seminggu sekali, serta jalankanlah mobil sesekali, meski hanya di sekitar komplek rumah. 

Dengan melakukan 2 hal itu, menurut Bambang sudah cukup untuk menjaga beberapa komponen seperti aki dan sistem pengereman agar selalu dalam kondisi prima. ( Kumparan )

Post a Comment for "Dibiarkan Mobil Lama Digarasi Apakah Akan Merusak Mesin? Bagaimana Solusinya"

Berlangganan via Email