Diakui Dunia, Inilah 5 Situs Bersejarah Indonesia yang Salah Satunya Menyimpan Fosil Purba

Bangmamad.com - Indonesia terkenal memiliki situs warisan budaya dari zaman dahulu. Bahkan, ada beberapa situs peninggalan di Indonesia yang menjadi warisan dunia dan diakui oleh UNESCO seperti Candi Borobudur.

sumber: @prambananpark by instagram

Selain Candi Borobudur, berikut adalah sejumlah situs budaya Indonesia yang diakui UNESCO dan sudah dikumpulkan iNews.id dari berbagai sumber.

Candi Prambanan

Objek wisata yang bernama lain Candi Roro Jonggrang ini terletak di Sleman, Jawa Tengah dan terkenal sebagai Candi Hindu terbesar di Indonesia serta termegah di Asia Tenggara.

Sesuai namanya, Candi Roro Jonggrang tercipta karena cerita masyarakat Jawa Tengah tentang Roro Jonggrang. Maka itu, di salah satu dari empat candi utamanya terdapat patung Roro Jonggrang.

Tambang Batubara Ombilin

Tambang Batubara Ombilin ini ada sejak kedatangan Belanda ke Sawahlunto pada 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman untuk mencari rempah-rempah.

Sejak 1858, keberadaan batubara di aliran Batang Omblin (Sawahlunto) mulai terendus. Empat tahun kemudian peneliti asal Belanda, De Groot van Embden bersama ahli geologi Willem Hendrik De Greve mulai meneliti kandungan mineral dari wilayah Buitenzorg (Bogor) hingga Bangka dan Ombilin (Sawahlunto).

Akhirnya, Ombilin menjadi kota Tambang pertama di Indonesia yang hingga kini masyarakatnya hidup dari tambang batubara.


Subak di Bali

Subak adalah istilah untuk pengairan sawah di Bali yang artinya sealiran. Terletak di Desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan Bali, Subak memiliki luas lebih dari 400 hektare, yang menawarkan pemandangan sawah hijau.

Hingga saat ini, Subak masih diimplementasikan oleh masyarakat Bali sebagai simbol akan hubungan antara manusia dan Tuhan serta sesama manusia dan alam.

Situs Manusia Purba Sangiran

Ada lebih dari 50 persen fosil purba yang ditemukan di kawasan yang berada di perbatasan wilayah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar.

Museum Sangiran menyimpan berbagai koleksi benda sejarah di mana salah satunya adalah fosil manusia purba berupa rahang bawah Pithecantropus erectus atau manusia Sangiran.

Candi Borobudur

Berbeda dengan Prambanan, Borobudur adalah candi yang didirikan pada tahun 800-an Masehi dan menjadi Candi Buddha terbesar di dunia. Tak heran, setiap ada Hari Raya Buddha, umat Buddha di seluruh dunia datang ke Candi Borobudur.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar. Di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar dengan hiasan di dindingnya 2.672 panel relief. Stupa terbesar terletak di tengah sekaligus menjadi pusat dalam bangunan ini. (inews)

Post a Comment for "Diakui Dunia, Inilah 5 Situs Bersejarah Indonesia yang Salah Satunya Menyimpan Fosil Purba"

Berlangganan via Email