Di Vietnam ada ATM Beras Gratis untuk Warga, Indonesia?

Bangmamad.com - Warga Vietnam yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi virus Corona bisa mendapatkan beras gratis dengan cara yang mudah. Dibangun ATM beras.

Ada yang berbeda dari jalanan di Ho Chi Minh baru-baru ini. Di beberapa titik terdapat sebuah mesin yang membagikan beras gratis.

ilustrasi: warga mengambil beras di ATM beras
Beras itu diperuntukkan bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan selama masa lockdown nasional di Vietnam. Mesin yang disebut ATM Beras (Rice ATM) itu akan mengeluarkan beras dari dispenser. Setiap orang yang datang harus mengantre saat akan mengambil beras.

Jarak antrean di ATM Beras itu juga telah mengikuti aturan physical distancing, yakni sejauh enam kaki atau 1,8 meter satu sama lain. Sebelum mengambil beras, warga juga harus membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

"ATM Beras ini sangat membantu. Dengan satu kantong beras ini, kami bisa makan dalam sehari," kata seorang warga, Nguyen Thi Ly sebagaimana diwartakan Reuters.

Nguyen Thi Ly merupakan ibu dari tiga anak yang suaminya kehilangan pekerjaan karena COVID-19.

"Sekarang kami hanya perlu makanan lain. Tetangga kami terkadang memberi kami makanan sisa, atau kami memiliki mie instan," dia menambahkan.

Dalam proses pengambilan beras ini terdapat beberapa petugas yang memantau penggunaan mesin tersebut. Mereka akan memastikan bahwa beras cukup untuk semua orang.

"Saya menyebut mesin ini sebagai ATM Beras karena orang dapat menarik beras dari sana," kata pengusaha teknologi Vietnam, Hoang Tuan Anh yang punya ide di balik inisiatif ini.

"Masih ada orang baik di luar sana yang ingin memberi mereka kesempatan kedua," dia menambahkan.


Selain Hoang Tuan Anh, rupanya pebisnis dan pendonor lainnya juga telah menyiapkan mesin serupa yang ditempatkan di berbagai lokasi di Vietnam.

Diwartakan Hanoi Times, mesin lain yang ditempatkan di Hanoi dapat dioperasikan sampai akhir April atau sampai beras di dalamnya habis.

Sementara itu, mesin beras yang ada di Kota Hue akan tersedia sampai akhir Juni sebagaimana dilaporkan oleh VNA News.

Vietnam telah melaporkan 267 kasus positif COVID-19 di negaranya. Berdasarkan data yang diluncurkan Universitas Johns Hopkins, sampai saat ini belum ada pasien yang meninggal.




Vietnam sendiri telah melakukan lockdown nasional sejak 31 Maret dimana hal ini berdampak pada sejumlah bisnis yang tutup dan karyawan dirumahkan. (Detik)

Bagaimana dengan negara kita?Apakah ada yang melakukan hal serupa?

Post a Comment for "Di Vietnam ada ATM Beras Gratis untuk Warga, Indonesia?"

Berlangganan via Email