Cristiano Ronaldo Dididik Manchester United untuk Tak Jadi Pemain Egois

Bangmamad.com - Asisten pelatih Manchester United, Mike Phelan menyebut klubnya lah yang mengajari Cristiano Ronaldo untuk menjadi pemain yang mementingkan tim.

Manchester United merekrut Ronaldo dari Sporting Lisbon pada 2003 silam. Phelan yang kini menjadi asisten Ole Gunnar Solskjaer kala itu tengah menjadi pelatih tim utama di skuad Sir Alex Ferguson.

sumber foto : instagram @cristiano
Ronaldo pun menjelma dari remaja biasa Portugal menjadi salah satu pesepakbola terhebat di dunia, dengan meraih berbagai trofi serta penghargaan individu bergengsi.

Haus Belajar
Phelan menyadari bahwa timnya kala itu memiliki mutiara yang belum diasah. Phelan pun menyebut Ronaldo muda sebagai sosok yang ingin terus belajar.

"Ronaldo menonjol. Dia seperti meminta-minta. Dia ingin lebih banyak saran dari tim pelatih United]. Dia menantan Anda untuk memberikan lebih," ujar Phelan kepada The Coaching Manual.

Kami harus mencoba menjadikan Cristiano sebagai pemain yang mementingkan tim dan ia mampu melakukannya. Akhirnya, dia mendapatkannya," tambah Phelan.


Jasa Besar Manchester United
Phelan mengaku bahwa banyak hal yang ia ajarkan kepada Ronaldo yang kemudian dia praktikkan ketika sudah hengkang dari United dan memperkuat Real Madrid.

"Ada beberapa hal tertentu yang kami lakukan dalam latihan yang membuatnya melakukan hal yang tidak ingin dia lakukan," tutur Phelan.

"Terutama ketika kesuksesan datang dan setelah dia pindah ke Real Madrid, ada hal tertentu - ketika menganalisis pertandingan Madrid yang secara pasti dia dapat di Manchester United," imbuhnya.

"Saya tak mengklaim saya yang menciptakan Cristiano Ronaldo. Banyak orang yang memberi pengaruh pada dia. Namun, pengaruh terbesar adalah dirinya sendiri, usahanya sungguh fantastis," tukasnya.

Sumber: The Coaching Manual (bolanet)

Post a Comment for "Cristiano Ronaldo Dididik Manchester United untuk Tak Jadi Pemain Egois"

Berlangganan via Email